Skip to main content

Traveling Buat Apa?



Punya hobi jalan-jalan itu ternyata menyenangkan. Selain kita bisa mengunjungi tempat-tempat baru, ada sensasi senang yang tidak bisa diungkapkan. Walau kenyataannya, memiliki hobi traveling pastinya akan butuh biaya yang tidak sedikit. Untuk akomodasi, makan, dan lain-lain. Lebih-lebih saat travelingnya ke luar negeri. Pasti akan ada budget untuk beli oleh-oleh.

Traveling memang kegiatan yang sangat menyenangkan. Namun, pernahkah terbesit di pikiran, untuk apa sih kita traveling?  apa yang mau didapat dari traveling? padahal malah banyak uang yang habis untuk biaya traveling. 

Menurut saya, traveling itu akan membuat kita banyak-banyak bersyukur. Iya, bersyukur. Misalnya kita traveling ke gunung. Kita akan melihat betapa indah dan luar biasanya ciptaan Allah. Melihat gunung yang tinggi dan besar itu, saya biasanya akan terdiam beberapa saat. Memandanginya dengan penuh rasa takjub. Sampai berpikir, bagaimana Allah bisa menciptakan pemandangan yang luar biasa indah itu. 

Jika traveling ke laut, saya akan lebih merasa kecil lagi. Pernah 3 jam merasakan perjalanan melalui laut, dan selama itu saya tidak berhentinya kagum. Bagaimana Allah mendatangkan air yang sangat sangat banyak itu, berkumpul di satu titik yaitu lautan. Menghadirkan juga beragam keindahan di dalam laut. Ikan, terumbu karang, dan hewan laut lainnya. Sungguh merinding jika terus merasakan kehebatan Allah. 

Traveling ke luar negeri, akan membuat kita sadar bahwa Allah menghadirkan kehidupan di belahan bumi yang lain. Allah menciptakan ragam budaya, suku dan bangsa di negara lain. Ketika kita berkunjung, kita akan dibuat kagum karena ada orang yang memiliki wajah, bahasa dan tradisi yang berbeda dari kita. Belum lagi ketika kita disuguhkan dengan pemandangan indah di negara itu. Rasanya, tidak ada yang pantas kita ucapkan selain syukur. 

Traveling akan membuat kita sadar bahwa bumi Allah itu luas. Sangat luas untuk dijelajahi. Namun, selalu ada jalan untuk kita menjelajah buminya. Traveling akan membuat kita sadar, betapa indahnya apa yang Allah ciptakan. Dengan begitu, akan selalu ada syukur yang kita ucapkan. 

Selamat mempersiapkan dan menikmati setiap perjalanan.




Comments

Most Wanted