Skip to main content

Kenalan Singkat dengan 7 Jenis Minuman Kopi Populer

Hayo, siapa yang tiap hari ngga bisa kalo ngga minum kopi? Berasa ada yang kurang, lalu tiba-tiba hampa dan berasa lemas menghadapi hari #elahh ;p walau nyatanya itu semua adalah sugesti, tapi kopi bisa sedikit memperbaiki mood loh.

Mengenal Jenis Minuman Kopi

Semenjak hits minuman kopi kekinian, orang-orang makin banyak yang minum kopi. Yang awalnya, ngga minum kopi eh jadi ngga bisa sehari tanpa kopi. Minuman kopi kekinian juga sudah kaya lifestyle. Setiap hari nenteng-nenteng cup es kopi, diseruput sambil jalan atau ngobrol. Sampai-sampai ada yang punya budget sendiri buat beli kopi. Kalau beli kopinya di coffee shop ya lumayan juga itu budgetnya.

Nah, ngomongin soal kopi, ada beberapa jenis minuman kopi populer yang biasa dikonsumsi. Salah satunya pasti favorit kamu ya ;)

Espresso 

Jenis kopi ini bisa dibilang base dari berbagai jenis minuman kopi. Espresso dihasilkan dengan cara menekan biji kopi yang sudah dihaluskan dengan sedikit air panas.

Bubuk kopi dimasukkan ke dalam portafilter. Kemudian, diratakan menggunakan tamper, untuk memastikan setiap air yang melewati bubuk kopi, bisa diekstraksi secara merata. 

Espresso ini jenis kopi yang sangat pekat, kental, dan kuat. Biasanya disajikan dalam gelas kecil. Karena kental dan pekat, kandungan espresso ini cukup tinggi. 

Americano

Kalau kamu memang suka kopi yang asli tanpa campuran susu atau yang lainnya, tapi ngga suka yang terlalu pekat, Americano ini pilihannya.

Americano ini modifikasi espresso yang dicampur dengan air panas. Takarannya 2/3 air dan 1/3 espresso. Disajikan tanpa gula ya, karena kalo pakai gula bukan Americano lagi namanya. Saya pernah sekali gegayaan pesan Americano dan ya cukup sekali aja sih. Karena pahit banget sumpah. Buat yang ngga suka pahit kaya saya, memang ngga cocok sama Americano.

Cappuccino 

Jenis kopi ini yang paling banyak peminatnya. Karena rasanya ngga terlalu pahit karena sudah ada campurannya.

Cappuccino dibuat dengan satu shoot espresso, dicampur dengan 1/3 susu dan 1/3 milk foam. Kalau di coffee shop, suka ditanya mau yang normal sugar, low sugar, atau no sugar. Jadi memang untuk manisnya bisa disesuaikan sama selera.

Jenis-Jenis Minuman Kopi

Caffe latte 

Dari segi komposisi, caffe latte sama cappucino itu mirip. Hanya berbeda di takarannya aja. Caffe latte lebih banyak susunya daripada espresso. Takarannya, 2/3 espresso, 1/3 susu, dan tambahan milk foam.

Jadi kalau lagi pengen minum kopi yang lebih berasa susunya, bisa pilih caffe latte. 

Macchiato 

Minuman kopi yang satu ini, secara komposisi mirip dengan cappucino dan latte. Perbandingannya, macchiato menggunakan lebih banyak susu dari cappucino, tapi lebih sedikit dari latte. Perbedaannya juga terletak pada cara penyajiannya saja.

Untuk macchiato, susu dimasukkan terlebih dulu. Kemudian, espresso dan terakhir buih susu. Makanya, macchiato ini punya taste yang unik ketika diminum. Karena punya lapisan yang istimewa. 

Mocha

Kalau minuman kopi jenis mocha, perpaduan antara kopi, susu, dan cokelat. Perbandingan komposisinya 2/5 espresso, 2/5 cokelat, dan 1/5 susu. Minuman ini juga familiar disebut dengan mochacino. 

Buat yang suka minuman cokelat, tapi pengen minum kopi juga, bisa banget pilih mocha ini ya.

Affogato 

The last, minuman kopi yang unik karena memang beda dari yang lain. Affogato disajikan dengan es krim. Komposisinya, 2/5 espresso dan 3/5 es krim.

Cara menikmatinya, satu scoop es krim disiram dengan single atau double shoot espresso. Rasanya perpaduan manis gurih es krim dengan pekat dan pahitnya espresso.


Dari 7 minuman kopi yang saya tuliskan di atas, yang mana nih yang jadi favorit kamu? Kalau saya sih, tetap cappucino karena rasanya lebih bisa diterima oleh lidah. Apapun jenis minuman kopi yang kita pilih, semuanya akan terasa enak jika dinikmati dengan hati yang bahagia. 

Comments

Most Wanted