Rabu, 27 September 2017

Merencanakan Traveling Ke Belitung



Indonesia emang ngga ada duannya kalau urusan keindahan alam. Pokoknya yang lain lewat lah. Saking luasnya, menjelajah tiap sudut Indonesia ngga akan bisa diselesaikan dalam waktu 2, 3, atau 4 tahun. Kayanya perlu bertahun-tahun buat menyambangi semua keindahan alam di seluruh Indonesia. Dan, saya bangga tinggal dan jadi warga Indonesia.



Keindahan alam Indonesia bukan cuma bikin jatuh cinta warganya aja, tapi warga dunia pun ikut jatuh cinta. Lihat aja berapa banyak wisatawan mancanegara yang tiap hari datang ke Indonesia buat liburan. Kalau kita ke Bali deh misalnya, kita tuh kaya ngerasa bukan di Bali saking banyaknya bule yang berhamburan. Dimana-mana. Iya, Bali jadi destinasi favoritnya para bule. Malah ada yang tahunya Indonesia itu cuma Bali.



Tapi, Indonesia ngga cuma punya Bali. Ada Lombok yang terkenal sama wisata bawah lautnya yang memukau. Ada Raja Ampat yang lanskap alamnya selalu jadi incaran. Dan yang ngga kalau indah dan mulai ramai dikunjungi wisatawan, Belitung. Sebuah kota berada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Provinsi ini terdiri dari 2 pulau utama, Pulau Bangka dan Pulau Belitung. Sebenarnya ada banyak sekali pulau yang mengisi provinsi ini. Total ada 470 pulau yang sudah bernama, tapi hanya sekitar 50 aja yang berpenghuni.



Nah, sebagai blogger (yang ngaku-ngaku) suka traveling, pengen banget deh bisa mendaratkan diri di Belitung. Sejak film Laskar Pelangi menjadikan Belitung sebagai lokasi syutingnya, pulau ini jadi ramai banget dikunjungi. Ada yang bilang, Belitung adalah Keindahan Yang Tersembunyi. Mungkin ya, kalau film Laskar Pelangi ngga hits dan booming, keindahan Belitung akan tetap tersembunyi.

Mau Kemana Aja di Belitung?

Saking banyaknya pulau yang mengelilingi Belitung, sampai bingung mau kemana. Tapi, ada satu pulau yang ngga akan saya lewati ketika nanti ada kesempatan berkunjung ke Belitung. Nama Pulaunya, Pulau Lengkuas. Sebuah pulau kecil dari ratusan pulau yang mengelilingi Pulau Belitung.

Pulau Lengkuas

Yang menjadi daya tarik dari Pulau Lengkuas ini adalah keberadaan mercusuar tua berwarna putih. Mercusuar itu dibangun pada masa penjajahan Belanda, yaitu pada tahun 1882. Hingga kini, mercusuar tua itu masih berfungsi sebagai penuntun lalu lintas kapal, yang melewati atau keluar masuk Pulau Belitung.

Kalau bisa ke Pulau Lengkuas saya ngga akan melewati kesempatan buat ambil gambar. Pengen naik juga ke atas mercusur dan melihat laut Belitung yang eksotis. Saya juga pengen snorkeling lagi dan pengen ngerasain diving juga. Kapan lagi kan bisa main-main sama terumbu karang dan ikan.

Pantai Tanjung Tinggi (source : kompas travel)

Ah, banyak banget lah yang pengen dilakuin di Belitung. Yang pasti ke lokasi syutingnya Laskar Pelangi, terus ke Museum Kata Andrea Hirata itu harus. Sebagai yang ngakunya suka sama Literasi, ke museum kata pasti bakal worth it banget.

Hunting Tiket & Hotel 

Untuk merencanakan traveling ke Belitung, sebenarnya ngga ribet-ribet amat sih. Asal ada dananya, semua beres lah. Belitung kan masih di Indonesia jadi ngga butuh visa juga. Kita cukup siapin dana buat beli tiket pesawat, hotel, dan akomodasi selama di sana.



Karena saya punya rencana traveling ke Belitung, semuanya harus disiapkan dong. Jadi saya mulai coba hunting tiket pesawat ke Belitung. As always, nyarinya di situs booking online yang jadi andalan saya kalau mau traveling, Traveloka. Beberapa kali pakai Traveloka dan selalu puas. Terakhir, saya pakai Traveloka pas traveling ke Kuala Lumpur bareng suami dan anak-anak.

Baca
#TazFamilyTrip Goes To Malaysia 

Pas masuk ke situs Traveloka, ternyata ada loh pilihan paket wisata Traveloka. Dimana kita bisa pesan tiket pesawat dan hotel secara bersamaan. Jatuhnya jadi lebih murah dan pastinya jadi lebih simple. Kita tinggal masukkin tujuannya aja kemana, setelah itu kita bakal dikasih pilihan.




Asik deh ternyata pakai fitur barunya Traveloka. Kita terbantu banget supaya ngga ribet nyari-nyari hotel lagi. Karena udah di bundle dan yang paling penting, jatuhnya jadi lebih murah banget. Kaya pilihan saya buat traveling ke Belitung. Udah lengkap sama hotelnya juga.

Kita bisa pilih mau hotel budget, guest house, atau hotel berbintang pun ada. Tinggal dipilih sesuai kebutuhan dan budget aja sih. Pilihannya juga banyak jadi ya pilih yang paling sesuai aja sama kebutuhan yang lagi dicari.

Traveloka emang tahu banget ya soal kebutuhan traveling. Tahu aja kalau masyaakat Indonesia itu maunya yang simple, cepat, dan murah. Buat yang mungkin mau liburan ke luar kota atau bahkan keluar negeri, cobain deh fitur dari Traveloka ini. Selain menghemat banyak hal, bikin liburan jadi lebih asik. 

4 komentar:

  1. Ah liat post ini jadi mau liburan ke Belitung huhu. Dulu aku pernah ke BaBel tapi ga banyak jalan2 huhu karena acara, paling saya cuma ke pantai Muntok saja :(

    Semoga kalo ke Belitung saya bisa main ke pulau lengkuas dan museum Andrea Hirata juga ^^

    BalasHapus
  2. Yak, langsung mupeng cuss ke Belitung!
    Kindly visit my blog: bukanbocahbiasa(dot)com

    BalasHapus
  3. Belum pernah ke belitung nihhh, penggeenn

    BalasHapus
  4. Wuaaah pengen ke Belitung juga.
    Enak kalau pakai Traveloka bisa sepaket yaaa
    Ini kyknya mbak Alida dan mbk Dita yg bulan ini mau ke Belitung. Next, aku aamiin hahaha :p

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...