Skip to main content

Pengalaman ke Masjid Raya Al Jabbar : Shalat Subuh dan Sarapan Lontong Kari

 

'Mah, ke Masjid Al Jabbar yuk!' saya mengirimkan pesan singkat lewat WhatsApp ke mamah. Ngga pakai lama, mamah pun kasih balasan 'Alhamdulillah, udah lama mamah mau ke masjid Al Jabbar' (speechless). Saya ngga tau mamah kepengen banget ke Masjid Al Jabbar, sampai akhirnya tiba-tiba, suami random banget ngajak shalat subuh di Masjid Al Jabbar. Akhirnya saya ngajak mamah, papah, dan ibu mertua.

Masjid Al Jabbar

Kami berangkat dari rumah sekitar jam 2 pagi. Perkiraan sampai di Masjid Al Jabbar itu jam 4. Cukup untuk kami bisa siap-siap shalat subuh. Sampai di Masjid Al Jabbar pukul 3.30, lebih cepat dari perkiraan. Karena ternyata tol lengang sekali, jadi bisa lebih cepat sampai. 

Kami pikir jam shalat subuh ngga terlalu ramai lah ya. Tapi kami salah. Sampai di kawasan Masjid Al Jabbar, kami sudah ngga kebagian parkir. Bus-bus luar kota padat sekali. Saya yang lagi hamil saat itu, pusing banget liat orang kok seramai itu. Akhirnya dapat space parkir di pinggir jalan, Alhamdulillah ada kang parkir yang bantu cariin.

Masjid Raya Al Jabbar Bandung
suasana masjid sebelum adzan subuh 

Beres parkir, kami langsung menuju masjid. Di pinggir-pinggir jalan menuju masjid banyak sekali pedagang, rasanya malah kaya tempat wisata dan jujur jadi bikin kumuh. Karena, ngga teratur aja pedagangnya.

Masuk ke pelataran masjid, alas kaki harus dilepas. Alhamdulillah tuh kalau kemana-mana suka bawa foldable shopping bag, jadi bisa buat taruh alas kaki deh. Buat yang ngga bawa kantong plastik, banyak kok yang jual. 

Masjid Raya Al Jabbar
area wudhu outdoor

Setelah memastikan alas kaki aman, kami langsung arah tempat wudhu. Area tempat wudhu yang di dalam, ada juga yang di luar. Tapi buat perempuan, akan lebih aman wudhu di dalam sih ya. Ada toilet juga di area wudhu. Kran untuk wudhunya banyak, jadi kalaupun antri, pasti cepat kok. Saat saya wudhu, ngga ada antrian sama sekali. Yang ngantri justru di toilet. Sampai dijagain petugas, saking panjang banget antriannya.

Setelah wudhu, saya masuk ke area masjid lewat tangga yang bersebelahan dengan area wudhu. Tangganya cukup tinggi, kalau bareng sama lansia atau anak-anak, harus diperhatikan banget.

Masjid Raya Al Jabbar, Masjid Indah Kebanggaan Jawa Barat

Saat kaki masuk ke dalam masjid, menapak pada karpet tebal dan empuk berwarna hijau, saya terkagum. Masya Allah Tabarakallah.  Saya yang saat itu berjalan bersama mamah dan ibu mertua, ngga berhenti terkagum-kagum. Beneran cantik dan mewah banget masjidnya. Pantas aja, ramai terus sama orang yang berkunjung. Bahkan, ngga cuma didatangi warga Jawa Barat aja, tapi warga di luar Jawa Barat pun banyak.

Masjid Raya Al Jabbar
ngga berhenti kagum sama desainnya 

Setelah melaksanakan shalat subuh, kami memilih untuk mendengarkan kultum dulu. Sayang aja kan, kalau buru-buru pulang. Masih belum puas eksplor Masjid Al Jabbar ini. 

Kultum selesai, kami pun bersiap meninggalkan masjid. Mamah sempat minta foto buat kenang-kenangan. Banyak sekali jama'ah yang malah foto grup. Dengan baju dan jilbab seragam, mereka berbaris membelakangi mihrab. Pesona Al Jabbar memang bikin siapapun ingin foto, mengabadikan tiap sudutnya. Yang kalau kata anak gen Z, Instagramable. 

Setelah berada di teras masjid, kami ngga langsung pulang. Tapi foto bareng dulu. Kemudian, berjalan-jalan melihat betapa megah dan indahnya Masjid Al Jabbar ini. Mamah sampai berkali-kali bilang 'Ya Allah bagus banget ya'.

Saya ngga nyangka aja masjid yang diresmikan pada 30 Desember 2022 ini jadi seperti magnet. Banyak yang berbondong-bondong datang, bahkan banyak yang dari luar Jawa Barat, demi bisa melihat dan shalat di Masjid Raya Al Jabbar. Kalau biasanya melihat masjid dengan desain yang biasa, melihat Al Jabbar berasa luar biasa sekali.

Tapi sayang nih, karena kebijakan tentang alas kaki, yang harus dibawa dan banyak yang menjual kantong plastik, akhirnya sampah plastik kresek banyak banget. Ini beneran banyak sampai keluar-keluar dari tong sampah saking penuhnya. Belum lagi bau tong sampah yang menguar aduhai. Bikin Khal ribut bilang 'bau banget sih, ihh bauu' sambil tutup hidung. Yang saya lihat saat itu, jadi kumuh banget. Masjidnya sudah bagus dan indah sekali, tapi orang-orang masih belum bisa jaga kebersihan. 

Setelah puas melihat-lihat, kami pun beranjak keluar area masjid untuk cari sarapan. Pilihan saya jatuh ke lontong kari. Tiap ke Bandung, pengennya tuh sarapan pakai lontong kari. Pernah nemuin yang enak dan cocok di lidah. Tapi sayang, sampai beberapa kali ke Bandung, pun saat ke Al Jabbar ini, lontong karinya ngga sesuai ekspektasi. 

Beres sarapan, kami memutuskan buat kembali ke mobil. Di perjalanan kembali ke parkiran, pedagang malah tambah ramai dari awal kami datang. Saya sempat beli cilok karena kayanya menggoda sekali. Khal sandalnya putus dan pas banget ada yang jual sandal, jadi jajan sandal juga. 

Masjid Raya Al Jabbar Bandung

Ngga lama setelah kunjungan saya ke Masjid Raya Al Jabbar, ada info kalau masjid ditutup sementara untuk perapihan. Ada relokasi pedagang juga. Alhamdulillah, nantinya bisa lebih rapih. Karena jujur, pedagang saat itu posisinya kan random gitu, jadi keliatan berantakan banget. Padahal masjidnya sudah cakep, pemandangan di luar masjid ini yang memang harus dibenahi. 

Tentang Masjid Raya Al Jabbar 

Masjid Al Jabbar ini ngga hanya buat ibadah, tapi juga jadi tempat kita belajar. Ada museum sejarah Rasulullah yang berada di lantai dasar. Selain belajar tentang perjalanan Rasulullah menyebarkan agama Islam, di museum itu juga ada cerita tentang sejarah perkembangan Islam di tanah air dan Jawa Barat.

Masjid Raya Al Jabbar

Masjid Al Jabbar ini menjadi masjid besar atau masjid Raya pertama yang berada di tingkat provinsi. Didesain oleh Ridwan Kamil sejak tahun 2015. Uniknya, masjid ini dibangun dengan luas lantai 99 x 99m² sesuai dengan angka Asmaul Husna. 

Yang bikin masjid ini terlihat cantik, mewah, dan modern banget adalah arsitekturnya. Masjid Raya Al Jabbar ini dirancang dengan perpaduan arsitektur modern kontemporer, dengan aksentuasi masjid Turki. Ada hiasan seni dekoratif khas Jawa Barat, sebagai ciri khas juga. Bangunan utama masjid, ngga ada partisi antara dinding, atap, dan kubah. Ketiganya dilebur jadi satu, membentuk setengah bola raksasa.

Di langit-langit masjid, ada tulisan 'Allah' yang gede banget. Masya Allah, ini yang bikin saya terpesona juga karena jadi cantik banget. 

Masjid Raya Al Jabbar ini dikelilingi sama danau. Luas keseluruhan itu sekitar 26 ha. Danau buatan ini dibuat sebagai retensi banjir dan penyimpanan air. Hadirnya danau ini juga dimaksudkan sebagai refleksi yang menjadikan masjid ini jadi bulat utuh.

Rute ke Masjid Raya Al Jabbar

Untuk bisa sampai ke Masjid Al Jabbar, bisa keluar tol Pasteur. Seperti yang saya lakukan, setelah keluar Pasteur, tinggal ikutin maps aja. 

Kalau mau yang lebih cepat, bisa keluar di exit tol KM 149 Gedebage. Kalau dari Gedebage ini, jalannya sudah ngga terlalu jauh. Tapi menurut informasi yang saya baca, bisa juga lewat exit tol KM 151, yang jadi akses menuju stasiun kereta api cepat Jakarta Bandung, stadion Gelora Bandung Lautan Api, dan Summarecon Bandung.

Akses ke Masjid Al Jabbar lancar dan jalanannya juga ngga ada masalah. Tapi kemarin itu, suami sempet masuk jalan yang ngga terlalu besar. Tapi cukup buat 2 mobil, jadi aman sih. 

Masjid Raya Al Jabbar

Belum puas sih eksplor Masjid Raya Al Jabbar, kebanggaan warga Jawa Barat ini. Insya Allah, pengen balik lagi. Pengen lihat museum sejarah Rasulullah juga. Malah punya ide ngajak anak-anak buat i'tikaf Ramadhan nanti di Masjid Raya Al Jabbar. Semoga nanti kesampaian.




Masjid Raya Al Jabbar

📍Jl. Cimincrang No. 14, Cimincrang, Kec. Gedebage, Kota Bandung, Jawa Barat 40292


Comments

  1. Udah lama pengen ke sini tapi belum kesampaian. Ternyata dari dini hari pun udah penuh ya, huee. Alhamdulillah sih yaa. Yang penting dalamnya juga luas dan tetap nyaman untuk beribadah, plus cakep banget yaa. Tempat wudhunya aja cakep :D

    Jadi tambah pengen ngajak anak-anak ke sini juga, karena ternyata ada museum sejarah Rasulullah juga.

    ReplyDelete
  2. Mungkin enaknya kesini pas Weekday kali ya. Biar agak sepian dan enak buat ambil foto. Salam kenal mbak

    ReplyDelete
  3. Aku juga belum pernah kesini mba 😍. Moga nanti kalo bisa ke Bandung lah. Karya bangunan pak RK memang selalunya bagus2 👍.

    Tapi semoga setelah nanti penjual2 nya di relokasi, tempat sampai diperbanyak, jadinya bikin kumuh dan kotor lagi yaa. Sayaaang bgt soalnya. Apalagi kalo sampe dilihat wisatawan asing kan

    ReplyDelete

Post a Comment

Most Wanted