Skip to main content

Traveling Bareng Anak, Ribet Tapi Seru



Traveling bagi saya adalah salah satu terapi. Mungkin bagi kebanyakan orang juga sih. Traveling pun ngga melulu harus ke tempat yang jauh atau ke luar negeri. Ke tempat-tempat terdekat dan bisa dieksplor bisa banget dilakukan. Apalagi kalau travelingnya bareng orang-orang tersayang kaya keluarga.

Traveling sendiri sih enak juga. Tapi kalau sama keluarga bakal lebih seru lagi. Di sini saya sih mau cerita tentang pengalaman saya selama traveling bareng anak-anak. FYI, anak saya tiga dan usia mereka masing-masing hanya terpaut 3 tahun aja. Si abang tahun ini 10 tahun, Kaka 7 tahun, dan Ade 4 tahun. Ketiganya lagi masa-masa 'gemes' in banget. Tiap hari ada aja yang diributin dan pada akhirnya salah satu dari mereka ada yang nangis. Pokonya seru dan meriah lah mereka itu. 



Ngga cuma rame pas di rumah aja. Saat saya ajak traveling pun tetep rame banget. Traveling terjauh mereka itu ke Singapura dan Malaysia. Yang namanya baru pertama kali naik pesawat ya wajar lah ya agak-agak norak gitu. Saya maklum aja, asal ngga bikin malu :) 

baca 

Karena banyak banget yang baca tulisan saya tentang traveling bareng anak, jadi banyak juga yang nanya gimana rasanya traveling bareng anak. Mereka juga nanya tips supaya tetep fun ketika traveling dengan anak, apalagi sama anak balita. 

Traveling bareng anak itu pokonya seru. Kalau dibayangiin ribetnya aja ya emang ribet. Karena selain bawaan jadi berlipat-lipat, mental pun harus disiapin. Anak itu kan kodratnya masih selalu pengen main dan eksplor. Jadi, kita sebagai orangtua harus ngerti juga. Tapi bukan berarti kita harus kalah dan nurutin semua maunya anak ya. Kita harus tegas tapi ngga galak juga supaya mereka tetap merasa nyaman. 

Jadi waktu saya bawa anak-anak traveling ke Singapura-Malaysia, saya udah kasih brief ke mereka. Tentu aja dengan penyampaian yang enak dan gampang dimengerti. Saya bilang ke mereka kalau nanti di Singapura kita bakal banyak jalan, jadi ngga boleh ada yang rewel. Alhamdulillah mereka ngerti. Asalkan kita menyampaikan dengan bahasa yang enak buat anak-anak, Insya Allah mereka pun mau ngerti. 

Una Mulai Rewel, Langsung di Handle Pawangnya :)
Awalnya saya pun agak worry kalau mereka tiba-tiba cranky atau tantrum. Ngeri juga ngebayanginnya. Walau seumur-umur mereka ngga pernah cranky, ngga menutup kemungkinan kan kalau mereka bisa ngambek tiba-tiba. Dan surprise... mereka ngga ada yang rewel, at all. Ketiganya manissss banget diajak jalan. Nurut semua dan ngga sekalipun bikin kesel. Saya amaze banget deh sama mereka. Padahal traveling ke Singapura-Malaysia itu, kita banyak banget jalan.


Dari pengalaman itu saya berani bilang, kalau traveling bareng anak itu menyenangkan. Ribet emang tapi mereka bisa jadi hiburan ketika capek melanda. Karena akan ada aja yang bikin kita ketawa. Se-nyebel-in apapun mereka, anak-anak tetep punya pesona yang bikin gemess :) Saya mau berbagi tips deh supaya traveling bareng anak jadi asik. 
  • Make sure semua kebutuhan anak-anak selama traveling seperti; cemilan, baju ganti, susu, dan mainan. Kita bisa bantu anak-anak buat pilih mainan yang bakal mereka bawa. Pilih 1 atau 2 mainan aja karena kan bukan mau pindahan :p 
  • Kalau travelingnya untuk beberapa hari, pilih tempat menginap yang nyaman. Nyaman ngga berarti harus mahal loh ya. Banyak hotel, hostel atau guest house yang murah tapi nyaman. Saat traveling ke Singapura-Malaysia, saya memilih hotel daripada hostel demi kenyamanan anak-anak. Tapi tetep sih nyari yang murah dan itu banyak banget.  
  • Perhatikan perubahan sikap anak-anak. Kalau mereka udah menunjukan rasa capek, segera istirahat. Jangan memaksakan anak untuk ngikutin itinerary yang kita buat ketika mereka udah lelah. Karena yang ada, mereka malah jadi bete dan ngga menutup kemungkinan mereka bakal cranky. 
  • Kalau bawa balita, jangan lupa bawa stroller untuk menghindari otot keram karena gendong. Apalagi buat yang mau traveling ke Singapura dan bawa balita. Singapura itu jalanannya sangat ramah stroller jadi enak kemana-mana dorong stroller. Kalau ngga punya, saran saya nyewa aja. Saya nyewa stroller itu cuma 150 ribu/bulan saat mau traveling ke Singapura-Malaysia. 

Mulai Capek? Kasih Cemilan Dulu ;)

Sebagai orangtua, kita pasti tahu lah ya gimana anak kita. Termasuk tahu apa aja yang bikin mereka nyaman dan ngga nyaman. Prepare dengan matang sebelum melakukan traveling. Itinerary harus jelas buat menghindari tujuan yang ngga jelas. Ngga ada salahnya cari referensi dari blog-blog. Misalnya mau rencanain traveling ke Singapura-Malaysia kaya yang saya lakukan, bisa loh baca-baca postingan saya di blog ini. Klik aja label #tazfamilytrip karena bakal muncul tulisan saya soal traveling sama 3 anak saya :) 

Kalau mau nanya-nanya soal traveling bareng anak, boleh loh tinggalkan komentarnya. Insya Allah bakal saya jawab sebisa saya :) Selamat merencanakan traveling bareng anak ya.




Comments

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. Saya bukan tipe solo traveller. Lebih suka rame-rame apalagi ma keluarga. Makanya sekarang pun juga lebih enjoy kalau traveling ma keluarga meskipun lebih ribet ��

    ReplyDelete
  3. Dulu, saat mudik tahun 2016 menjadi pengalaman pertama saya bawa anak travelling. Memang agak ribet, tetapi karena saya sudah mengerti tentang mana yang nyaman dan tidak bagi anak, jadi semua bisa teratasi dengan baik dan mudik bisa menyenangkan. :D

    Terimakasih, sharingnya.

    Salam hangat dari Bondowoso..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebagai orangtua, kita emang harus tahu kapan anak nyaman dan ngga nyaman. Dengan begitu, kita jadi tahu apa yang harus dilakukan :)

      Delete
  4. Pengalaman pertama traveling sama anak berakhir di rumah sakit dan istirahat di hotel sampai hari terakhir. Krn anak jatuh dan tangannya patah. Padahal waktu itu lg ke negeri orang. Dari situ dapat banyak pengalaman, alhamdulillah setelahnya kami sudah beberapa kali travelling lg dan berjalan lancar..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Allah, itu diluar dugaan banget ya. Jadi pelajaran juga supaa kita sebagai orangtua harus ekstra hati-hati dan waspada. Apapun bisa terjadi sekalipun kita udah hati-hati banget.

      Delete
  5. Juara! Aku baru punya 1 buntut aja udah rempooong warbiasyaaaa. Panutan!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena raka kan masih bayi juga put, wajar jadinya rempong banget. Ntar gedean dikit suruh bawa ransel sendiri :)

      Delete

Post a Comment

Most Wanted