Rabu, 01 April 2020

[Resep] Sushi Rumahan Yang Bikinnya Gampang Banget


Duh, saking bingung ngasih judul, jadi sekenanya aja deh. Intinya, di postingan ini saya mau berbagi resep sushi yang sebenarnya saya boleh nyontek dari yutub juga. Awalnya saya ngga begitu doyan sama sushi. Karena dalam pikiran saya tuh, kalau sushi pasti mentah. Soalnya lihat sushi yang isinya salmon mentah, ditambah ada telur ikannya segala. Udah eneg aja bayanginnya.

sushi rumahan

Terus kan, some day saya masih nyimpen voucher belanja. tapi bisa dipakai buat makan di beberapa resto gitu. Salah satu restonya itu resto sushi. Karena bosan banget beli pizza atau ayam pakai voucher, akhirnya nyobalah buat ke resto sushi. Nah, dari situ deh saya tau kalau sushi ada varian yang matangnya. Eh kemana aja yak saya, sungguh kurang update :p 


Akhirnya saya makan sushi matang buat pertama kali. Karena memang saya menghindari makan daging mentah. Ternyata enak juga yaa. Apalagi sushi yang ada tempuranya, enak. Dari situ, mulai deh doyan walau ngga sering amat lah beli sushi. 

Karena momennya lagi #dirumahaja which is ngga bisa dulu main ke mall atau jajan di fast food, jadi mesti kreatif. Biar ngga bosan juga. Hasilnya, jadi bisa re-cook banyak makanan yang resepnya nyontek dari yutub. Salah satunya yang bakal saya tulis resepnya ini, Sushi Rumahan. Karena bikinnya di rumah, jadi begitu deh namanya. Langsung aja yaa, ini dia resep sushi rumahan yang gampang banget dibuat sendiri. 

Bahan-bahan yang perlu disiapin

  • Nasi putih. Bisa diganti sama ketan, atau bisa dicampur antara beras putih dan beras ketan. Kalau mau lebih enak lagi, pakai beras jepang. 
  • Nori lembaran. Saran saya jangan pakai nori yang snack itu yaa, karena gampang sobek. 
  • Mirin
  • Mayonaise (spicy & original)

Untuk Isiannya 

  • Tamagoyaki ( telur dadar ala jepang) bisa juga pakai telur dadar biasa 
  • Wortel, iris panjang, rebus 
  • Timun, buang tengahnya, iris panjang, rebus (saya ngga pakai timun karena ngga suka)
  • Crabstick 
  • Bisa juga pakai sosis atau nugget yang sudah digoreng sebentar

Untuk saus, campurkan 

  • Shoyu / kecap jepang 
  • Cabai bubuk atau bisa pakai boncabe

Cara membuat 

  1. Dalam wadah, campurkan nasi dengan mirin. Di sini saya pakai mirin halal yaa. Bisa dicari di e-commerce, banyak yang jual kok. Aduk campuran nasi dengan shoyu sampai rata. Ukurannya disesuaikan sama banyaknya nasi. Dikira-kira aja, jangan terlalu banyak juga nanti jadi berminyak banget. 
  2. Letakkan nori diatas sushi mat (tikar buat gulung sushi), kalau ngga punya pakai plastik food grade aja. Pastikan plastiknya bersih. 
  3. Tuang nasi di atas nasi, lalu ratakan. Kasih jarak sekitar 2 cm sekeliling nori, biar nanti isiannya ngga mleber dan gampang buat digulung. 
  4. Lalu, letakkan telur dadar, wortel rebus, dan crabstick. Letakkan di bagian ujungnya. 

  5. Tuang mayonaise ke atas isian nori. Kalau saya pakai 2 mayonaise, yang pedas dan yang original. 
  6. Gulung sambil agak ditekan, biar antara nori, nasi, dan isian menempel sempurna. 
  7. Karena saya gulungnya nyoba pakai plastik food grade. Jadi setelah sushi tergulung, ujung-ujung plastiknya saya putar dan dibentuk kaya permen. Gunanya, biar isian ngga keluar dan ujungnya jadi rapih. 
    sushi rumahan

  8. Diamkan sebentar, kurang lebih 5 menit lah. Supaya pas dipotong ngga amburadul. 
  9. Potong sushi sesuai selera. Makannya dicocol pakai sausnya ya. 

Nah, gimana gampil kan? Walau ada sushi tanpa dibungkus sama nori, tapi rasanya kurang berasa jepang aja sih kalau ngga pakai nori. Lagian kalau pakai nori, gulung sushinya jadi lebih gampang.

sushi rumahan


Beli bahan sushi dimana? di e-commerce banyak. Jadi silakan cari aja. Kondisinya lagi ngga memungkinkan buat keluar rumah kan. Jadi emang paling bener deh beli online. Selain nyobain resep-resep, kerjaan pas nyantai di rumah yaa main ke e-commerce. Cuci mata aja gitu :p

Yaudah, dicobain yaa resep sushi rumahan ala gayaransel :p kalau udah bikin dan berhasil, boleh lah tag saya di instagram @risalah_husna atau @gayaransel biar bisa di repost gitu. Nantikan resep-resep rumahan selanjutnya :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...