Skip to main content

Menu Buka Puasa Favorit yang Selalu Ada di Rumah

Salah satu yang paling dinantikan saat puasa itu adalah momen buka puasa. Seharian nahan lapar dan haus, lalu ketika adzan Maghrib berkumandang, bahagia banget. Karena memang kata Allah, momen berbuka puasa itu momen bahagia dari Allah. Makanya, harus disegerakan. Bergembira karena telah sampai di akhir waktu puasa.

Menu Buka Puasa

Momen jelang berbuka, lalu nyari makanan buka puasa itu momen paling seru. Sampai-sampai, ada war takjil yang viral banget. Saya sampai takjub sama orang-orang, bahkan yang non Islam yang pada war takjil. Ada perasaan bahagia, karena momen war takjil itu kaya membuktikan, kalau Ramadan itu momen yang menyenangkan. Ngga cuma buat ummat muslim, tapi juga buat mereka yang non-muslim. Pokoknya rame banget deh di media sosial, soal war takjil ini.

Dari sekian banyak makanan buka puasa, ada yang selalu ada di rumah. Pokoknya ngga boleh skip. Kalau pas ngga kebagian, bisa bete banget jadinya. Apa aja makanan buka puasa yang sering ada di rumah saya?

Kurma 

Ini wajib ada. Jadi sebelum masuk bulan Ramadan, saya sudah order kurma yang 3 kilo. Alhamdulillah, cukup sampai akhir Ramadan.

Buka puasa dengan kurma juga Sunnah yang diajarkan Rasulullah. Jadi ada pahalanya. Jenis kurma yang selalu saya beli itu kurma Sukari. Teksturnya lembut dan manis. Pas aja buat buka puasa. 

Lontong Isi

Ini yang bikin Ramadan jadi khas banget. Lontong isi yang dibungkus daun pisang, biasanya berisi oncom atau wortel dan kentang. Lontong isi ini harus selalu ada buat menu buka di rumah. 

Kenapa harus lontong isi? Karena kalau saya sendiri, ngga biasa buka puasa trus makan nasi. Jadi, nyari alternatif yang bikin kenyang tapi ngga bikin begah juga. Sesekali, kalau pas buka puasa di luar, baru deh makan nasi. Tapi kalau buka puasa di rumah, menunya pasti akan selalu ada lontong isi. 

Gorengan

Iya tau, kebanyakan makan gorengan ngga baik buat kesehatan. Tapi pasangan makan lontong isi yang paling pas ya cuma gorengan. Makan gorengan juga kan ngga banyak-banyak. Beli gorengan juga paling hanya 8 biji buat dimakan sekeluarga. 

Gorengan yang paling saya suka itu risol isi bihun. Favorit banget, apalagi makannya pakai sambal kacang yang pedas. Mantap.

Selain risol, biasanya saya juga beli bakwan, tempe dan tahu goreng. Gorengan bikin makan lontong jadi makin enak. Lontong sama gorengan ya dipotong-potong, terus disiram sama sambal kacang. Enak banget. 

Teh Manis Hangat 

Ini juga selalu ada tiap buka puasa. Saya suka bikin satu teko teh manis. Satu teko itu pas buat sekeluarga. Makan lontong isi, gorengan, lalu minum teh manis hangat. Pas sekali. 

Kalau untuk buka puasa pas adzan Maghrib sih hanya air bening. Disambung dengan makan kurma, lalu makan lontong plus gorengan deh. 

Teh manis hangat juga bisa mengembalikan energi, setelah seharian buka puasa. Rasanya hangat di perut, lalu bisa kembali segar aja jadinya. 

Selain kurma yang wajib ada, lontong dan gorengan yang jadi menu favorit buka puasa, saya juga suka beli es buah. Ngga sering sih, bahkan seminggu sekali pun ngga. Belinya pas anak-anak minta aja. Karena kalau buka pakai es itu rasanya ngilu aja. 

Untuk kolak, yang jadi ikon menu buka puasa Ramadan, jarang sekali jadi menu buka puasa saya di rumah. Kalau lagi kepengen banget makan kolak, baru deh bikin sendiri. Ya kalaupun mager, tinggal beli aja.

Jadi, itu sih menu buka puasa yang selalu ada di rumah. Memang setiap hari selalu ada. Alhamdulillah, banyak yang jual jadi ngga perlu repot-repot bikin sendiri. 

Selain berkahnya ibadah yang kita lakukan di bulan Ramadan, momen buka puasa dengan menu favorit itu ya jadi momen yang ngga akan sama di bulan-bulan lain. Rasanya beda deh pokoknya. 

Kalau kamu, apa menu buka puasa yang selalu ada di rumah? 


Comments

  1. Ya Allah, iya loo.. lontong isi ini kalau di Bandung ko enak bangeeett yaah..
    Karena di Surabaya jadinya lemper kaan.. pake ketan.
    Meski sama-sama bikin kenyang, tapi biasanya isiannya suka bedaaa.. Enaknya tuh sekali haapp! kenyang dan memenuhi semua kebutuhan kalori. Hihihi...

    Berasa makan gimbap versi Jawa tah..

    ReplyDelete

Post a Comment

Most Wanted