Skip to main content

Liburan Lebaran Camping Bareng Keluarga di Green Corner Camp Pengalengan Bandung

Liburan lebaran kemarin kemana aja buibu? Kalau yang mudik, sudah pasti liburannya ngumpul sama keluarga di kampung halaman ya. Nah, buat yang ngga mudik kaya saya, liburannya ya paling jalan-jalan, atau staycation yang deket-deket aja.

Situ Cileunca

Tiap lebaran, selalu menyempatkan buat pergi ke satu tempat bareng mama papa. Ngajak mereka buat liburan, healing, sambil ngumpul sama cucu-cucu. Tahun ini, tujuannya masih sama kaya tahun lalu, Bandung. Awalnya sih mau ke Garut, cuma karena adik saya ngga punya supir pengganti, jadi ya kasian aja kalau nyetir Bekasi - Garut sendirian. Akhirnya, ya ke Bandung lagi.

Seperti biasa, saya selalu kebagian menentukan tujuan wisata. Jujur bingung banget. Sampai akhirnya kepikiran buat camping aja deh. Adik saya, mama, dan papa ngga tahu kalau mau diajak camping. Jadi bawaan mereka ya bawaan mau staycation biasa aja. Sampai akhirnya, mereka kaget dong pas tahu kalau mau camping.

Camping di Tepi Danau, Menikmati Dinginnya Bandung bareng Keluarga 

Dari rumah, saya sudah prepare perlengkapan camping. Tenda, alas, kompor camping, nesting, peralatan makan, beras, mie, dan bahan makanan lain. Pokoknya memang sudah siap banget mau camping.

Tapi, lokasi campingnya dimana itu belum diputuskan. H-2 jam mau berangkat, saya baru browsing. Akhirnya ketemu dengan Waterfall Adventure, sebuah EO yang fokus di wisata Pangalengan. Saya coba hubungi dan surprise karena fast respons. Saya menanyakan apakah masih ada tenda yang available. Alhamdulillah, masih ada dan kami dipilihkan untuk camp di Green Corner Camp. Mereka ngga minta DP, jadi diminta langsung datang aja ke lokasi. 

Green Corner Camp

Jadi, EO seperti Waterfall Adventure ini kerja sama dengan camping ground- camping ground yang ada di Pangalengan. Ngga cuma camping sih, tapi mereka juga menawarkan activity kaya rafting yang memang hits di Pangalengan.

Sampai Pangalengan, saya dijemput dengan salah satu tim dari Waterfall Adventure. Setelah itu, kami langsung diajak menuju lokasi camping, Green Corner Camp. Saat itu belum deal soal harga. Suami yang saya minta buat nego. Finally, dapat harga 650 ribu per tenda, include sarapan dan makan siang buat 4 orang. 

Rombongan Naik Perahu

Karena spot dekat gerbang sudah full, jadi kami diarahkan untuk camp di 'pulau' seberang :p maksudnya, di spot yang ada di seberang. Tapi untuk mencapai lokasinya, kami harus naik perahu dulu. Aduh, seru banget. Apalagi anak-anak yang baru pertama kali naik perahu, heboh semuanya.

Camping di Pangalengan
naik perahu menuju camping ground 

Ngga jauh juga kok jarak dari spot utama. Tapi di spot camp yang dipilihkan untuk kami, beneran lebih enak. Areanya lebih luas dan landai. Lebih cocok buat yang bawa anak-anak. Karena anak-anak bisa bebas main dan lari-larian. 

Kami booked 2 tenda, totalnya 1.3 juta. Menurut saya, harga segitu sudah sangat worth it. Tenda yang kami booking sudah termasuk 4 kasur yang masing-masing sudah termasuk bantal dan selimut. Dapat colokan, lampu, dan tikar plastik. Tendanya juga besar yang bisa muat sampai 4 dewasa plus 2 anak.

Camping Ground Pangalengan

Camping Pangalengan

Karena saya punya 2 anak yang sudah bujang, jadi mereka agak enggan gitu loh tidur setenda sama orangtuanya. Lagian memang ngga muat juga sih, karena udah ada 3 adik di tenda. Jadi, tenda yang kami bawa dari rumah, akhirnya dipasang juga.

Kalau bawa tenda sendiri, hanya bayar masuk atau sewa lahan aja. Bayarnya cuma 35 ribu/orang. Pasang tendanya bisa bebas dimana aja. Untuk tambahan listrik, biayanya 20 ribu.

Ketika malam, suhu udara makin turun. Lumayan bikin menggigil. Buat mengurangi hawa dingin, saya mengeluarkan kompor buat panggang sosis dan masak mie. Memang pas banget deh suasananya. Dingin-dingin, makan yang bikin hangat. Tapi saking dinginnya, mie yang baru dibuat cepet banget dinginnya. Bahkan saat bikin kopi pun, kopinya jadi cepat adem. 

Fasilitas 

Untuk fasilitas yang disediakan pihak Green Corner Camp, terbilang cukup lengkap. Ada mushola yang walau kecil, tapi cukup lah buat 2-4 orang shalat di dalamnya. 

Ada banyak kamar mandi yang cukup bersih. Walau sederhana, tapi bersih dan ngga bau. Itu penting kalau buat saya. Cuma ya tetap berharap kalau kamar mandinya dibuat lebih nyaman lagi aja sih. Antar kamar mandi dibuat lebih aman, supaya ngga ada kesempatan orang-orang iseng buat ngintip. Karena memang, kamar mandinya tuh ngga full ketutup, agak worry pas masuk.

Buat yang mau ngopi atau makan mie, ada warung kecil yang menyediakan. Walau kecil, cukup lengkap juga sih. Bahkan margarin pun ada. Pas waktu kemarin itu, saya lupa banget beli margarine buat panggang sosis dan roti. Eh Alhamdulillah ternyata di warung kecil itu ada.

Liburan sambil Muhasabah 

Tidur di dalam tenda, ditemani suara serangga. Masya Allah Tabarakallah, maka nikmat Tuhanku yang manakah yang aku dustakan. Benar-benar jadi momen buat muhasabah diri. 

Ketika pagi, bisa menikmati matahari terbit. Berjemur tapi ngga bikin kepanasan, karena udaranya masih tetap dingin. Memerhatikan lukisan alam buatan Allah. Ada siluet gunung yang entahlah itu gunung apa.

Situ Cileunca Bandung

Yang paling bikin adem, ketika melihat air di danau yang mengalir perlahan. Ketika dilihat pada pagi hari, ada kabut yang berjalan di atas air danau. Masya Allah Tabarakallah. 

Ada saung di pinggir danau yang akhirnya jadi tempat merenung. Melihat perpaduan kabut, danau, pepohonan, suara burung, dan air danau. Sebuah harmoni yang indah. 

Jika kamu belum pernah camping, coba deh walau sekali seumur hidup. Tidur menyatu dengan alam, menikmati tiap hembusan nafas dengan hati yang lebih bersyukur.

Buat kamu yang lagi cari tempat camping, Green Corner Camp bisa jadi pilihan ya. Atau, bisa juga hunting camping ground lain di area Situ Pangalengan yang cukup banyak. Mau yang mewah ada, yang sederhana pun ada. Sesuaikan dengan budget aja.

Comments

  1. Beneran ih jadi pengeeen banget cobain kemping abis baca tulisan mba 😍😍. Liat bagian dalam tendanya aja udh semangat. Kebayang anak2 juga seneng kali, krn ini pengalaman baru buat mereka.

    Naah masalah kamar mandi aku termasuk picky sih mba. Buatku memang yg penting bersih. Tapi kalo bisa nyaman, lebih bagus yaa 😄. Apalagi yg mudah gelian .. Dan jangan gelap2 hahahaha. Aku penakut 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saran aku, mba fanny cobain versi glamping dulu aja mba. Nah, di sekitaran Pangalengan ini banyak banget wisata glamping. Tidurnya tetep pake tenda, cuma tendanya mewah, dan udah include toilet di dalamnya. Buat glamping, biasanya ada di pinggiran sungai, lebih seru lagi mba.

      Delete

Post a Comment

Most Wanted