Skip to main content

Pengalaman Mengurus Kehilangan Koper Di Lion Air

Pengalaman Urus Koper Hilang di Lion Air. That's why saya paling ngga suka kalau traveling pakai bagasi. Karena udah parno duluan kalau terjadi apa-apa sama bawaan yang ada di bagasi. Buat saya yang tipe travelingnya ala-ala backpacker, pakai ransel pun udah cukup. Pernah sih pakai jatah bagasi yang diberikan secara gratis, tapi belum pernah bermasalah.

Termasuk pas traveling sama anak-anak. Saya sama sekali ngga pakai bagasi, padahal bawaannya super banyak. Saya manfaatin jatah kabin aja dan masih cukup. Alasan lainnya, karena kan kalau naiknya Air Asia which is maskapai favorit saya, bagasi itu kudu beli. Mayan sih harganya. Jadi daripada buat beli bagasi mending kan buat bekal selama di negara tujuan aja, ya kan.

Minggu lalu, saya ke Kuala Lumpur sama anak perempuan saya (5 tahun). Agak nekat sih, karena kondisi saya lagi hamil 7 bulan. Then, travelingnya berduaan aja sama balita. Banyak yang amaze akhirnya karena saya sukses traveling dalam kondisi hamil tua plus bawa balita.

Pokoknya ya lancar-lancara aja deh selama traveling dalam rangka babymoon, walau bukan sama suami :p Nanti deh yaa saya ceritain di postingan berbeda kemana dan gimana traveling bareng balita.

Sekarang, saya mau cerita pengalaman pertama seumur hidup bermasalah sama barang bawaan. Duh, kalau inget itu sempet nelangsa juga sih. Ketika koper semua penumpang berhasil keluar dari conveyor dengan selamat, koper saya hilang entah kemana.

O iya, keputusan akhirnya saya naik Lion Air adalah karena ratenya yang paling pas dengan budget hadiah yang saya dapat. Iya, saya menang lomba blog yang hadiahnya tiket pesawat. Cerita tentang lombanya juga nanti deh yaa. Saat itu yang punya rate, jadwal, dan fasilitas free bagasi yang pas cuma maskapai itu.

Berangkat ke Kuala Lumpurnya saya naik Malindo dan ngga ada drama apa-apa. Malindo juga free bagasi 20 kilogram, jadi saya masukin koper ke bagasi. Lagi hamil gini bikin bagasi jadi bermanfaat banget, karena saya ngga perlu angkat koper ke kabin. Karena penerbangan pagi, Malindo ngasih free breakfast berupa roti isi sosis, cake, air mineral, dan jus. Lumayan lah ya buat ganjel perut.

Pulang dari Kuala Lumpur, saya naik Lion Air dan thats the first time saya naik maskapai yang katanya sering bermasalah itu. Maskapai yang dapet julukan Raja Delay. Saya beneran Lillahi ta'ala aja pas pilih Lion buat kembali ke Indonesia. Karena memang cuma itu yang paling pas, saat itu.

Alhamdulillah, ngga ada delay. Pesawat take off sesuai dengan jadwal dan sampai di Indonesia pun tepat waktu. Proses selanjutnya ya kaya biasa aja, lewatin imigrasi, cap paspor, then menuju tempat pengambilan bagasi. Saya dan anak saya ngantri dong di depan conveyor buat ambil barang bawaan yang di taruh di bagasi. Cukup lama kami berdiri di situ, dari penuh sama penumpang yang sama-sama nunggu barangnya, sampai akhirnya tinggal saya sama anak saya aja.

Iyess.. koper saya ngga nongol. FYI, saya masukin satu koper dan satu tas ke dalam bagasi. Tasnya sih ada, yang hilang adalah kopernya. Saya mulai resah plus deg-degan, tapi berusaha tenang. Saya tanya ke petugas Lion Air yang ada di situ 'kok, koper saya ngga ada ya?' dan petugas pun mulai tanya-tanya ke bagian yang ngurus bagasi. Dan, ternyata memang udah ngga ada koper lagi dari penerbangan saya. Oh Allah...

IG Story yang sempat saya buat saat antri di counter Check In KLIA

Saya diajak ke kantor kecilnya Lion Air. Di ruangan itu ada beberapa petugas yang memang ngurus masalah bagasi dan sebagainya. Mulai deh saya ditanya-tanya. Mereka minta boarding pas, barcode bagasi, sampai foto koper. Alhamdulillah saya sempet foto koper saya ketika ngantri di counter check-in. Jadi ngerasa ada manfaatnya deh bikin instastory pas di bandara :p

Petugas meminta saya mengisi formulir kehilangan. Isinya standar sih, nama, alamat, barang yang hilang, alamat, sama no telepon. Petugas yang lain mulai ngecek dan menelusuri dimanakah koper saya sebenarnya berada. Berbekal nomor barcode bagasi yang saya terima saat memasukkan bagasi, petugas mulai menelusuri.

Saya memandang langit-langit kantor kecil itu dengan tatapan nanar. Dalam hati saya bilang 'akhirnya, kejadian koper ilang saya alami juga' pengen sedih tapi gimana juga yaa. Saya cuma bisa pasrah namun pastinya berharap koper saya bisa kembali dengan selamat. Isinya baju sama jastipan Milo yang menurut saya lumayan juga.

Ngga sampai 30 menit saya berada di ruangan kecil itu, ada petugas yang menyampaikan 'kopernya masih ada di Kuala Lumpur, nanti akan ikut penerbangan yang jam 12 siang. Akan sampai Soeta jam 2 siang dan kami akan langsung antar ke rumah ibu ya'

Ternyata bersikap tenang dan tetap ikuti prosedur bikin urusan jadi lebih lancar. Awalnya pengen tuh marah-marah kaya orang-orang yang naik Lion Air terus dapat masalah. Biar viral gitu yaa hahahah. Tapi, ternyata saya masih bisa tenang dan tetap yakin aja kalau masalahnya bakal beres, dan koper saya ketemu.

Ternyata benar, koper saya sampai di rumah sekitar pukul 5 sore. Diantar oleh kurir Lion Parcel dengan mobil Pajero keluaran terbaru, wuhhh. Kurir itu ke Bekasi, khusus buat nganter koper saya aja. Si kurir sempat bilang 'baru kali ini prosesnya bisa secepat ini loh bu. Biasanya, ngurus masalah bagasi itu paling cepet seminggu. Ibu beruntung yaa' ya saya cuma bisa jawab 'Alhamdulillah ya, pak'

Tetap Tenang

Bukan hal yang menyenangkan memang kalau kita kehilangan sesuatu. Pasti nyesek banget lah. Saya udah sering kehilangan yang barangnya ya ngga balik lagi. Saya pernah kehilangan sepeda lipat yang harganya hampir 3 jutaan, televisi, tas sama isi-isinya, handphone (udah 3 kali), dompet plus identitas penting lain, dan uang yang nilainya ngga sedikit.

Sedih? ya iyalah. Sampai keselnya ke ubun-ubun juga. Marah sama yang ngambil, malah sempet saya sumpahin deh tuh malingnya. Tapi, pas inget kalau sesuatu itu terjadi pas ada maksudnya, saya buru-buru istighfar aja. Mungkin saya kurang sedekahnya, mungkin saya kurang hati-hati, mungkin ini teguran.

Jadi, kalau ada sesuatu yang buruk terjadi sama kita, kaya kehilangan koper gitu, tetap tenang dulu. Ikuti prosedur yang diberikan sama petugas. Kasih keterangan sedetail mungkin, supaya mereka menangani laporan kita dengan cepat.

Ya.. itu deh yaa pengalaman mengurus kehilangan koper di Lion Air yang saya alami. Alhamdulillah akhirnya koper saya balik dengan selamat. Semoga bisa bermanfaat yaa. Intinya, tetap tenang apapun yang terjadi.

Comments

1. Mbak, aku galfok sama kopernya yang unyu, itu beli di mana? Hahaha... Alhamdulillah ya mbak,koper dan isinya masih rejeki. Tenang itu memang kunci menyelesaikan semua masalah.

ReplyDelete
  2. Saya juga yang termasuk amaze loh mba liat dirimu travelling cuma sama anak kecil dan lagi hamil juga, hihi.

Kalau aku jadi dirimu pasti udah campur aduk juga ketika tau kopernya ga ada.

Btw kopernya aku naksir <3
    Ya ampun, simpel tapi tjakep gitu.

ReplyDelete
  3. Waduh Mbak, untung koper kembali selamat. Saya pernah balik ke Jakarta dari Kuala Lumpur, bagasinya nyasar ke Medan. Baru bisa diambil keesokan harinya. Tapi itu tahun 2000, dan saya lupa maskapainya apa.

4. Ya ampun, lagi-lagi Lion. Untung cepat ditemukan ya Mbak dan langsung diantar ke rumah. Terbayang ginama resahnya menunggu saat belum ketahuan rimbanya di mana koper berada :)

5. Alhamdulillah, kalau rezeki pasti balik dan setuju banget kalau kita tenang dan berpasrah pada Allah segalanya mudah. Dulu....banget (sampai sekarang kadang) gie tipe yang meledak2 wkwkwkwk, bisa tuh langsung sumpah serapah plus tatapan mamtir langsung keluar. Semakin bertambah usia *ceileh dan mengenal Allah lebih banyak istighfar dan introspeksi kalau ada yang hilang/salah (dimata gie).

ANW jd panjang bener deh komen wkwkwkwk, semoga besok ke KL ga masalah dengan Lion :D