Skip to main content

Persiapan Traveling Dengan Anak



Liburannya sudah selesai, ya. Tapi, istilah traveling kan ngga kenal hari libur aja. Kalau ada waktu dan rezeki, kapan aja bisa traveling. Solo traveling dengan traveling bareng anak tentu berbeda. Kalau traveling sendiri, bawaannya mungkin secukupnya saja. Namun, jika travelingnya bareng anak sepertinya akan lebih banyak bawaanya. 

Untuk yang berencana traveling dengan anak, ada list yang perlu dipersiapkan. Yuk.. check it out.

1. Kenyamanan Transportasi

Kemanapun kita akan pergi, pastinya akan butuh yang satu ini. Traveling dengan anak, perlu dipikirkan kenyamanan transportasinya. Ngga perlu mewah juga jika budgetnya ngga memungkinkan. Tapi, lebih pada kenyamanan. Jika traveling dengan bus, pilih yang berAC. Mungkin ongkosnya sedikit lebih mahal namun ngga sampai dua kali lipatnya. Tapi, jika ada bus yang tidak berAC namun bersih dan nyaman, kenapa ngga. 

2. Baju Ganti

Ini harus. Anak-anak kan senang bereksplorasi. Dan, biasanya mereka ngga mikirin bajunya kotor atau ngga. Habis pegang ini itu, ngelap ke baju. Jika perginya hanya seharian, cukuplah bawa 1 stel baju ganti. 

3. Cemilan

Ini juga penting. Kebanyakan anak-anak itu gampang bosan. Jadi, untuk mensiasatinya bawalah cemilan kesukaannya. Jika ia mulai bosan, berikan cemilan itu sambil memintanya untuk menikmati perjalanan

4.  Mainan

Ini juga ngga kalah penting. Minta pada anak untuk membawa satu atau dua mainannya yang paling ia suka. Namun dengan catatan, pilih mainan yang ukurannya tidak terlalu besar supaya mudah dibawa. 

5. Tisu Basah

Ini persiapan yang ngga kalah penting. Untuk membuat anak lebih bersih dan tidak keliatan kumal selama perjalanan, selalu siapkan tisu basah di dalam tas. Ini juga bermanfaat ketika akan makan. Jika sulit mencari air untuk cuci tangan sebelum dan sesudah makan, kita bisa gunakan tisu basah sebagai pengganti air. 

Itulah beberapa hal yang bisa dipersiapkan sebelum melakukan traveling bersama anak. Jika masih ada yang perlu ditambahkan, setidaknya jangan yang terlalu memberatkan juga, Traveling bareng anak itu sangat butuh energi ekstra. Jadi, jika bawaanya saja udah berat rasanya travelingnya jadi makin berat. 

Selamat traveling bersama anak.

Comments

  1. Setuju banget sama kenyamanan transportasi. Kata "nyaman" ga bisa ditawar kalo sudah pergi sama anak. Soalnya kalo anak bete di perjalanan kita bisa ikutan susah. Dan AC biasanya memang harga mati. Apalagi buat anak kota seperti anak saya. Duh, kalo ngga ada AC di mobil dia complain.

    ReplyDelete
  2. Iyaa... bener banget mbak. Kalo mau traveling nyaman sama anak, ya harus bikin anak nyaman dulu

    ReplyDelete

Post a Comment

Most Wanted