Rabu, 11 Januari 2017

Traveling Ke Thailand? 4 Kuliner Khas Ini Wajib Kamu Coba



Thailand adalah salah satu negara yang masuk dalam dream list saya. Maksudnya, Thailand  itu jadi salah satu negara yang pengen banget saya kunjungi. Kenapa? karena Thailand punya keunikan yang unik *ehgimana* Pokoknya selain kaya akan budayanya, kulinernya pun unik. 

Sebagai orang yang doyan makan, kuliner khas Thailand jadi sensasi tersendiri buat dicoba. Ngga seperti kuliner Jepang yang menjamur, kuliner Thailand ngga mudah dijumpai di Indonesia, mungkin tepatnya di kota tempat tinggal saya. Alasannya mungkin karena kuliner Thailand masih kurang familiar. Padahal ya, makanan khas Thailand ini ngga jauh berbeda dengan makanan Indonesia. Kaya rempah. 



Yang saya tahu, makanan khas Thailand yang paling famous itu Tom Yam. Makanan dengan bahan dasar seafood dengan kuah asam pedas ini sudah lumayan familiar. Banyak resto yang sudah menyajikan menu ini dan peminatnya ngga sedikit juga. Namun, tahukah kamu kalau ada lagi makanan khas Thailand selain Tom Yam yang wajib dicoba? Ya, hitung-hitung latihan lidah ya. Kalau beneran bisa ke Thailand, sudah ngga kaget lagi dengan makanannya.

Saya berburu kuliner Thailand hasil browsing di Internet. Dan, website yukmakan.com jadi salah satu rujukan saya. Sayangnya ngga dapat yang terdekat dari rumah. Ngga patah arang dong, akhirnya nyari lagi dan ketemu. Ternyata ada resto Thailand yang deket banget dari rumah saya. Namanya Ra Cha dan lokasinya ada di Summarecon Mall Bekasi. Dan perburuan pun dimulai.

Usaha banget pokoknya nyobain makanan Thailand walau pada kenyataanya ada menu yang ngga bisa saya dapat di Ra Cha. Jadi ya kalau mau ke Thailand juga (kaya saya), kenalan dulu yuk sama 3 kuliner khas ini. Ya, seenggaknya tahu dulu ya komposisinya dan bisa bayangin dulu rasanya.

1. Thai Suki 

Ini yang saya dapat di Ra Cha. Karena ternyata resto Thailand ini juara banget Thai Sukinya. Mungkin sekilas mirip suki dari Jepang ya. Tapi ternyata ada bedanya loh. Bedanya ada di bumbu rendaman daging sukinya dan sausnya. Rasa dagingnya lebih gurih dan empuk banget. Karena saya suka pedas, saya nyobain yang spicy.


Saus Khas Thailand. Pedas Asam :) 

Saya makan dengan nasi hangat. Sebelum dicampur ke nasi, saya cocol ke Thai Sauce yang khas banget. Rasa sausnya pedas, manis, dan asam. Khas Thailand banget dan saus ini yang membedakan dari suki yang lain. Saya suka sausnya karena memang khas banget. Saya makan Thai Suki dengan kangkung yang direbus sebentar dalam air kaldu. Rasanya jadi gurih dan crunchy.

2. Kaeng Khiao Wan 

Sayangnya, di Ra Cha belum ada menu ini. Jadi saat ke Thailand nanti, saya harus banget nih makan kuliner yang satu ini. Kaeng Khiao Wan kalau di artikan ke dalam bahasa Indonesia adalah Kari Hijau. Khiao (hijau) berasal dari cabai hijau yang digunakan sebagai bahan bumbunya. Rasanya pedas dan cocok buat saya yang memang suka makanan pedas. Mungkin karena saya punya darah Minang, sudah terbiasa makan makanan pedas.

(sumber : wikipedia) 

Biasanya kari hijau ini berisi ikan, daging, baso ikan, terong, dan ada campuran daun kemangi yang menambah harum kari ini. Saya udah bisa bayangin bagaimana segar dan pedasnya kari hijau ini. Kalau biasanya kari dimakan dengan nasi hangat, kari hijau kental ini makannya pakai roti. Roti yang digunakan pun semacam roti canai. Pas deh karena saya suka banget sama roti canai.

Bumbu yang digunakan untuk membuat kari hijau ini adalah cabe hijau, bawang merah, bawang putih, lengkuas, sereh, kulit jeruk purut, ketumbar, kunyit merah, jintan putih, lada putih, dan kapi (terasi khas Thailand). Bumbu yang sudah dihaluskan lalu ditumis lalu dicampur dengan santan kental hingga berminyak. Sampai sini, saya sudah bisa bayangin rasanya. Pedas, gurih, dan yummy banget. Kari hijau ini lebih pedas dari kari merah dan sepertinya jadi kari paling pedas diantara kari Thailand yang ada.

3. Pad Thai

Makanan yang satu ini juga jadi makanan yang banyak diburu. Pad Thai adalah kwetiau nya Thailand. Iya, karena Pad Thai menggunakan mie beras yang kenyal sebagai bahan utamanya. Tapi, rasanya pasti beda dong dengan yang ada di Indonesia karena menggunakan bumbu yang berbeda.

(sumber : wikipedia) 

Pad Thai ini akan banyak kita temukan di kaki lima. Jadi ngga susah-susah banget ko kalau mau makan mie yang satu ini. Mie beras yang sudah direndam dalam air lalu ditumis dengan campuran telur dan irisan tahu. Ada juga yang menambahkan udang segar, kepiting, atau daging ayam. Lalu, dibumbui dengan asam, nampla (kecap ikan), ebi, bawang putih, bawang merah, cabai merah, dan gula merah. Disajikan dengan irisan jeruk limau dan kacang goreng.

Pad Thai biasanya dimasak dengan campuran sayuran seperti tauge, kucai, daun ketumbar, hua chaipo (acar lobak), dan bunga pisang mentah. Rasanya jadi kaya banget ya. Ada gurih, manis, dan crunchy karena sayurannya.

4. Thai Green Tea

Karena saya pecinta green tea, saya berani bilang kalau Thai Green Tea adalah green tea paling enak yang pernah saya minum. Saya selalu bisa menghabiskan teh yang satu ini dalam porsi yang banyak. Duh, pokoknya enak banget. Apalagi kalau dingin atau ditambahkan es batu, ya ampun enak banget deh.


Saat makan di Ra Cha, pilihan saya langsung ke Green Tea ini. Kalau ngga malu mah mungkin saya udah pesen bergelas-gelas. Tapi saya malu ah, kecil-kecil masa minumnya banyak :p Thai Green Tea ini terbuat dari teh khas Thailand dicampur dengan bubuk matcha, lalu ditambah dengan susu kental manis atau krimer dan sedikit gula.

Thai Green Tea yang dijual di Indonesia aja udah enak banget, apalagi kalau yang asli dari Thailand ya. Pasti lebih enak karena dinikmati langsung dari negara asalnya. Menikmati segelas atau seplastik Thai Green Tea sambil menikmati jalanan Thailand, pasti seru dan nikmat banget.

Tulisan ini jadi afirmasi buat saya. Karena saya emang seorang yang selalu percaya sama mimpi. Mau dapat sesuatu atau mau pergi ke suatu tempat, saya selalu mimpi dulu. Kaya sekarang nih pengen banget ke Thailand, ya saya mimpi dulu. Terus, mencoba buat kenal lebih dekat dengan budaya dan kulinernya.

Baca-baca blog temen-temen blogger yang udah pernah ke Thailand. Cari tahu ada apa aja disana, wisata yang wajib banget didatangi dimana aja. Sampai cari tahu dimana aja tempat wisata dan kuliner yang ramah muslim. Maksudnya kita bisa dengan mudah ketemu sama masjid dan warung-warung makan yang jual makanan halal. Siapapun yang baca tulisan saya ini, doakan saya ya supaya mimpi bisa ke Negeri Gajah Putih ini bisa terwujud.




7 komentar:

  1. Amiiiiiiin. Semoga kecapaian Mbak mimpinya 😀

    BalasHapus
  2. masakan thailand emang enak dan seger2 ya mba,
    apalagi kalau saya suka banget sama tom yum dan thai tea juga :)

    BalasHapus
  3. Aamiin, semoga bisa ke Thailand segera kakk�� btw Pad Thai rasanya mirip bgt kwetiau tapi nggak terlalu manis. Kalau nanti nyoba Pad Thai, coba makannya bareng spring rolls kak hehe jadi lapar

    BalasHapus
  4. gw juga suka banget makanan Thailand dan mudah2qn bisa makan langsung di sana bareng Uci kapan2 ya, hihihi..

    BalasHapus
  5. gw baru tau yg tahi suki ini, kayak nya perlu di coba :-)

    BalasHapus
  6. Aamiin, semoga terwujud ya mbak. Doakan mimpiku terwujud juga ya.. pengin juga dolan ke Thailand trus nyicip kulinernya

    BalasHapus
  7. aku baru tau kamu punya darah minang ih ih ih *galfok

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...