Skip to main content

Hostel VS Hotel, Jadi Pilih Yang Mana?



Semoga judulnya ngga bikin ribut ya. Traveler pasti udah familiar dengan 2 model penginapan yang saya jadikan judul itu, hostel dan hotel. Kalau dilihat dari namanya, cuma beda satu huruf aja. Tapi, 2 jenis penginapan ini memang berbeda. Lalu, ketika traveling lebih suka nginep dimana? Hostel atau hotel?


Sebelum masuk ke pembahasan utama, kenalan dulu sama 2 jenis penginapan ini ya. Mungkin, ada yang belum bisa bedain atau ada yang perlu info tentang hostel dan hotel ini  :)

Hostel, adalah penginapan budget oriented. Gaya kamarnya seperti asrama (dormitory) yang satu kamar ada beberapa tempat tidur. Ratenya pun dihitung per bed bukan kamar. Eh tapi ada juga hostel yang menyediakan jenis kamar yang lebih private. Jadi, di dalam kamar hanya ada satu atau dua bed dan udah dilengkapin sama kamar mandi juga. Cuma ya, untuk kamar jenis ini udah pasti ratenya beda dengan jenis dormitory. Untuk yang dormitory pun ada yang dipisah antara laki-laki dan perempuan.

Salah Satu Hostel di Singapura
Soal fasilitas, hostel ngga terlalu banyak menawarkan. Paling keren kita disediakan sarapan aja seperti roti, sereal, teh dan kopi. Kalau untuk alat mandi macam sabun, sampo apalagi handuk ya jangan ngarep disediakan. Kita harus udah prepare semuanya sendiri. Kalau beruntung, ada hostel yang menyediakan mesin cuci plus pengeringnya dan bebas digunakan. Lumayan kan bisa cuci baju gratis.

(baca hostel murah di tengah kota singapura)
(baca hostel murah di tengah kota Kuala Lumpur

Dan, kalau Hotel sendiri adalah penginapan yang memang lebih private. Kamar mandi udah pasti ada di dalam kamar. Untuk hotel berbintang malah ada yang difasilitasi dengan dapur, lengkap dengan kulkas, microwave, dan lain-lain. Untuk rate, yaa udah pasti jauh dari ratenya hostel. Secara kan fasilitas lengkap dan kenyamanan udah ngga perlu diragukan lagi ya.

Fasilitas yang biasanya disediakan hotel itu alat mandi seperti sabun, sampo dan handuk. Kalau untuk sarapan, ada yang menyediakan dan ada juga yang ngga menyediakan. Tapi sih biasanya di dalam kamar udah disiapkan kopi dan teh yang bisa diseduh sendiri.

Memilih jenis penginapan tinggal disesuaikan aja sih dengan kebutuhan. Biasanya, kalau backpacker akan lebih memilih Hostel sebagai tempat menginap. Alasannya udah pasti karena lebih murah dan sesuai dengan budget. Tahu kan ya kalau backpacker itu pasti limited budget. Tapi, kalau mau nyaman dan memang budgetnya ada, ya ngga ada salahnya pilih Hotel. Apalagi kalau perginya sama anak-anak which is butuh nyaman supaya anak-anak ngga protes juga.

(baca situs-situs booking hotel online)

Dan, untuk mendapatkan penginapan yang harganya sesuai itu ngga susah ko. Banyak situs-situs booking hotel online yang bisa dimanfaatkan. Tinggal hunting ke beberapa situs dan bandingkan harganya. Jadi, jangan cuma lihat di satu situs aja. Tapi, cari perbandingan dulu dan pilih yang paling murah. Kalau udah dapat hostel atau hotel yang diincar nih, bandingkan dulu harganya di beberapa situs. Nah, kalau udah ketahuan mana yang lebih murah, tinggal booking deh.

Sebelum benar-benar booking, pesan saya perhatikan lagi semua syarat dan ketentuan yang berlaku. Misalnya aja harus check in - check out jam berapa. Perhatikan juga fasilitas yang kita dapat seperti AC, loker, atau sarapan. Kalau pas menginap tiba-tiba kita ngga dapat apa yang pihak hotel/hostel janjikan, kita bisa protes. Tapi, protes pun harus elegan ya. Jangan sampai malah ribut-ribut apalagi sampe dibikin status di sosmed. Janganlah. Buang-buang tenaga aja. Selama masih bisa dikomunikasikan, ya omongin baik-baik aja ya.

Jadi, mau pilih hostel atau hotel? 

Comments

  1. hostel lebih sama dengan dormytori gitu ya...lebih murah dan cocok untuk backpacker..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo perginya bareng temen aja, saya juga pilih hostel. Lebih murah :)

      Delete
  2. Kalau saya mah ngikutin kata hati saja deh karena kalau saya mah suka keduanya juga dan sering mampir tapi kalau hotel mah kayaknya belum pernah nginap tapi kalau melihat mah pernah, gk gk gk.

    ReplyDelete
  3. Kalau pergi sendiri nginep hostel aja, bisa dapat teman traveling. Tapi kalau bawa anak ya pilih hotel. Di Singapore mahal bangetttt hotelnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup.. kalo pergi sama anak, hotel emang jadi pilihan. Tapi tetep nyari yang murah tapi nyaman :)

      Delete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  5. serem dong klo nginep di hostel,, brati kita satu ruangan ama orang yg gak kita kenal gitu??

    ReplyDelete
    Replies
    1. hostel ada pilihan kamarnya juga, kalau mau private bisa aja. Tapi memang harganya jadi mahal :)

      Delete
  6. Aku pilih hotel meskipun agak mahal tapi bisa diisi rame2 asal ngak ketauan hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau perginya rame-rame yang isinya 3-4 orang, mending pilih hotel sekalian. Kan bisa sharing cost. Tapi perlu nyari yang kamarnya luas juga sih biar ngga umpel-umpelan :p

      Delete
  7. tergantung pergi dengan siapa kalo bersama teman2 pasti pilih hostel tapi kalo sama istri pilih hotel :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa dong, kalau sama pasangan apalagi sama anak juga, mending pilih hotel.

      Delete
  8. hmmmm kalo gratisan saya maunya di hotel, tapi kalu disuruh bayar sendiri ya saya pilih hostel hihihihihi #ogahrugi

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkkw.. jadi tergantung situasi dan kondisi ya mas idfi :p

      Delete
  9. Kalo aku maunya nginep di hotel budget hostel,hihihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahha... ada ko yang kaya gitu. Asal rajin hunting aja :)

      Delete
  10. Tapi ada juga orang yang mengartikan kalo hostel terkesan negatif, padahal secara terminologinya gak gitu ya

    ReplyDelete

Post a Comment

Most Wanted