Skip to main content

Pengalaman Bayar Airport Tax di Kantor Air Asia



Jadi ceritanya, waktu saya beli tiket ke Singapura itu belum ada ketentuan soal pajak bandara. Pajak bandara belum dimasukkan ke harga tiket yang saya bayar. Jadi, harus bayar lagi sebelum hari keberangkatan. 

Sebenernya sih pajak bandara bisa dibayar pakai kartu kredit. Tapi, berhubung ngga punya kartu kredit, satu-satunya cara adalah bayar langsung di kantornya Air Asia. Sayangnya di Bekasi ngga ada kantor Air Asia. Yang terdekat itu adanya di Plaza Sarinah, Jakarta. 

Akhirnya, saya harus ke Sarinah demi bayar airport tax. Udah tau kan ya Plaza Sarinah itu dimana, deket ko sama bunderan HI. Sampai di Plaza Sarinah, saya bingung tuh dimana kantornya. Ternyata, kantornya itu emang ada di dalam plazanya. Lokasinya ada di di lantai dasar. 

Sampai di kantornya, mata saya disambut sama dekorasi serba merah. Iya kan itu warna khasnya Air Asia. Di kantor ini juga melayani pembelian tiket, loh. Pas saya datang, ada seorang ibu yang lagi beli tiket ke China buat anaknya. 

Saya langsung ketemu sama mbak petugas dan langsung aja bilang mau bayar airport tax. O iya, selain bayar airport tax saya juga mau pindah jam terbang. Sebelumnya saya dapat jadwal terbang jam 2 siang, eh tiba-tiba dapat email kalau penerbangan saya di delay ke jam 5 sore. Nah, akhirnya saya minta pindah ke jam yang lebih pagi. Alhamdulillah ngga kena charge. Jadilah saat itu saya dapet jadwal terbang jam 11 siang.

Untuk bayar airport tax, kita harus bawa paspor dan e-ticket. Jadi, nanti buat dicocokkan datanya aja. Ngga lama ko, cuma sekitar 10 menit, e-ticket yang baru pun udah jadi.

Mesin Cek Jadwal Terbang
Airport tax yang harus saya bayar saat itu 150 ribu. Kalau penerbangan yang sekarang sih harga tiketnya udah termasuk pajak bandara, jadi lebih enak ya. 

Soal pelayanan, oke banget deh. Mbak petugas yang melayani saya itu ramah banget. Sempat ada miss dan tiba-tiba saya diminta bayar sekitar 500 ribuan. Saya kaget dong. Lah wong, pas nelpon ke CS nya katanya ngga ada biaya apa-apa lagi. Jadi cuma bayar airport tax aja, 150 ribu. Setelah saya jelaskan bahwa jadwal saya sebenarnya kena delay, akhirnya si mbak minta maaf. Dan bayarnya tetep 150 ribu aja.

So, kalau tiba-tiba jadwal terbang kita di delay dari pihak Air Asia dan kita ngga sreg, kita bisa minta pindah jam. Selama ada jadwal penerbangan lain dan masih tersedia seatnya, kita bisa pindah tanpa dikenakan charge. Asik kan.

Nah, kalau sekarang mah tiket pesawat include airport tax. Jadi, ngga perlu bayar apa-apa lagi. Tinggal tunggu jadwal terbang deh.


Comments

Most Wanted