Skip to main content

Checklist Barang yang Wajib Dibawa Saat Camping

Camping itu ternyata bikin nagih. Jadi pengen sering-sering ngajak anak camping di alam. Terakhir, ngajak anak (plus keluarga) camping di Pangalengan. Setelah sampai di rumah, anak-anak heboh cerita betapa happynya bisa camping lagi. Karena pas pandemi kemarin itu kan terbatas banget mau kemana-mana, even camping sekalipun.

Barang untuk camping

Walau mempersiapkan barang-barang kebutuhan buat camping itu berasa banget capeknya. Tapi ngga bikin kapok, malah pengen lagi dan lagi.

Baca : Camping bareng Keluarga di Pangalengan 

Konon katanya, kalau kita mau tahu kepribadian atau sifat asli seseorang, bawa deh mereka camping semalam aja. Nanti bakal keliatan gimana mereka menyelesaikan sesuatu. Kalau sama anak, nanti keliatan mana yang cuek, manja, mandiri, atau perhatian.

Kalau buibu belum pernah ngajak anak-anak camping, cobain deh. Walau cuma sekali aja. Lihat respon mereka ketika harus tidur di dalam tenda, di alam terbuka, atau di tengah hutan.

Sebagai panduan, berikut saya tuliskan barang yang wajib dibawa saat camping. Ini based on pengalaman saya ya. Karena, tiap kali mau camping, yang selalu beresin perlengkapan camping ya saya. 

1. Kompor portable ✅

Ngga seru kalo camping ngga sambil masak-masak. Berasa ada yang kurang aja kan. Jadi, kompor kecil perlu dibawa saat camping. Cukup bawa kompor portable seukuran telapak tangan, yang bisa dilipat bagian penyangganya. Saya beli di e-commerce dan harganya ngga sampai 50 ribu. 

Kompor portable ini menggunakan gas portable, untuk harganya cuma sekitar 15ribuan aja.

2. Nesting ✅

Nesting ini adalah cooking set yang biasa digunakan untuk camping. Isinya tuh kaya panci mini, frypan, dan teko. Kalau saya punya yang nesting TNI, bentuknya kotak dan bahannya tebal. 

Kompor untuk Camping
nesting dan kompor portable yang biasa saya bawa camping 

Nesting ini penting banget dibawa saat camping. Karena kalo sudah ada kompornya, ya harus bawa alat masaknya juga dong. Harga nesting yang saya intip di e-commerce itu mulai dari 80 ribuan sampai 200 ribuan. Tergantung jenis dan banyaknya. Makin lengkap, biasanya akan makin mahal.

3. Bahan Makanan ✅

Untuk bahan makanan yang penting dibawa itu diantaranya : beras, minyak atau margarin, telur, sarden atau kornet (kalau ngga suka, bisa skip), mie, sosis. 

Bisa bawa roti tawar dan selai juga buat bikin roti panggang untuk sarapan. Bawa juga kopi, teh, susu, gula. Ini ngga kalah penting ya buat dibawa. Karena kurang lengkap aja kalau camping tapi ngga minum yang hangat-hangat.

Oh iya, jangan lupa juga untuk bawa bumbu seperti bawang merah, bawang putih, cabai, kaldu atau penyedap, garam, kecap, dan saos. Walaupun nantinya ngga terpakai, saya selalu siap-siap aja. Bisa bawa sedikit dalam thinwall kecil. 

4. Alat Mandi ✅

Walau camping di alam, pastikan kita pilih yang ada fasilitas kamar mandinya ya buibu. Kalau ngajak anak, toilet atau kamar mandi penting. Kalau bisa cari yang jarak antara lokasi camping sama kamar mandi ngga terlalu jauh. Perlengkapan mandi seperti sabun, sampo, facial wash, pasta gigi, dan sikat gigi jangan lupa untuk dibawa. Karena biasanya, ngga disediakan dari penyedia camping ground. 

Jangan lupa bawa kantong plastik bersih untuk baju kotor ya. Sekalian juga buat mengumpulkan sampah, jangan sampai meninggalkan lokasi camping dengan sampah bertebaran dimana-mana. Ngga boleh ya.

5. Perlengkapan Shalat dan Keperluan Pribadi ✅

Dimana pun, kalau muslim, jangan sampai lupa bawa perlengkapan shalat. Jangan berpikir 'nanti di sana juga ada'. Walaupun ada, ngga terjamin kebersihannya. Better ya bawa sendiri ya. Sajadah, mukena, dan sarung. 

Untuk keperluan pribadi, bisa seperti minyak telon, minyak kayu putih, bedak untuk anak-anak, sisir, dan obat-obatan basic seperti tolak angin, minyak balur atau minyak angin. Jaga-jaga aja siapa tau ada yang tiba-tiba masuk angin.

6. Tenda dan Perlengkapannya ✅

Ini opsional sih sebenernya. Kalau memang memilih tenda dari penyedia camping ground, boleh aja ngga dibawa tendanya. Jadi, tinggal terima beres aja. Biasanya sudah include kasur, selimut, bantal, lampu, dan colokan. 

Tapi, kalau kaya saya yang anaknya banyak, kudu bawa tenda sendiri juga. Karena kalau sewa tendanya cuma 1 ngga muat, mau sewa 2 kok ya mubazir. Jadi, untuk anak yang sudah besar, mereka pakai tenda sendiri. 

Selain tenda, perlengkapan yang perlu disiapkan juga antara lain tikar plastik, matras, selimut atau bed cover buat alas tidur biar agak empuk. 

Oh iya, jangan lupa buat prepare bawa payung. Ngga bisa nebak juga kan kondisi cuaca sekarang. Kaya pribahasa aja, sedia payung sebelum hujan ;) 

Camping, Wujud Rasa Syukur dan Bonding Keluarga 

Salah satu tujuan camping adalah muhasabah dan tadabbur alam. Melihat dan merasakan betapa indah dan besarnya ciptaan Allah. Di tengah pepohonan, gunung, yang jadi spot camping, rasanya kita jadi kecil sekali. Setidaknya, itu yang selalu saya tanamkan ke anak-anak ketika camping.

Dengan camping, kita juga jadi lebih dekat. Ya memang sih, di rumah pun bisa dekat dan saling ngobrol. Tapi, suasana alam yang jadi tempat camping itu pasti akan berbeda feel-nya. Menyatu dengan alam. Ngobrol sambil mendengarkan suara serangga, suara air, dan suara pohon yang tertiup angin. Masya Allah Tabarakallah. 

Jadi, banyak banget ibrah atau pelajaran yang bisa diambil dari kegiatan camping. Nah, sebentar lagi anak-anak kan libur kenaikan kelas, bisa dari sekarang tuh hunting camping ground. Insya Allah, saya pun mau ajak anak-anak lagi buat camping. Buibu, yuk ajak anak-anak camping juga! 


Comments

  1. Pengeeen banget sebenernya mba. Tapi blm ada kesempatan 😅😄. Aku tuh sekali ikut camping, pas smu, zaman msh aktif pramuka. 😄🤭. Naah ngerasain camping ama anak dan suami belum pernah. Blm kebayang juga nih mereka kuat atau ga hahahahah.

    Secara kami semua ga ada basic atau pengalaman. Zaman aku pramuka mah ga masuk itungan, krn semua udh disiapin kang mas mantan pacar 😂

    Tapi seru sih kalo baca pengalaman temen2. Apalagi kalo viewnya cakep, cuaca lagi bagus, bisa masak di tengah alam. Makanan simple pun bisa jadi nikmat

    ReplyDelete

Post a Comment

Most Wanted