Skip to main content

Tips Traveling Bagi Ibu Hamil


Traveling dalam keadaan ngga hamil dan hamil tentu rasanya beda dong ya. Dan, akhirnya saya mengalami juga traveling dalam kondisi hamil. Karena tiket pesawatnya dibeli ketika belum hamil, jadi ya mau ngga mau tetap harus dipakai. Sayang juga, kan. Soalnya, dapetin tiket promo itu ngga gampang, kak. Jadi, kan mubadzir dong kalau ngga dipakai. Apalagi negara tujuannya adalah salah satu bucket list saya.


Pertengahan Juli lalu, saya traveling ke Bangkok. Kondisi saya saat itu sedang hamil sekitar 17 minggu. Alhamdulillahnya, masa-masa morning sicknessnya udah berkurang. Mual dan muntah udah jarang dan makan pun udah mulai enak. 

Saya ngga berangkat sendiri, ada teman yang ikut bareng juga. Uniknya, dia lagi hamil juga, dengan usia kehamilan yang cuma beda 2 minggu dari saya.  Jadilah, trip kali ini adalah #BumilTrip hahaha. Tapi dia bawa suaminya ikut serta sih, sedangkan saya ngga.

Ketika 2 Bumil Traveling

Cerita perjalanan saya di Bangkok, bakal saya tulis di postingan terpisah ya. Kali ini saya mau sharing tentang apa saja yang perlu dipersiapkan ibu hamil sebelum traveling. Karena merasakan sendiri gimana traveling dalam kondisi berbadan dua, jadi enak aja sharingnya. 

Jadi, sebelum ibu hamil melakukan perjalanan jauh, ada baiknya lakukan hal berikut ini deh ;
  1. Periksa kehamilan pada dokter kandungan. Ini poin penting untuk tahu gimana kondisi kandungan kita. Cek tensi darah dan berat badan juga ya. Kalau dinyatakan baik-baik saja, baru deh bisa traveling dengan tenang. 
  2. Setelah periksa kesehatan kandungan, jangan lupa minta surat izin dari dokter. Surat ini nantinya jadi pegangan kalau-kalau ditanyain sama pihak maskapai. Saya sempat diminta nunjukin surat izin dokter ini saat mau masuk pesawat. Ini jadi hal penting bagi maskapai dan kru kabin. Jadi kalau ada apa-apa sama ibu hamil, bisa diatasi dengan cepat. 
  3. Bawa vitamin khusus ibu hamil untuk menunjang kesehatan kandungan selama traveling. 
  4. Pilih koper daripada ransel. Walau saya seorang backpaceker, untuk traveling kali ini saya pilih bawa koper demi kesehatan jiwa raga. Agak males sebenernya geret-geret koper, tapi kan ngga boleh egois juga. Daripada kenapa-kenapa kan, ya udah lah pasrah deh pakai koper.
  5. Bawa bantal leher atau bantal kecil untuk mencegah pegal-pegal. Terutama di pesawat dan durasi perjalanannya lebih dari 2 jam. 
  6. Bawa minyak kayu putih atau telon. Ini buat jaga-jaga kalau tiba-tiba mual atau kram perut. Saya bawa yang ukuran paling kecil supaya bisa masuk kabin. 
Itu persiapan yang menurut saya penting buat diperhatikan ketika ibu hamil traveling. Yang tadinya traveling suka-suka sampai jadwal makan banyak yang dirapel, saat hamil ngga bisa lagi kaya gitu. Minimal banget ada cemilan yang dibawa saat ke satu tempat. 

Soal makan juga ngga boleh sembarangan. Jangan mentang-mentang traveling, ibu hamil bisa makan semaunya. Minimal banget ketemu sayur atau buah setiap hari. 

Air bening (mineral) juga ngga boleh ketinggalan dari tas. Walau bisa aja sih beli, tapi kan sayang juga uangnya. Mending buat beli oleh-oleh ya kan daripada buat beli air. Saya selalu bawa botol air minum yang selalu diisi penuh ketika di penginapan. Jadi irit, ngga perlu beli air, kecuali kalau memang udah habis banget. Kalau travelingnya ke Singapore, botol minumnya bisa di reffil dari kran-kran air yang ada di ruang publik. 

Traveling ketika hamil juga harus dibawa santai banget. Beda dong saat ngga hamil, yang semua destinasi pengennya didatangi. Ketika hamil, harus bisa mengukur diri. Karena ada bayi di dalam perut yang perlu dijaga. 

Jangan ngoyo pengen kesana-kemari, padahal kaki dan perut udah ngga kuat. Kalau udah ada tanda-tanda perut kram, buru-buru cari tempat istirahat. Jangan dipaksa buat jalan walau kepengen banget datang ke satu tempat. 

Waktu di Bangkok, jujur memang cape banget. Tapi saya ngga maksain diri mau pergi ke banyak tempat. Banyak destinasi di Bangkok yang saya skip karena memang tak sanggup. Insya Allah lah yaa nanti ada rezekinya bisa ke Bangkok lagi. 

Outfit Traveling Buat Ibu Hamil 


O iya, soal outfit nih. Bawa outfit yang benar-benar bikin nyaman dan menyerap keringat. Apalagi bumil itu gampang gerah ya. Jadi pastikan baju yang kita pakai support buat jalan jauh. Dress atau tunik yang dipadukan sama palazzo atau kulot bisa jadi rekomendasi buat traveling. 

Pakai sepatu atau alas kaki yang ngga bikin kaki bengkak. Saya pilih sneaker atau sepatu sport buat traveling. Karena, menurut saya sepatu jenis ini adalah sepatu yang paling nyaman. Hindari pakai sepatu ber-heels. Yakali kalau mau kram dan gempor mah. Lagian, ibu hamil dianjurkan untuk ngga pakai sepatu high heels. 

Intinya, traveling ketika hamil itu ngga boleh egois. Jadwalnya makan ya harus buru-buru makan, cukup minum, dan cukup istirahat. Jangan sampai pulang traveling malah jadi sakit dan (na'udzubillah mindzalik) malah ada apa-apa sama kandungan. 

Terus, setelah ke Bangkok dalam kondisi hamil, kapok ngga traveling? oh, tentu tidak. Ngga ada yang bikin kapok kalau urusan traveling. Ibu hamil butuh refreshing kan, ya salah satunya dengan jalan-jalan. Alhamdulillah dapat kesempatan buat jalan yang agak jauhan. Selagi masih diizinkan dokter dan kondisi kandungan yang aman-aman aja, hayuk aja lah. 

Ada yang pengen traveling ketika hamil juga? Selagi dokter memastikan kita baik-baik aja, silakan aja ya. Asalkan tetap tahu diri kalau kita jalannya ngga sendiri, tapi ada bayi di perut yang ngga boleh diabaikan kesehatannya. Hwaiting!


Comments

  1. Iya ya mbaa.. kalau hamil dibawa enjoy pas traveling ya. Saya dulu hamil 6 bln Adek Fi malah backpackeran ke 3 negara.. hahaha.. mak nekat. Tapi alhamdulillah dibawa enjoy sih. Ga maksa. Kalau capek ya tiduur.

    ReplyDelete
  2. Bumils setrong bener dah, tfs banget deh buat referensi kelak *eaaa

    Sehat2 ya bumils xo

    ReplyDelete
  3. Iya mba jalan-jalan pas hamil memang jangan terlalu memaksakan diri buat ngejar destinasi.. Dibawa santai aja ya asal gak terlalu capek.. Aku pernah traveling pas hamil tapi deket2 aja. Dan kebanyakan wisata kuliner.. Hihi.. :D

    ReplyDelete
  4. Wah aku pengen hamil dan travelling juga :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Most Wanted