Skip to main content

Butuh Piknik? Ke Kampoeng Wisata Rumah Joglo Saja



Sebagai manusia biasa yang punya rasa capek, pegel, lelah, endrebei endrebei saya butuh juga suasana yang lebih nyaman buat rileks. Walau bukan pekerja kantoran yang dari Senin sampai Jum'at selalu dihadapkan sama tumpukan kerjaan, tapi saya juga punya kerjaan yang ngga kalah banyak. Wajar ya kalau saya juga ngerasa capek. Jadi, persamaan antara saya dan pekerja kantoran adalah sama-sama butuh piknik. Kalau kata anak muda mah biar tetep waras :) padahal mah tiap hari juga waras sih. Kalau ngga waras, gila dong.


Jadi, dalam rangka menjaga kewarasan eh maksudnya kesehatan pikiran, saya dan beberapa teman blogger ngadain piknik bareng. Tujuannya ya supaya pikiran kami tetap jernih menerima deretan job #soklaku #tapiemangbeneranlaku. Pikniknya ngga jauh-jauh ko, cuma ke pinggirannya Jakarta, Bogor. 

Saya dan teman blogger, piknik dan bermalam di Kampung Wisata Rumah Joglo (KWRJ). Lokasinya ngga jauh dari IPB Dramaga. Aksesnya pun ngga susah dicari. Keluar dari tol Sentul, tinggal ke arah IPB Dramaga aja. Nanti jalan masuknya ada di sebelah kiri jalan. 

Masuk ke KWRJ suasananya udah ngajak tidur banget. Adem gitu maksudnya. Ada banyak pohon yang ditanam dan itu bikin aura malas jadi makin kuat. Karena lebih dari 10 orang, kami nyewa rumah Joglo yang besar. Sebenarnya kapasitas satu rumah joglo besar itu 25 orang, tapi karena kami pengen ruang yang lebih luas, secara ngajak anak kicik segala yang mana hobinya lari-larian. Jadi, perlu tempat yang luas supaya mereka puas. 

Add caption
Tempat Tidurnya Berjejer di Lantai 
Kampung Wisata Rumah Joglo ini punya 3 rumah joglo besar dan (kalau ngga salah) 6 rumah joglo kecil. Untuk ratenya, bisa lihat disini ya. Kemarin pas sewa rumah joglo besar itu, udah termasuk makan 3 kali, 1 kali snack dan coffee break. Soal fasilitas, lengkap deh. Ada cafe plus karaoke, lapangan sepak bola, kolam renang, pemancingan, dan gazebo yang bisa disewa. Kalau butuh sound system, infocus plus layar, mereka sediakan juga ko. Ngga perlu repot bawa-bawa dari rumah.

Awalnya saya pikir di dalam rumah joglo itu ada kamar-kamar. Ternyata, hanya ada 1 ruangan los yang luas. Kasurnya dijejer di lantai, jadi mirip barak gitu. Kamar mandi ada di dalam dan cukup luas. Ruangan udah dilengkapi dengan AC, tivi, dan dispenser air yang diletakkan di teras. Nyaman pokonya dan jadi bikin males gerak, maunya tiduran terus. 

Pendopo



Untuk rumah joglo yang besar (seperti yang kami sewa) ada kamar mandi didalam. Tapi, buat rumah joglo yang kecil ngga ada kamar mandinya. Jadi, posisi kamar mandi ada di luar dan itu kamar mandi bersama. Rumah joglo yang kecil hanya disediakan bed nya aja dan itu hanya cukup maksimal 3 orang. Bisa sih 4 kalau yang 2 nya itu anak-anak. Untuk rumah joglo kecil, rata-rata kasurnya itu twin bed. Jadi kalau ad a4 orang, bisa digabung aja kasurnya. 

Tipe VIP
Fasilitas outbound juga disediakan disini. Kita harus sewa sih tapi tenang, harga sewanya beneran murah dan akan lebih murah lagi kalau pesennya paket. Buat yang hobi mancing a.k.a mancing mania, bisa tuh mancing di kolam yang disediakan. Kalau kelupaan ngga bawa alat pancing, KWRJ nyewain alat pancing juga. Lengkap lah pokoknya.

Pemancingan (sumber website KWRJ) 
Bagi yang mau camping, KWRJ menyediakan area camping juga. Ada tenda dengan kapasitas 5 orang dan area buat kampingnya pun bisa sampai 30 tenda. Ada juga tenda pleton yang bisa diisi sampai dengan 50 orang. Area kampingnya udah dilengkapi dengan 9 kamar mandi.

Camping Area (sumber website KWRJ) 
Buat yang bawa anak, fasilitas yang satu ini pasti disukai sama anak deh. Ada kolam renang di bawah. Jadi perlu turun agak ke bawah buat sampai ke kolam renang. Jalan setapak menuju kolam itu terbuat dari batu-batu yang pas banget buat refleksi. Jalan sehat ya. Kolam renangnya memang ngga terlalu besar dan hanya ada satu aja. Tapi airnya bersih dan dingin, seger banget deh pokonya. Sayangnya saya pas ngga ikutan berenang. Jadi cuma liatin anak-anak aja yang pada berenang sampe bibirnya pada biru semua.


Yang hobi main bola, ada lapangan sepak bola yang lumayan luas. Kalau ribet bawa bola dari rumah, di KWRJ disediakan juga ko. Lengkap lah semuanya ada disini. Ngga perlu repot-repot bawa segala macam kalau di sini udah disediain, ya kan. KWRJ ini punya fasilitas lengkap yang membuat kita ngga perlu keluar penginapan. Pas banget buat yang mau refreshing manja dan santai :)

So, bagi yang sedang dalam keadaaan darurat butuh piknik tapi ngga punya waktu banyak, sila melipir ke Kampoeng Wisata Rumah Joglo. Kalau ngga macet, dari Jakarta ngga sampe 2 jam udah sampai. Daripada otak butek dan jadinya ngga fokus kerja, mending piknik dulu. Istirahatkan paru-paru dari polusi ibukota. Biarkan hati dan pikiran lebih rileks dan lupakan dulu deh aneka jenis deadline. Ngga ada salahnya kan lupain semua kerjaan supaya tetap waras. Supaya tetap sehat.





Kampoeng Wisata Rumah Joglo 

Jalan Situ Hayang No. 1B Kampung Tegal Waru 
Kecamtan Ciampea Kabupaten Bogor 
Telp. (0251) 862 0698 
Email : kampoengwisatarumahjoglo@gmail.com















Comments

  1. Aku sukai sprei hitam nya itu, tanyain kak ... itu beli dimana ??? aku mau sprei nya

    ReplyDelete
  2. Lagi Googling nyasar di mari. 😂 Enak juga ya tempatnya. Murah pula.

    ReplyDelete

Post a Comment

Most Wanted