Skip to main content

Short Escape, Ibu Hamil Traveling Sendirian Ke Singapura Dan Malaysia

 

Kalau dipikir, suka amaze sama diri sendiri yang bisa ngelakuin ini dan itu by self. Kaya short escape yang saya lakuin akhir tahun 2022. Ketika usia kehamilan masuk 5 bulan. Baby bump a.k.a perutnya sudah keliatan membuncit. Tapi kalau ditutupin sama jaket, masih ngga keliatan juga sih.

Rain Vortex Jewel Changi

Kalau diingat, rasanya happy banget bisa kembali naik pesawat. Saya sengaja pilih penerbangan paling pagi ke Singapura. Supaya punya banyak waktu eksplor Changi sebelum ke pusat kota. Berangkat dari rumah dini hari dan Alhamdulillah bisa shalat subuh di bandara. 

Ketika nunggu waktu boarding, sempet kenalan sama seorang perempuan yang baru pertama kali keluar negeri. Lewat obrolan, ternyata dia cerita kalau akan bekerja di Singapura. Perempuan yang mungkin usianya awal 40an, meminta tolong saya untuk membantunya menunjukkan jalan ke proses imigrasi di Changi.

Setibanya di Changi, saya memilih jalur berbeda dengan perempuan itu. Bukan tidak mau membantu, tapi saya dikasih reminder sama teman untuk tidak se-rombongan dengan mereka yang tujuannya bekerja atau sebagai Pekerja Migran Indonesia. Karena dikhawatirkan, saya akan dianggap sebagai pekerja juga, padahal kan cuma mau liburan aja. 

Karena petugas imigrasi melihat saya sedang hamil (saya usap-usap perut biar ter-notice), saya diminta pindah ke jalur prioritas. Alhamdulillah.

Kenapa nekat jalan sendirian padahal lagi hamil? 

Ketika memutuskan buat traveling sendirian, yang tahu kalau saya hamil lagi hanya keluarga inti, suami dan anak-anak saja. Even orangtua sendiri pun, ngga saya kasih tahu kalau saya sedang hamil. Saya cuma bilang ke suami, mau refreshing sebelum kembali ngurus bayi. Nanti bakal sibuk sama bayi, waktu yang ada pasti akan terpakai buat ngurusin bayi, dan tentu saja kakak-kakak si bayi. 

Saat itu sudah kebayang gimana akan kembali hectic dengan urusan mandiin bayi, nyebokin bayi, ngasih makan, gendong sana sini, ngajak main, dan banyak hal lain.

Akhirnya, setelah suami dan anak-anak mengizinkan, langsung deh berangkat. Alhamdulillah, bisa dapat tiket promo hasil hunting beberapa bulan yang lalu. Memang, kalau mau dapat harga tiket pesawat yang murah, huntingnya ya kudu dari jauh-jauh hari. 

Negara tujuan #shortescape ya ngga jauh-jauh, cuma Singapura. Berangkat dari Soekarno Hatta jam 6 pagi, sampai Singapura jam 8 waktu Singapura. Perbedaan jamnya cuma 1 jam aja kok. Jadi sebenarnya kalo di Indonesia masih jam 7. Perjalanan lancar dan ngga ada kendala.

Ngapain dan keman aja selama di Singapura? nanti bakal kutulis di Blogpost sendiri ya. 

Sesampainya di Changi, langsung ke proses imigrasi dan ambil koper. Salah satu tujuan ke Singapura lagi, pengen ke Rain Vortex a.k.a air terjun Jewel Changi. Cukup gampang kok kalo mau ke air terjun ini, karena petunjuk jalannya sangat jelas. Cuma perlu tenaga aja buat ke sana, karena ya harus jalan lumayan jauh.

Rain Vortex Jewel Changi


Cukup melelahkan memang karena harus jalan sendirian. Sambil dorong-dorong koper pula. Tapi setelah ketemu sama air terjun hits itu, kebayar capeknya.

Sempet bikin maternity shoot buat kenang-kenangan. Buat memori yang bisa diceritakan ke bayi ketika dia besar nanti. Mission completed deh.

Di Singapura hanya 2 malam, setelah itu langsung nyebrang ke Malaysia. Seperti biasa, saya ke Malaysia dan lanjut ke Kuala Lumpur lewat jalur darat. Lebih menyenangkan buat saya. Walau harus berjam-jam duduk di bus. Tapi tidak apa-apa, karena saya happy sekali. Sudah kebayang karipap, teh tarik, dan nongkrong sore di depan air mancur Suria Mall Kuala Lumpur.

Karena sudah beberapa kali ke Kuala Lumpur, jadi cukup hapal sama jalannya. Jalan santai sendirian buat makan di Yusof Zakir. Melewati gang, melihat warga lokal yang lalu lalang. Jadi merasa kaya warga lokal juga deh.

Twin Tower Kuala Lumpur

Sayangnya, di traveling ini saya ngga sempat mengunjungi masjid, even itu Masjid Jameek atau Masjid Negara. Padahal pengen tapi cuacanya lagi ngga mendukung sekali. Sempat kehujanan pula karena ngga bawa payung. Akhirnya sore itu langsung ke KLCC, lihat twin tower sambil jalan-jalan sore di taman.

Jalan-jalan jauh gitu, apa ngga takut sama kandungannya? 

Apa ibu hamil boleh traveling? Kenapa ngga ya kan. Saya juga sadar dan tahu diri ya. Ngga nekat pergi tanpa konsultasi dulu ke dokter. Alhamdulillah, ketika saya cerita ke dokter kandungan soal mau traveling, beliau langsung kasih izin.

Dokter sudah memastikan kalau kandungan saya aman. Jadi kalaupun mau naik pesawat ya ngga masalah. Dikasih surat izin terbang juga sama dokter supaya bisa dapat prioritas. Sebagai info juga buat pihak maskapai, kalau ada ibu hamil di dalam penerbangan mereka. Alhamdulillah pas check in dan bilang sedang hamil, dapat prioritas buat masuk duluan ke pesawat.

Selama traveling juga bawa obat dan vitamin dari dokter. Biar tetep aman aja selama traveling. 

Karen memang tujuannya mau refreshing, jadi di traveling kali ini, saya ngga bikin itinerary mau kemana dan kemana. Pokoknya seenak kaki melangkah aja. Tapi agak sedih juga karena ngga sempet ke Garden By the Bay. Padahal pengen lihat perubahannya kaya gimana, setelah terakhir ke sana tahun 2018. 

Buat saya, di #shortescape edisi lagi hamil ini bener-bener bikin happy. Karena akhirnya bisa traveling lagi setelah pandemi. Bisa naik pesawat lagi, bisa jalan-jalan ke negara orang lagi, bisa makan nasi lemak lagi ;) 

Setelah traveling, tinggal siapin mental buat lahiran dan ngurus bayi lagi deh. Alhamdulillah, tangki cinta dan bahagianya penuh, jadi pas lahiran hingga kini si bayi sudah MPASI aman-aman aja.

Jadi, siapa bilang ibu hamil ngga bisa traveling sendirian? Selagi semua dipersiapkan dengan baik dan usia kandungan juga aman, jangan ragu buat traveling yaa 

Comments

Most Wanted