Selasa, 01 Mei 2018

Sayur Besan Bekasi Ala Skippy


Sayur Besan Bekasi Ala Skippy. Jujur, awalnya saya ngga suka sama sayur ini. Selain karena aneh menurut saya, tampilannya juga kurang menarik. Agak-agak lembek gimana gitu. Jadilah tiap kali disuguhkan sayur ini oleh ibu mertua, saya ngga pernah nyentuh. 

Sayur Besan atau lebih dikenal dengan Sayur Soun adalah makanan wajib yang harus ada di Hari Raya. Jadi kalau di keluarga dari orangtua saya pakai sayur pepaya untuk teman makan ketupat, kalau di keluarga suami ya pakai sayur besan ini. 



Sayur ini juga warisan kuliner bagi masyarakat asli Bekasi. Tiap Lebaran atau Hari Raya, kita bisa dengan mudah menemukan Sayur Besan di rumah-rumah orang Bekasi. Rasa gurih santan yang sudah tercampur dengan bumbu, membuat sayur besan ini digemari. 


Nah, sekarang ini kalau mau makan sayur besan ya tinggal bikin aja. Ngga perlu nunggu lebaran dulu, walau sayur khas Lebaran. Jadi, karena sering lihat ibu mertua atau kakak ipar masak sayur besan, jadi penasaran deh buat mencicipi. Dan, pada akhirnya saya suka sama sayur besan. 

Karena ibu mertua atau kakak ipar ngga selalu mau dimintai tolong buat bikinin sayur besan ini, jadi mari bikin sendiri. Jujur, masak itu sebenarnya enak banget ya. Tapi pas nemunin satu menu yang rumit, banyak yang nyerah duluan. Termasuk saya. Makanya, pilih menu yang akan dimasak itu yang simple aja.



Bahan 
  • 1/4 kg Soun (lebih enak soun jagung, karena ngga nyerap air), rendam dengan air panas sebentar aja, tiriskan
  • 2 buah kentang, potong dadu
  • daun bawang, potong-potong 
  • 1 papan petai (additional aja, kalau ngga suka boleh skip) 
  • 1 bungkus santan instan ukuran kecil 
  • Air secukupnya
  • 2 sdm Skippy Peanut Butter Creamy
Bumbu (haluskan)
  • 4 siung bawang merah 
  • 2 siung bawang putih 
  • 6 buah cabe merah keriting, kalau mau lebih pedas boleh ditambahkan ya. 
  • 1 sdt terasi  
  • garam & gula secukupnya 

Cara Membuat
  1. Tumis bumbu halus dalam minyak panas sampai harum 
  2. Tambahkan air, masak sampai mendidih
  3. Masukkan Skippy, aduk hingga tercampur dengan bumbu
  4. Masukkan kentang, masak kembali hingga kentang empuk
  5. Masukkan santan, aduk sesekali supaya ngga pecah 
  6. Terakhir, masukkan soun dan daun bawang. Tambahkan garam dan gula secukupnya untuk menyempurnakan rasa. 
  7. Angkat dan sajikan dengan ketupat atau lontong


Mudah kan yaa. Bahannya simple dan gampang didapat. Proses masaknya juga cepat sekitar kurang lebih 15 menit aja. 

Hari Raya di keluarga Bekasi, rasanya bakal kurang lengkap tanpa kehadiran sayur soun. Karena memang udah tradisi, jadi pasti akan mudah sekali menemukan sayur soun ini ketika lebaran.



Jadi, sayur soun ini kaya resep warisan turun temurun di keluarga Bekasi. Rasanya yang gurih dan pedas, bikin makan ketupat jadi makin nikmat. Karena gampang banget dibuat, kadang sayur soun ini ngga cuma dibuat pas lebaran aja. Pas lagi pengen makan sayur soun ya tinggal cuss bikin. 

Kenapa harus pakai Skippy?


Kalau sayur besan yang asli itu emang ngga pakai peanut butter seperti yang saya pakai. Skippy yang mungkin kita tahu, biasanya kan dipakai sebagai olesan roti aja. Ternyata, selai Skippy ini bisa dijadiin berbagai macam sajian. Mulai dari sarapan, makan siang, makan malam, cemilan, bahkan hingga membuat minuman.


Skippy membuat Sayur Besan yang saya buat jadi lebih gurih dan creamy. Aroma saat dimasak juga bisa jadi penggugah selera. Jarang kan selai kacang dijadikan sebagai makanan lain. Dan ternyata emang beneran enak. 

Selai kacang Skippy ini terbuat dari kacang tanah berkualitas, yang dipanggang. Dalam satu jar Skippy, setidaknya ada 56.6% kandungan kacangnya. Pantas aja ya kalau rasa Skippy ini gurih dan enak diolah jadi makanan lain.



Balik lagi ke Sayur Besan Bekasi Ala Skippy. Semoga resep ini bisa bermanfaat buat yang mau nyobain sayur khasnya orang Bekasi. Sayur yang selalu ada ketika Hari Raya. Resep warisan yang turun temurun dilestarikan. Harapannya, semoga kuliner Indonesia tetap menjadi sesuatu yang selali dikangenin. Sesuatu yang bisa bikin kita bangga, bangga menjadi bangsa Indonesia. 


Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan dan Praxis sebagai perwakilan SKIPPY® Peanut Butter Indonesia.

6 komentar:

  1. Waah. Bekasi juga punya kuliner warisan. Kebayang rasanya gurih sedap, apalagi pakai Skippy.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gurihh bangett dan jadinya creamy. Gurihnya juga beda, ngga kaya pakai penyedap

      Hapus
  2. wah sbg org bekasi kok malah ga tau sayur besan ni mba hahaha taunya sayur pepaya da klo lebaran teh hahaa jd pgn nyari nanti pas lebaran sayur besan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada yang nyebut sayur soun juga mba, ini buat makan ketupat dan emang khas gitu deh

      Hapus
  3. sama dong mba... saya asal cikarang yang tiap kali lebaran disuguhin yang beginian... tapi saya sampai saat ini jarang banget nyolek2... padahal dari kecil udah disuguhin yang beginian... coba nanti lebaran ini... terinspirasi soalnya... hihihi...

    BalasHapus
  4. namanya unik ya, sayur besan.Skippy diolesin ke roti aja enak, jadi penasaran pengen nyoba sayur besan

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...