Sabtu, 21 April 2018

Liburan Ke Thailand Jadi Kenyataan Dengan JD Flight


Setelah Malaysia dan Singapore, saya punya misi buat menjelajah negara ASEAN sampai tuntas. Mumpung bebas visa, jadi rasanya pengen menggunakan kesempatan ini buat menjelajah negara-negara di Asia Tenggara. Selain karena bebas visa, negara-negara tetangga itu kan mirip-mirip sama Indonesia lah ya. Ada yang mirip di budayanya, ada juga yang mirip di kulinernya. Jadi, ngga terlalu effort banget buat adaptasi.



For information, yang termasuk negara ASEAN itu Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina, Thailand, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar, dan Kamboja. Nah, dari deretan negara ASEAN itu, yang saya kunjungi baru Singapura dan Malaysia. Karena deket dan banyak tiket promo juga, jadi ngga terlalu susah buat ke sana. Asal bisa beli tiket pesawatnya aja :)


Selain mau menuntaskan negara-negara ASEAN, pengen juga ke negara-negara 4 musim kaya Jepang, Korea, Britania Raya, atau Eropa. Maklum, penduduk negara tropis yang taunya cuma musim hujan sama panas aja. Jadi, mimpi juga buat menjelajah negara yang bisa ada saljunya. Pernah sih ngerasain musim dingin di Macau sama Hongkong, tapi kan di sana ngga ada saljunya.

traveling pakai hasil kerja sendiri emang berasa lebih enak :)  

Kalau memang niat traveling, banyak banget bertebaran tiket pesawat murah yang bisa kita dapatkan. Kaya saya yang biasanya beli tiket promo hampir setahun sebelumnya. Karena memang tiket promo itu biasanya buat penerbangan berbulan-bulan berikutnya. Ngga papa lah nunggu hampir setahun, bisa nabung dulu buat  bayar hotel dan jajan disana kan. 

Tahun ini, negara yang jadi tujuan traveling saya adalah Thailand. Sebenarnya udah dari tahun lalu pengen kesana. Sayangnya ngga nemu-nemu tiket promo. Lumayan juga kalau ngga promo, PP bisa sampai 3 jutaan bahkan lebih. Belum buat sewa hotel sama makan plus jajan oleh-oleh Bangkok, bisa makin bengkak aja budgetnya. Maklum, kalau buat traveling kaya gini mesti effort banget ngumpulin uangnya. Karena ngga punya gaji bulanan juga.

Kenapa mau ke Thailand?


Thailand itu mirip sama Indonesia. Kaya akan kuliner dan destinasi wisatanya. Wajah orang-orangnya juga nampak sama. Perbedaanya, Thailand bukan negara muslim jadi perlu usaha buat nemuin makanan halal. Masjid ngga sebanyak di Indonesia, tapi bukan berarti ngga ada.

Tom Yam, kuliner Thailand yang wajib dicoba (source : pixabay)

Kalau bisa ke sana, pengen banget wisata kuliner disana. Kenapa? karena buat orang yang hobi makan, kuliner Thailand ngga boleh dilewatkan. Mulai dari street food hingga makanan berat di Thailand, layak dicobain. Tapi, mesti tanya-tanya dulu, halal atau ngga. Karena kan bukan negara muslim, jadi perlu aware juga.

baca Kuliner Thailand Yang Wajib Dicoba Saat ke Thailand

Selain wisata kuliner, pengen kunjungi tempat-tempat yang famous di Thailand. Buat cari referensi, saya baca-baca blog travel blogger yang pernah ke Thailand. Saking banyaknya tujuan wisata di Thailand sampai bingung mau kemana duluan. Yang jelas, destinasi wisata yang mainstream dikunjungi sama turis ya wajib lah dikunjungi kaya; Phi Phi Island, Pattaya, atau Chiang Mai.

Begini loh bagus dan ramenya Cathuchak Weekend Market, makin pengen ke Thailand
 (source : shopjj.co)

Buat yang doyan belanja, cari oleh-oleh di Cathuchak Weekend Market harus banget dimasukin itinerary. Walau ada tempat belanja lain yang katanya lebih murah, belanja di pasar yang cuma buka di weekend aja, kayanya harus yaa. Karena, rasanya belum ke Thailand kalau ngga ke Cathuchak Weekend Market.

baca Tips Membuat Itinerary

Cari Tiket Murah Ke Thailand Lewat JD Flight


Buat mewujudkan mimpi saya supaya bisa ke Thailand, mesti punya tiket ke Thailand dong. Secara kalau mau ke Thailand dengan cepat ya harus pakai pesawat, kecuali kalau kamu sedang menjalankan misi jelajah ASIA pakai sepeda. 

Karena saya blogger yang ngga punya gaji bulanan, jadi ya memang harus nabung. Pernah sih sekali dapat hasil nulis yang lumayan besar, langsung saya beliin tiket pesawat. Walau akhirnya saldo di rekening jadi tinggal 5 digit aja, saya ngga sedih. Karena hasil kerja saya bisa ditukar sama kebahagiaan jalan-jalan di negara orang. 



Saya tipe backpack traveler a.k.a traveler berbudget rendah dan limited. Jadi, kalau mau traveling ya harus rajin hunting tiket promo. Kalau pas belum ada promo ya biasanya ditahan-tahan dulu. Kadang, promo juga hadirnya ngga kita duga. Jadi, kalau udah nemu yang murah, mending buru-buru dibeli. Daripada nyesel dan ngga bisa tidur, kan. 

Untuk traveling ke Thailand ini saya nemu tiket murah di JD Flight. Jadi, iseng aja nyari-nyari tiket promo, eh malah mendarat di JD Flight ini. Kalau dilihat dari namanya, pasti udah bisa ditebak ya kalau situs ini masih sodaraan sama JD.id, situs belanja online yang menjamin keaslian barang-barang yang dijual dan rajin ngasih promo. 

JD Flight


Proses beli tiket di JD Flight tergolong gampang kok. Pertama, masuk ke situs JD Flight di http://flight.jd.id dan sign up dulu yaa supaya mempermudah konfirmasi selanjutnya. 

Kedua, akan akan box pencarian tujuan di sebelah kiri. Masukin tujuan penerbangan dan waktu penerbangan yang akan kita lakukan. Kalau udah, tinggal klik 'cari tiket' aja. Nanti bakal muncul pilihan-pilihan harga tiket sesuai tujuan kita. List paling atas itu adalah yang paling murah dan sure, saya pilih yang paling atas dong. Pilih penerbangan berangkat dan pulang ya paling pas sama kita.



Ketiga, kalau udah dapat yang sesuai, tinggal isi data yang dibutuhkan mulai dari  nama lengkap, tanggal lahir, no paspor, hingga nomor yang bisa dihubungi. Ada opsi pilihan bagasi juga yang perlu diisi. Periksa lagi betul-betul data yang kita masukan. Jangan sampai ada yang skip. Setelah itu tinggal masuk ke opsi pembayaran. 



Keempat, pilih metode pembayaran yang paling sesuai. Karena ngga punya credit card, jadi saya pilih yang paling simpel aja yaitu bayar di Alfamart :) akan ada konfirmasi lewat email yang didaftarkan dan lewat sms juga. 

Kenapa JD Flight?


JD Flight memilihkan harga dan jadwal terbaik buat perjalanan yang bakal kita lakukan. Kalau kaya saya yang sukanya cari yang murah, bakal ditampilkan harga-harga termurah. 

Lewat JD Flight, kita bisa pesan tiket pesawat dengan metode bayar yang bervariasi dan lengkap. Mulai dari pakai kartu kredit, transfer, hingga bayar di alfamart kaya yang saya pilih. JD Flight akan menjaga proses pembayaran supaya aman dan nyaman. 

Satu yang unik, JD Flight punya layanan cicilan 0% selama 3 bulan untuk semua tujuan. Asik ya. Bisa jadi pilihan kalau pas nemu tiket pesawat murah ke negara impian, tapi saldo di tabungan kurang. Pakai JD Flight, makin mudah pesan tiket pesawat buat traveling.



Selain punya JD Flight yang memungkinkan kita dapatin harga tiket pesawat murah, ada JD Hotel yang bisa kita gunakan buat cari-cari hotel di lokasi tujuan. Penting banget ya kita pesan hotel atau hostel saat traveling. Karena ngga mungkin dong nginep di Bandara.  

Let's Traveling!


Udah punya tiket pesawat, hotel juga udah dipesan, tinggal tunggu harinya tiba aja. Sambil nunggu, bisa nabung-nabung buat keperluan selama traveling nanti. Bawa uang secukupnya. Cukup buat makan, cukup buat transportasi selama traveling, dan cukup buat beli oleh-oleh. 

Untuk traveling ke Thailand ini, saya mulai bikin itinerary dan itung-itung budget. Kalau udah ketahuan budget yang diperlukan, nabungnya jadi lebih enak. 

Yuk, semangat nabung buat traveling. Kalau udah cukup uangnya, segera hunting tiket murah di JD Flight. Saat ada yang murah, jangan ragu buat segera beli. Karena kesempatan dapat tiket promo itu kadang ngga datang dua kali. 

Selamat mempersiapkan traveling yaa. Atau mungkin ada yang mau barengan ke Thailand sama saya? 😀😉😀




artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Indonesia Corners dan JD.ID. Artikel ditulis berdasarkan pengalaman dan opini pribadi. 




2 komentar:

  1. Kece banget mbak. Lanjut gih dari Malaysia ke Thailand. Kalau Hat Yai masih gampang cari mushola.

    BalasHapus
  2. Selamat ya, mbak.
    Sudah dipakai nih tiket hadiahnya?

    Iya juga ya, bisa dicontek nih bucket listnya, tuntaskan negara ASEAN ya :)


    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...