Sabtu, 28 April 2018

Jalan-Jalan Kenyang Di Kampoeng Tempo Doeloe



Indonesia itu salah satu negara yang kaya banget sama kulinernya. Ngga cuma masayarakat kita aja yang suka sama makanan Indonesia, turis mancanegara pun ngga sedikit yang suka. Malah ada turis yang sengaja datang ke Indonesia hanya untuk menikmati makanan khasnya Indonesia. Saking terkenal dan kaya akan kulinernya, beberapa kuliner Indonesia dinobatkan sebagai makanan terenak di dunia. 


Dari sekian banyak kuliner Indonesia, kira-kira apa sih favorit kamu? Kalau saya, karena berdarah minang yang kulinernya famous hingga ke seluruh dunia, tentu makanan minang yang jadi favorit saya. Sebut aja Kalio Ayam, Rendang, atau Asam Pade, duh ya Allah itu makanan yang paling enak menurut saya. Apalagi kalau buatan mamah, paling the best. 

Jadi, kalau ngobrolin kuliner Indonesia emang selalu menggugah selera deh. Buat yang suka hunting kuliner, rasanya selalu excited kalau nemu makanan-makanan yang mungkin jarang ditemui. Apalagi kalau bisa nyobain makanan dari seluruh Indonesia. Berasa benar-benar sah jadi orang Indonesia.



Lebih seru lagi kalau bisa hunting kuliner dari seluruh Indonesia tapi di satu tempat. Kalau memang belum ada kesempatan buat keliling Indoensia, makan makanan dari seluruh Indonesia di satu tempat itu worth it banget. Jadi, coba deh datang ke Kampoeng Tempo Doeloe (KTD)  yang ada di Mall Kelapa Gading.

Kenapa harus ke Kampoeng Tempo Doeloe?


Karena, di Kampoeng Tempo Doeloe kita bisa menemukan beragam kuliner khas dari seluruh Indonesia. Untuk tahun ini, tema yang diambil oleh Kampoeng Tempo Doeloe adalah Soto Nusantara.

Jadi, yang ditonjolkan pada ajang kuliner dalam memeriahkan Jakarta Fashion & Food Festival (JFFF) yang ke 15 adalah beragam soto dari seluruh nusantara. Setiap daerah atau propinsi pasti punya soto khas yang mewakili daerah masing-masing. 'A Spoonful of Indonesia Warmth' adalah tema yang diambil untuk mengangkat soto nusantara.


Dari sekian banyak soto dari seluruh Indonesia, favorit saya soto padang dan betawi. Menurut saya, kedua soto itu rasanya khas banget. Jadi, kalau udah makan soto padang atau soto betawi kadang suka khilaf.



Di KTD, kamu bisa menemukan beragam soto yang enak-enak. Pas saya kesana, saya penasaran sama soto kesawan medan. Jadi, saat kartu KTD yang jadi alat bayar udah di tangan, saya langsung cari-cari soto. Awalnya muter-muter dulu sih, kira-kira soto mana yang enak dan pas di lidah. Dan akhirnya, mata saya langsung tertuju pada soto medan.

Setelah menyerahkan kartu sebagai alat pembayaran, saya menerima satu mangkuk soto kesawan medan yang harumnya menggoda. Ketika saya coba, rasanya lumayan enak walau rasa kuahnya yang terbuat dari susu cukup nyangkut di tenggorokan.



Selain Soto Kesawan Medan yang saya nikmati, ada banyak lagi sajian soto yang wajib dicoba. Yang famous adalah Palubasa Onta Makasar dan Coto Makassar H. Daeng Tayang. Ada juga Soto Betawi H. Mamat, Soto Kadipiro Yogyakarta, Soto Padang H. St Mangkuto, Soto Jakarta Pak Haji Yus, Soto Trisakti Solo, dan Tauto Bumbu Pekalongan.




Eksplor kenikmatan kuliner Indonesia di Kampoeng Tempo Doeloe, Mall Kelapa Gading 


Kalau ada yang kurang suka sama soto, bisa juga eksplor makanan yang lain dari seluruh nusantara. Ada seblak dan cilok khas Bandung, Kerak Telor yang sangat terkenal dari Jakarta,  Rujak Juhi yang ngga kalah sedap, Es Krim Durian, Tahu Gejrot, Nasi Goreng Kebon Sirih, dan masih banyak lagi.



Ngga ada tiket masuk ke area KTD ini, namun kalau mau beli makanan kita harus pakai kartu. Kartunya bisa beli di kasir dan nominal uang yang kita bayar akan dimasukkan ke dalam kartu. Jadi, pas mau bayar makanan,  kita tinggal kasih kartunya aja ke penjual. Penjual akan menggesek kartu kita di sebuah mesin bermonitor.

Harga makanan di KTD bervariasi sih, ngga terlalu murah dan ngga terlalu mahal juga. Menurut saya cukup worth it aja dengan budget yang kita keluarkan.



Karena konsepnya outdoor, suasana di KTD cukup adem dan rame. Namun satu yang saya suka, kekeluargaannya berasa banget. Jadi, banyak yang datang bersama keluarga. Sambil saling cerita satu sama lain, ketawa-ketawa, suasana jadi lebih akrab aja.

KTD berlangsung sejak tanggal 5 April hingga 6 Mei 2018. Buat yang mau merasakan sensasi hunting kuliner dari seluruh nusantara, datang deh ke KTD. Lidah kita akan dimanjakan dengan kuliner-kuliner khas yang mungkin belum pernah kita coba sebelumnya.

Dengan begitu, kita jadi tambah yakin deh kalau kuliner Indoensia itu sungguh amat kaya. Enak dan patut kita banggakan. 

3 komentar:

  1. wah makanannya bikin ngiler..

    BalasHapus
  2. Foto terakhir, orgnya kok nongol di mana aja yak... hahahaahha

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...