Skip to main content

#BigBirdJalanJalan Goes To Cirebon With ILDI



Apa yang kamu tahu tentang Cirebon? Udang, Terasi, atau ngapak-ngapaknya? Kalau saya sih yang saya inget ya bahasa orang Cirebon yang ngapak-ngapak. Soalnya dulu pas jaman masih unyu ((unyuu)) pernah punya teman dekat yang asalnya dari Cirebon. Tiap kali dia ngomong tuh, rada geli sendiri soalnya logatnya itu ngga bisa hilang. Saat dia pulang kampung, saya sering dibawain oleh-oleh kerupuk miskin (kerupuk yang digoreng sama pasir, saking ngga ada minyak) pakai bumbu terasi, duh endesss banget lah. Sampai sekarang masih berasa di lidah rasa kerupuknya. 

Kalau sengaja ke Cirebon buat traveling jujur aja belum pernah. Cuma pernah lewatin aja pas traveling ke Bali 2 tahun yang lalu. Tapi kalau ada yang ngajakin mah pengen juga main-main di kota udang itu. Dan tiba-tiba mba Nuniek nawarin jalan-jalan gratis ke Cirebon :) lewat grup Indonesia Lifestyle Digital Influencer (ILDI). Pas baru-baru di share masih mikir juga, kira-kira waktunya bisa ngga ya. Eh, saat lihat banyak juga yang ikut, ya ikutan deh.

Naik BigBird Ke Cirebon 

Sabtu (22/4) kemarin, akhirnya ILDI bareng BigBird ngajak blogger jalan-jalan ke Cirebon. Meeting pointnya di kantor BlueBird Mampang jam 6 pagi. Alhamdulillah kalau sabtu itu jalanan Jakarta agak lengang. Berangkat dari rumah jam 5.30, sampai meeting point persis jam 6.

Karena cuma bisa ajak anak aja, jadi saya pergi sama Abang dan Una. Pengen sih ngajak Kakak juga, tapi karena kapasitas mobil yang sangat terbatas, jadi ngga bisa ngajak banyak-banyak. Alasan ajak Abang karena dia udah bisa jaga adiknya, Una. Kalau bundanya capek, biar si abang yang urus adiknya :) 

Perjalanan dimulai sekitar pukul 7. Jalanan Mampang agak merayap tapi ngga sampai stak juga sih. Perjalanan lancar dan lengang cuma sampai Jatibening :( karena dari Jatibening sampai cikarang bener-bener padat. Untungnya bus BigBird yang membawa kami itu sangat nyaman. Jadi anak-anak ngga sampai crancky saking ngerasain enaknya duduk di kursi BigBird yang empuk. Busnya bersih walau ada nyamuk-nyamuk berterbangan. Mungkin pa driver lupa tutup pintu pas malam jadi nyamuk pada masuk tanpa diundang. 

Driver yang membawa kami ke Cirebon namanya Wildan. Sayangnya saya ngga sempet tanya-tanya udah berapa lama pa Wildan jadi driver di BlueBird. Orangnya ramah dan bawa mobilnya pun enak, ngga ugal-ugalan. Udah percaya deh kalau sama para driver BlueBird. Selalu ramah dan enak bawa mobilnya.

He's Our Driver :) 
Perjalanan dari Mampang ke Cirebon itu makan waktu 4,5 jam. Karena jalannya tersendat aja jadinya agak lama. Selama perjalanan, kami disuguhi pemandangan sawah-sawah yang masih cantik. Kami lewat tol Cipali yang super panjang dan ya agak-agak gersang. Pohon-pohon belum banyak yang tumbuh tinggi. Jadi panasnya berasa banget. Untungnya kami ada di dalam bus yang nyaman dan dingin, jadi perjalanan tetap nyaman. Una dan abangnya sampai ketiduran. 

Menjajaki Kuliner Cirebon

Sampai di Cirebon, rombongan ILDI langsung dibawa mampir ke Rumah Makan. Karna emang udah waktunya makan siang dan perut udah manggil-manggil buat diisi. Rumah makan yang kita sambangi untuk pertama kali adalah Nasi Jamblang Bu Nur. Menurut informasi yang saya dapat, rumah makan ini terkenal banget untuk kalangan orang-orang Jakarta. Ini saya buktikan juga dengan penuh dan sesaknya rumah makan bernuansa hijau ini.


Penuhh :) 
Mobil-mobil menyesaki area parkir yang ngga begitu luas. Hampir semuanya mobil-mobil pribadi berplat B :) Untungnya, dua bus BigBird kami masih kebagian parkir. Karena setelah kami datang, suasana pun makin sesak aja. Jujur sih jadinya ngga nyaman makan di tempat yang penuh sangat itu.

Karena perut sudah sangat lapar, kami pun ikut antrian yang mengular. Karena belum afdol ya kalau ke Cirebon tapi ngga cobain nasi jamblang. Nasi jamblang ini adalah nasi yang dibungkus daun jati dan merupakan kuliner khas Cirebon.


Setelah mendapatkan nasi beralas daun jati, kami bebas memilih lauk sendiri. Lauknya itu loh yang bikin bingung saking banyaknya. Sampai bingung sendiri mau makan apa, karena keliatannya enak-enak semua. Ada sate telur puyuh, cumi yang dimasak dengan tintanya, perkedel, ayam serundeng, telur balado, paru goreng, dan masih banyak lagi yang lainnya. Kita bebas pilih lauk. Tapi saran saya sih, pilih yang benar-benar ingin kita makan ya. Jangan sampai karena kalap lihat lauk yang banyak, sampai diambil semua. Selain jadinya mahal, khawatir ngga kemakan semua. Kan jadinya mubazir dan sayang banget.

Dipilih-Dipilih Lauknya :) 
Setelah beres ambil lauk, kita harus ke meja kasir yang akan menghitung semua yang kita ambil. Makanya ambil lauknya secukupnya aja supaya ngga kebobolan dompetnya :) Setelah transaksi selesai, baru deh kita bisa makan di meja-meja yang sudah disiapkan.

Karena pas kami datang suasananya lagi super penuh, jadi kami makan pun agak buru-buru gitu deh. Jadinya bener-bener ngga menikmati banget karena bangkunya harus gantian dengan orang lain yang sudah nunggu :( O iya, rumah makan ini dilengkapi dengan AC. Tapi, berhubung saat kami datang sudah banyak sekali yang datang, hawa dingin dari AC pun sama sekali ngga berasa.

Karena ini kali pertama saya makan nasi jamblang, saya pikir rasanya sama aja kaya makan di rumah makan tradisional lainnya. Bedanya cuma di cara penyajiannya yang menggunakan daun jati. Plus, ada beberapa lauk yang baru saya jumpai di rumah makan ini yaitu cumi yang dimasak dengan tinta hitamnya. Saya sih ngga sempat cobain karena udah parno duluan sama warna hitamnya :)

Selain makan nasi jamblang, kuliner yang ngga boleh ketinggalan untuk dicoba kalau ke Cirebon adalah Empal Gentong. Walaupun sekarang banyak yang jual di Jakarta, tapi bakal beda kan kalau makannyd di tempat asalnya. Empal Gentong yang kami kunjungi adalah Empal Gentong H. Apud.








Empal gentong ini mirip soto daging dengan kuah santan. Rasanya gurih dan kaya rempah. Enak banget dimakan dengan nasi hangat. Selain emapal gentong, kami juga disuguhi sate lemak. Saya hanya mampu makan satu tusuk aja karena udah kekenyangan dengan satu mangkok empal gentong plus sepiring nasi.

Nasi jamblang dan empal gentong adalah dua kuliner dari sekian banyaknya kuliner khas Cirebon yang wajib dicoba. Kalau berkunjung ke Cirebon, tapi ngga makan kedua kuliner ini kok berasa ada yang kurang yaa. Jadi masukkan dalam itinerary yaa kalau mau traveling ke Cirebon.

Jelajah Budaya Cirebon 

Selain wisata kuliner, rombongan ILDI juga diajak buat napak tilas ke Keraton Kasepuhan Cirebon. Ada tour guide yang menemani kami menjelajah keraton. Kami dijelaskan mulai dari bagaimana sultan Cirebon membangun keraton hingga bagiaman keraton menjadi pusat kepemerintahan pada masanya. Kami seakan diajak ke masa lalu dan melihat perjuangan sultan.

Keraton Kasepuhan Cirebon


Sayangnya, menurut saya keratonnya agak kurang terawat. Banyak rumput tinggi yang sepertinya lupa dipotong, sehingga pemandangan keraton jadi kurang cantik. Ada pendopo atau saung-saung yang dulu digunakan sultan untuk berkumpul bersama anggota keluarga dan para ajudan. Saungnya juga digunakan untuk menyaksikan acara dari alun-alun yang berada persis di depan keraton.

Saya dan teman-teman ILDI diajak masuk sampai keseluruh area keraton. Saking luasnya, kaki rasanya sampai lemas. Kebayang kan jaman dulu itu para penghuni keraton modar-mandir dengan berjalan kaki. Betapa lelahnya kalau dibayangin. Nasib masyarakat urban yang kemana-mana pake transporatasi online yang tinggal klik aja. Jadi, pas diajak jelajah keraton baru sebentar aja udah ngeluh capek :)

Di bagian belakang keraton tersimpan kereta kencana yang dulu dipakai sultan. Kondisinya masih bagus dan terawat. Lalu, ada ruangan dimana singgasana sultan tersimpan. Sayangnya kami ngga diijinkan untuk masuk, jadi kami cuma bisa ngintip-ngintip aja lewat jendela kaca. Singgasananya berwarna putih dengan campuran warna emas yang khas.


Beberapa dari kami yang mulai kelelahan, memilih untuk duduk-duduk di taman yang berada di tengah-tengah area keraton. Ada patung-patung yang dijadikan objek foto sama teman-teman. Saya pun ngga ketinggalan buat foto-foto karena biar jadi bukti kalau pernah mengunjungi keraton.

Kamu Wajib Kesini!

Indonesia itu kan emang kaya akan budaya. Setiap daerah punya budaya yang jadi ciri khas. Termasuk Cirebon yang masih kaya akan budayanya. Keraton Kasepuhan Cirebon juga jadi saksi perjalanan masuknya Islam di Indonesia, serta jadi salah satu kerajaan tertua di Indonesia.

Ada masjid yang berada persis di depan keraton. Masjid itu juga jadi saksi bagaiamana islam tersebar di kota Cirebon. Jadi kalau pas main ke keraton, jangan lupa mampir atau shalat di masjidnya ya.

Selain budaya dan kulinernya, yang ngga boleh ketinggalan adalah belanja :) Ada batik trusmi yang merupakan salah satu oleh-oleh khas Cirebon. Batik Trusmi ini merupakan toko batik terbesar di Cirebon. Entah berapa luasnya, yang jelas beneran luas banget. Buat yang ngefans sama batik, jangan pernah lupa buat mampir dan belanja. Tapi hati-hati kalap juga ya, bisa-bisa dompet dan ATM jebol.


Kalap Batik :) 
Ada banyak banget macam-macam batik yang bikin fall in love. Saya beli kain batik 100 ribu dapet 3 gulung. Satu gulung kain itu lebarnya 2 meteran. Jadi kalau mau buat blouse, tunik, atau outer cukup banget. Saya beneran sampai bingung mau pilih kain yang mana, karena hampir semuanya bagus-bagus.

Ahh... Cirebon. Ternyata menarik banget buat dikunjungi. Jadi PR juga nih buat saya dan semua yang hobi traveling. Indonesia punya banyak banget destinasi wisata yang patut dikunjungi. Saking banyaknya, rasanya perlu waktu yang superr lama untuk bisa mejelajah semua destinasi wisatanya. Satu tahun, dua tahun, tiga tahun, bahkan 10 tahun rasanya kurang kalau mau menyambangi semua wilayah di bumi Indonesia.

Salah satu kendala yang sering banget dikeluhkan adalah mahalnya transportasi. Untuk bisa ke raja ampat aja misalnya, harga tiketnya bisa buat 5 kali bolak-balik Kuala Lumpur :) Jadi, wajar aja banyak yang lebih milih traveling keluar negeri daripada di dalam negeri. Semoga pemerintah punya solusi ya buat permasalahan wisata ini.

Nah, selagi kita nunggu supaya pemerintah mau kasih murah biaya traveling keliling Indonesia, coba aja dulu traveling ke Cirebon. Kalau dari Jakarta cuma 4 jam perjalanan dan kita bisa pulang hari itu juga. Banyak wisata yang bisa kita kunjungi. Yang hobi makan, bisa wisata kuliner juga. Dan yang hobi belanja, bisa shopping juga.

So, ngga ada salahnya main ke yang dekat dulu ya sebelum ke raja ampat. Karena, selalu ada yang unik dari sebuah perjalanan. Dari perjalanan kita bisa dapat banyak pelajaran hidup. Ada pelajaran tentang sabar ketika perjalanan ngga sesuai dengan yang diharapkan. Dan, ada pelajaran ikhlas tentang apa yang didapat dalam sebuah perjalanan. Kita kan sejatinya hanya manusia yang cuma bisa berencana. Hasil akhirnya ya hak Allah.


Saya dan teman-teman ILDI udah ke Cirebon dong, kamu kapan?  Karena, kamu wajib ke Cirebon :)









Comments

  1. Ceileh yang jalan2 ke cirebon wkwkwkkk....kak mau share dikit ah, yang dimasak hitam di nasi jamblang itu tepatnya Blakutak, dan emang kalau makan nasi jamblang enaknya rada santai. Bbrp tahun terakhir emang Bu Nur selalu ramai, sebelumnya nasi jamblang Mang Dul yg lebih duluan hits. Padahal bisa lho dibungkus, nasinya kalau di daun jati tahan beberapa hari.

    Nah panjang bener hahaha, btw saung2 nya dulu tempat latihan nari topeng pas sma hehehe. Skrg mah sdh lebih terawat, Alhamdulillah.

    Kapan2 ke cerbon lagi mampir ya ke sumber, nginep di kaki gunung cermai.

    ReplyDelete
    Replies
    1. woww.... ada orang Cirebon yang komen. Kalau ngga penuh banget, sebenernya enak makan di warung bu nur itu. Aku suka sama sate udangnya, manis gurih. Trus kalau nasi jamblangnya anget lebih nikmat lagi deh. Klo nanti bisa mampir ke Cirebon lagi, boleh nginep di tempat gie yaa :)

      Delete
    2. Boleh, cita rasa bu nur emang manis gurih.

      Delete
  2. Jadi kepengen jalan-jalan ke Cirebon lagi jadinya.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yukk, kaa. Makan nasi jamblang trus pulangnya borong batik :)

      Delete
  3. Woow aku pernah nyoba nasi jamblang sekali dan ngerasa biasa aja, hahaha. Tapi klo empal asem dan empal gentong, favorit banget. Aku sukanya makan di Amarta. Tp H Apud ini bbrp waktu lalu habis dikunjungi Pak Jokowi sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pantes H. Apud ini rame banget, ternyata presiden pernah makan di situ toh. baru tau aku :)

      Delete
  4. Kangen nasi jamblaaang.. pake cumi gede, enak banget! Banyak aktivitas juga ya di Cirebon, lumayan buat ide weekend seruu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baby Z nanti nginep tempat aunty di Sumber yaaa *numpang lapak

      Delete

Post a Comment

Most Wanted