Skip to main content

[Resep] Pie Susu Teflon Takarannya Pakai Sendok Aja



Makin lama #dirumahaja memang bikin kita, terutama para ibu, jadi makin rajin. Walaupun sebelum negara api (baca : covid19) menyerang, kita-kita ((kita)) sudah rajin sih :p Cuma rasanya beda aja yaa. Pas momen ini, anggota keluarga ngumpul di rumah setiap hari. Jadi ya mesti lebih rajin aja, terutama rajin masak. Karena kan memang lagi ngga bisa sering-sering keluar rumah kalau ngga penting banget. Jadi, masak sendiri memang sudah paling bener, deh. 

Pie Susu Teflon


Setelah posting resep sushi rumahan yang gampil banget, sekarang saya mau berbagi resep yang ngga kalah gampil. Sering dieksekusi bareng anak-anak dan jadi favoritnya anak-anak. Bikinnya cepet, ngabisinnya ngga kalah cepet :p Bahan-bahannya mudah didapat, di warung deket rumah juga ada. Jadi, ngga ada alasan susah dapat bahannya. Kalo alasan males bikinnya, yha sudahlah bye.


Kali ini saya mau berbagi resep Pie Susu Teflon yang ngga perlu pake takaran gram-gram-an segala. Jadi ngga masalah buat yang ngga punya timbangan digital. Ngga ada alasan susah ngukur bahanya ya. Karena di resep ini, semua bahan ditakar cuma pakai SENDOK MAKAN aja gaiss. Kalau sendok makan semuanya pasti punya dong yaa. Ngga percaya lah kalau di rumah ngga punya sendok, masa iya makan sayur dikobok :p

Langsung aja ke resepnya yaa. Kelamaan amat muqadimmahnya :( 

Bahan pie crust 

  • 10 sdm (sendok makan) tepung terigu
  • 5 sdm margarine 
  • 2 sdm susu kental manis

Bahan vla susu 

  • 10 sdm air 
  • 2 sdm tepung maizena
  • 1 butir telur 
  • 1/2 sdm vanila
  • 12 - 15 sdm susu kental manis. Sesuaikan sama selera manisnya aja ya. Kalau masih kurang manis, bisa ditambah lagi. Masih kurang manis juga? coba bikinnya sambil senyum, biar makin manis :p

Cara Membuat 

  1. Dalam wadah, masukkan tepung terigu, margarine, dan susu kental manis. Uleni sampai semua bahan tercampur dan ngga bergerindil. 
  2. Setelah adonan pie crust tercampur, letakkan dalam teflon. Cetak sesuai ukuran teflon. Pakai bantuan sendok supaya permukaan pie halus dan pinggiran pie jadi lebih rapih. 
  3. Tusuk-tusuk permukaan pie dengan garpu. Tujuannya biar pienya ngga menggelembung. Setelah itu, sisihkan 
  4. Buat vla : campur air dan tepung maizena, aduk sampai tercampur. Lalu tambahkan telur, vanila, dan susu kental manis. Aduk sampai semuanya tercampur rata.
  5. Saring vla sambil dituang ke atas pie. Vlanya mesti disaring supaya hasilnya jadi lebih halus. 
  6. Masak di atas kompor dengan api yang kecil. Ingat, apinya harus kecil yaa, karena pie ini rentan gosong. Jangan sampai pie crustnya gosong tapi vlanya belum matang. 
  7. Masak sekitar 15-20 menit atau sampai permukaan vla ngga lengket. Bisa coba ditusuk pakai tusuk gigi, kalau ngga ada yang nempel, berarti sudah matang. 

Tips


Pertama kali bikin pie susu teflon ini, hasil pie saya menggelembung di bagian tengahnya. Tapi hasil secara keseluruhan sempurna. Pienya renyah dan vlanya matangnya bagus. Cuma yaa itu pie susunya kaya lagi hamil wkwkwk :p 

Pas baca-baca lagi, ternyata itu bisa diakalin dengan menggunakan loyang atau seng gitu di atas kompor. Jadi teflon ngga langsung nempel di kompor. 

Penggunaan vanila bisa diskip kalau memang ngga ada. Saya pakai buat menghilangkan bau amis dari telur aja. Vanila juga bisa mengeluarkan aroma yang harum banget pas pie dimasak. 

Gimana, gampang kan bikinnya? bahannya juga gampang didapat ya. Ngga susah kok bikin cemilan buat keluarga, asal ada niat aja. Dari bahan seadanya, bisa menghasilkan cemilan istimewa. Asal semuanya dibuat dengan cinta #asek :p 

Selamat mencoba :) kalau udah dicoba, tag saya yaa. 

Comments

Most Wanted