Selasa, 07 Januari 2020

Pengalaman Pertama Sewa Penginapan Lewat Airbnb


Biasanya kalo urusan cari cari penginapan, andalan saya yaa Online Travel Agent (OTA) semacam Traveloka, Tiket, atau Booking(dot)Com. Sudah paling nyaman dan memang simple aja sih. Metode bayarnya pun gampil, bisa lewat minimarket juga.

cara pakai airbnb
Add caption

Terus kan, penasaran aja lihat temen yang selalu bisa dapet penginapan yang homey banget, plus ratenya yang kalau diitung-itung ya murah juga. Dia selalu bilang pakai Airbnb kalau cari penginapan. Jadi, di Airbnb itu jenis penginapannya itu apartemen dan homestay gitu. Cocok banget buat yang nginepnya rombongan. Soalnya jadi lebih murah timbang sewa kamar hotel. 


Akhirnya, nyobain Airbnb lewat website. Sebenernya ada aplikasinya juga, tapi memori hape lagi full so tida bisa unduh-unduh dulu. Sign up pake kode referal temen biar dapet credit, mayan dapet $40 buat first booking. Pas banget liburan akhir tahun mau ke Jogja, jadi bisa nyari penginapan lewat Airbnb.

Pengalaman Booking Penginapan Lewat Airbnb


Karena memang ada rencana liburan ke jogja bareng keluarga, akhirnya beneran nyoba nyari penginapan lewat airbnb. Liburan di high seasion akhir tahun memang luar biasa ya. Rate penginapan bisa 2 kali lipat dari rate normal. Maklum lah banyak yang nyari, jadi hargapun lebih mahal.

Pilihan penginapan berupa apartemen dan rumah banyak banget. Ratenya biasanya tergantung dari lokasi dan ukuran penginapannya. Karena saya rombongan yang jumlahnya 6 dewasa, 5 anak, dan 1 bayi jadi mesti nyari yang agak luas. Karena ngga dapat apartemen dengan harga yang rasional, akhirnya milih rumah aja. Alhamdulillah dapat rumah yang lumayan luas, dengan 2 kamar. Lokasi pun strategis banget.

cara booking penginapan aribnb


Cara pakai Airbnb gampang kok. Buat cari lokasi penginapan, tinggal masukin nama kota yang dituju. Lalu, tentukan tanggal booking. Sama aja kaya aplikasi booking yang lain. Nanti bakal keluar pilihan-pilihan penginapan dengan berbagai pilihan harga. Tinggal pilih yang sesuai kebutuhan plus harga yang sesuai budget. Oh iya, jangan lupa masukin jumlah orang yang bakal menginap. Karena bakal berpengaruh sama hasil pencarian. Kalau jumlah orangnya banyak, hasil pencariannya bakal lebih banyak ke pilihan rumah atau vila gitu.

Setelah cocok dengan satu pilihan, tinggal masuk ke urusan pembayaran. Nah, sayangnya Airbnb ini pembayarannya cuma bisa pakai kartu kredit. Jadi kalau yang ngga punya kartu kredit, mungkin bisa pinjem sama yang punya dulu. Ngga bakal diminta tunjukin pas nginep kok. Ada pilihan pembayaran, mau dibayar sekaligus atau 2 kali bayar. Yang jelas sih proses penarikannya dilakukan sebelum kita menginap.

Yaa, semoga Airbnb bisa menambah pilihan pembayaran ya. Kaya transfer bank, mbanking, atau pakai e-wallet gitu. Biar yang anti kartu kredit kan bisa pakai Airbnb juga. Rate di Airbnb hitungannya pakai USD loh. Jadi tergantung banget sama rate dollar saat kita booking.

Rate yang tertera di setiap pilihan penginapan, belum termasuk service fee. Kalau pas kita sudah bayar lunas, tapi ngga jadi nginep, bisa di refund kok. Asalkan, pilihan penginapan yang kita pilih menyediakan opsi refundable. Makanya, pas milih diperhatikan lagi pilihannya ya.

Airbnb ini kebanyakan self check-in and out. Maksudnya, kita ngga akan ketemu sama si host. Ambil kunci sendiri dan taruh kunci sendiri. Setelah proses booking, kita bakal diarahin buat chat sama host. Ada opsi chat sama host yang bisa kita gunakan. Dari situ, kita bisa lanjut chat by whatsapp. Nanti host bakal ngasih petunjuk dimana dia bakal meletakkan kunci, semacam brief ketika menggunakan unit yang disewa, barang-barang yang tersedia dan bisa dipakai, dan banyak lagi. Jangan ragu buat nanya yaa kalau memang ada yang perlu ditanyain.

So far, pengalaman pakai Airbnb simple dan asik juga. Banyak pilihan, prosesnya cepat dan Insya Allah aman. Pembayaran yang kita lakukan ngga langsung masuk ke host (sebutan untuk pemilik penginapan), tapi masuk ke Airbnb dulu. Setelah kita check out (selesai menginap) baru deh uangnya masuk ke host.

Dapat USD40 Gratis, Mau?


Jadi, buat kamu yang penasaran pengen nyoba cari penginapan pakai Airbnb, kamu bisa dapetin travel credit senilai $40 for free. Ini berlaku buat pengguna baru ya. Kamu bikin akun di Airbnb, trus masukin deh kode referal saya. Langsung klik aja ya. Mayan banget sih bisa dapat potongan harga. Saya juga pakai kode referal temen waktu booking penginapan di Jogja itu. Happy karena jadi murah banget.

sewa penginpan lewat airbnb
Rumah yang saya sewa lewat Airbnb

Semoga pengalaman pakai Airbnb yang saya tulis ini bisa bermanfaat yaa. Pengennya sih nanti saya revieiw juga penginapan di Jogja yang saya sewa lewat Airbnb. Semoga nanti ada mood buat nulisnya :)



2 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...