Skip to main content

Buka Puasa Bareng Keluarga di D'Eng Malay Food

Rasanya kurang afdol kalau lagi Ramadan, tapi ngga ngajakin anak-anak buat buka puasa di luar. Minimal banget satu kali, saya bikin agenda buat buka puasa selain di rumah. Biasanya saya pilih mall, biar sekalian main dulu sambil nunggu waktu buka puasa.

D'Eng Malay Food

Kali ini, saya ngajak anak-anak buat mall dekat rumah. Sengaja pilih yang ada bioskopnya, biar anak-anak yang lebih besar bisa nonton dulu. Yang kecil, ikut ibu bapaknya aja keliling mall. Senang sekali kalau bisa bikin anak-anak hepi. Mana anak-anak juga ngga banyak nuntut. Mau diajak kemana aja ya hayo aja mereka.

Abang, Kaka, sama Cici saya pilihkan film 'Agak Laen' aja. Karena cuma itu satu-satunya film yang cukup aman buat mereka. Setelah mereka masuk bioskop, saya dan 2 anak terkecil, jalan-jalan aja di sekitaran mall, sambil lihat-lihat resto mana yang kira-kira enak buat buka puasa nanti.

Setelah beres nonton, shalat ashar, kami langsung ke resto yang sudah saya pilih. Tadinya suami ngajak makan ramen, tapi saya dan anak-anak pengennya makan nasi. Ketemulah dengan D'Eng Malay Food yang saya rasa cocok. Resto yang menawarkan berbagai macam makanan Malaysia, sudah pasti bisa diterima sama lidah anak-anak. Saya juga hepi karena bisa makan nasi lemak.

Aneka Macam Makanan Malaysia 

Baru pertama kali tau ada resto D'Eng Malay Food ini. Dilihat dari namanya, sudah tertarik karena jadi bikin kangen Malaysia. Ketika buka-buka buku menu, banyak banget varian makanan Malaysia yang mereka sediakan.

D'Eng Malay Food

D'Eng Malay Food  Bekasi

D'Eng Malay Food yang saya kunjungi ini ada di Revo Mall, Bekasi. Tapi selain di Bekasi, D'Eng Malay Food juga ada di Pluit Jakarta. 

Lokasi resto ada di upper ground dekat pintu masuk. Di lantai upper ground banyak juga pilihan resto, karena jadi pusatnya kuliner. Plus, jadi lantai yang terhubung langsung dengan stasiun LRT. Kebayang pas hari kerja, pasti rame banget mall ini.

Untuk pilihan makanan, seperti biasa saya membebaskan anak-anak untuk pilih sendiri. Kali ini, pilihan makanan kita beda semua, kecuali kakak sama Aa, mereka pengennya samaan aja katanya. Berikut makanan yang kami pesan;

  • Koay teow (kwetiau) siram seafood - 45K
  • Nasi lemak rendang (ayam) - 49K
  • Nasi hainan - 47K
  • Nasi spicy chicken - 45K
  • Nasi chicken wings honey souce - 47K
  • Roti canai - 28K
  • Juice buah naga - 33K
  • Kopi Tarik - 29K
  • Teh Tarik - 27K
  • Es Teh Manis - 17K

D'Eng Malay Food
Koay Teow Seafood Pesanan Suami

Koay teow siram seafood ini pesanan suami. Porsinya besar dan banyak banget. Kalau saya yang makan, ngga bakal habis deh saking banyaknya. Isiannya melimpah, ada cumi, udang, baso ikan, sawi, kembang kol, wortel, jamur, dan kwetiau yang diletakkan di bagian bawah. Jadi kwetiaunya ngumpet gitu. Rasanya lumayan enak menurut suami. 

Nasi Lemak
Nasi Lemak My Luv 

Kalau saya, off course pesan nasi lemak. Saya pesan nasi lemak rendang ayam yang ternyata enak dan otentik rasanya, mirip kaya yang saya makan di Malaysia. Nasi lemaknya wangi dan pulen. Ikan teri, kacang, dan sambalnya juga enak. Rendangnya, mantap juga. Sayangnya saya dikasih bagian dada, padahal sudah request paha. Jadi, untuk menghabiskan daging ayam bagian dada ini buat saya effort sekali. 

D'Eng Malay Food
Spicy Chicken 

Abang pesan nasi spicy chicken. Ayamnya dipotong kecil-kecil dengan tambahan potongan cabai dan saus yang lumayan pedas. Menurut Abang, rasanya cukup enak. Apalagi memang pas lagi lapar-laparnya karena puasa.

Kalau Kakak sama Aa, mereka pesan nasi hainan. Ada yang menarik sih di Nasi Hainan D'Eng Malay Food ini. Karena untuk kuah kaldunya, mereka menambahkan tauge. Setau saya, kalau nasi hainan itu ngga pakai tauge di kaldunya. Jadi hanya kuah aja. Untungnya, Kakak sama Aa doyan tauge, jadi aman, semuanya kemakan. 

D'Eng Malay Food
Literally Makan Pakai Tangan

Ada yang lucu, karena Aa menolak pakai sendok buat makan. Jadi dia makan nasi hainan pakai tangan, kaya lagi makan nasi Padang aja. Gemes banget liatnya. Anak umur 5 tahun, tapi pinter banget bisa makan pakai tangan langsung ;) 

Pas ditanya gimana rasa nasi hainannya, menurut kakak dan Aa enak. Saya sempat cobain kuah kaldu yang ditambahkan tauge, ya lumayan sedap dan gurih.

Untuk Cici, pesanannya nasi plus wings honey sauce. Menunya bukan paket, jadi ordernya terpisah. Pesanan dia yang paling terakhir diantar, kasian juga. Mana abis puasa kan lapar ya. Makanan saya sudah mau habis, pesanan Cici baru diantar. Untungnya dia ngga pake ngambek, cuma cemberut karena kelamaan aja nunggunya.

Untuk rasa wings honey sauce nya, cukup enak dan jadi rebutan pengen nyobain chicken wings pesanan Cici.

Roti canai
Roti Canai untuk Penutup

Roti canai kuah kari yang kami pesan buat menu penutup, approved. Enak dan kuah karinya mantap. Mirip banget seperti yang kami makan ketika di KL dulu.

Untuk minuman, saya pesan kopi tarik. Ini kali pertama saya minum kopi tarik. Biasanya kalau ke resto Malaysia, pesannya pasti teh tarik. First impressions minum kopi tarik, saya ngga suka. Pahit dan akhirnya saya berikan ke suami yang memang lebih suka kopi pahit. Lalu menurut suami, kopi tariknya enak. Beda selera ya gitu deh jadinya.

D'Eng Malay Food

Teh tarik di D'Eng Malay Food ini enak dan approve karena mirip kaya yang di Malaysia. Kalau jus buah naga dan es tehnya ya sama kaya yang dijual di tempat lain.

Serasa Makan di Malaysia 

Menu utama yang mereka tawarkan memang makanan Malaysia. Tapi selain Malay Food, mereka juga menyediakan makanan khas Indonesia seperti soto, rawon, sop buntut, dan yang lainnya.

Over all, rasa makanannya enak dan menurut saya mirip seperti yang saya makan di Malaysia. Jadi kaya serasa makan di Malaysia gitu loh. Mengobati kangen liburan ke negaranya Upin Ipin.

Kalau untuk harga, menurut saya masih cukup terjangkau, ngga terlalu pricy. Kalau dibanding dengan resto sejenis, D'Eng Malay Food ini cukup affordable. 

D'Eng Malay Food Bekasi

Untuk restonya sendiri cukup bersih dan rapih. Suasananya dibuat kaya lagi makan di rumah. Hangat dan tenang.

Nambah lagi deh referensi resto malaysian food yang bisa dikunjungi. Kalau lagi pas kangen pengen makan nasi lemak, tinggal ke D'Eng Malay Food aja. Sayangnya, mereka ngga jual karipap. Karena salah satu makanan Malaysia yang bikin saya kangen itu karipap. 


D'Eng Malay Food 

📍Revo Mall (upper ground)

Jl. Ahmad Yani, RT.005/RW.002, Pekayon Jaya, Kec. Bekasi Sel., Kota Bks, Jawa Barat 17148





Comments

Most Wanted