Skip to main content

Traveling Recap, Kemana Aja Selama Jadi Blogger


Memulai awal tahun dengan kembali nulis di blog traveling yang sepertinya sudah penuh sarang laba-laba. Judul tulisannya pun gegayaan bikin traveling recap :p padahal mah traveling jauhnya ya ngga banyak-banyak amat.

Traveling Gaya Ransel


Awal tulisan di tahun 2024 di Gaya Ransel ini juga sebagai awal berpartisipasinya saya di Blog Challenge bareng temen-temen blogger lain. Emang ya, ngalahin rasa malas dalam diri sendiri itu effort sekali. Tapi sekalinya, bisa dikalahkan, apapun yang menghalangi ya bakal dilibas.

Baiklah, tulisan pembuka tahun ini bakal berisi traveling recap saya selama menjadi seorang blogger. Maksudnya, akan lebih spesifik dengan perjalanan yang semua-muanya hasil dari ngeblog. 

2015 jadi awal keseriusan saya memonetasi blog Risalah Husna. Selang setahun kemudian, saya membuat blog khusus traveling yang saya beri nama Gaya Ransel. Kenapa pilih nama Gaya Ransel? Karena saya fokus ke traveling ala backpacker, dimana ciri khasnya tuh simple dan berbudget rendah. Ya sebenarnya lebih pada keterbatasan dana wkwkwk. 

Kemana aja sejak jadi blogger? Jadi, inilah recap perjalanan Gaya Ransel selama jadi blogger.

Singapura 

Negara yang selalu jadi tujuan traveler pemula. Selain dekat, tiket pesawat pun banyak promonya. Asal rajin hunting, tiket promo bisa dengan mudah didapat.

Singapura jadi negara pertama yang saya kunjungi. Pertama kali naik pesawat, pertama kali keluar negeri. Agak nekat, tapi ya memang harus nekat. 

Tahun 2015 ketika sudah fokus nulis di blog, banyak banget rezeki-rezeki yang datang. Mulai dari review produk, content placement, event offline, dan paid review lain. Sedikit demi sedikit uangnya dikumpulkan. Hingga satu hari, nekat ke kantor imigrasi buat bikin paspor. Saat itu masih belum tahu kapan bisa naik pesawat.

September 2015 jadi momen pertama saya bisa naik pesawat untuk pertama kalinya. Dan, Singapura jadi tujuannya.

Bugis Station Singapore

Kemudian di bulan yang sama, September 2016, saya bawa anak-anak dan suami ke Singapura. Itu jadi momen yang benar-benar ngga bisa terlupa. Gimana saya bisa bawa 3 anak (2 diantaranya balita) dan suami keluar negeri, untuk pertama kalinya bagi mereka. Beli tiketnya pun dari hasil ngeblog lalu dikumpulkan sedikit demi sedikit. Amaze lah pokoknya, bisa ngajak anak-anak dan suami keluar negeri :) 

Lalu, 2018 saya bisa kembali ke Singapura. Saat itu sih karena jadi tour guide, nemenin beberapa pejabat WIKA buat urusan kerjaan.

Tahun 2022, saya punya kesempatan lagi buat ke Singapura. Yang serunya, saya pergi sendirian dan dalam kondisi hamil 5 bulan ;p Nekat? Iya sih, tapi suka banget. Kemana aja, ngapain aja selama di Singapura sendirian? Nanti akan ada tulisan kok, ditunggu ya :)

Malaysia 

Negera yang tetanggaan banget sama Singapura. Tiap kali ke Singapura, pasti selalu 'nyebrang' ke Malaysia. Karena, tanggung aja sih. Sudah di Singapura tapi ngga ke Malaysia

Saya selalu pakai rute darat, demi penghematan. Walau harus ditempuh berjam-jam, ya dinikmati dengan Alhamdulillah.

Ketika pertama kali ke Singapura pun, saya ke Malaysia juga. Ceritanya bisa dicari aja di label 'Malaysia' ya. 

Nah, Malaysia ini jadi negara yang paling banyak saya kunjungi. Kalau dilihat di paspor, ya paling banyak cap dari imigrasi Malaysia. Sampai ada temen yang bilang 'ngapain sih bolak-balik Malaysia mulu' wkwkw padahal mah sebulan sekali juga ngga sih.

Tahun 2015, ke Malaysia pertama kali sama temen. 2016 ke Malaysia sama anak-anak dan suami. Di tahun yang sama, diundang sebagai blogger di acara Malaysia Fashion Week selama 6 hari 5 malam. Momen ini yang paling berkesan karena bisa nginep di hotel mewah, selama 5 malam. Amazing.


Tahun 2017, diundang ikutan acara Rentak Selangor. Kalau ini tiketnya sih beli sendiri. Alhamdulillah, bisa dapet promo sekitar 700ribuan/PP. Tapi, semua akomodasi ditanggung oleh penyelenggara. Diajak keliling Selangor, naik boat ke tengah laut, makan-makan enak, dan nginep di hotel berbintang. Ada 7 orang wakil dari Indonesia yang diundang ke acara itu. Selain dari Indonesia, ada blogger dari Philipina juga.


Rental Selangor Malaysia


Tahun 2018, ke Malaysia lagi berduaan aja sama anak balita. Kondisi lagi hamil 6 bulan, dan strong banget bisa dorong koper plus gandeng si balita. Ke Malaysia kali ini, karena menang lomba blog yang hadiahnya tiket pesawat PP ke Malaysia buat 2 orang.

2019 lahiran anak keempat lalu pandemi. Semua akses keluar negeri dibatasi. Akhirnya ya ngga kemana-mana selama pandemi.

2022, traveling lagi dan dalam keadaan hamil lagi. Alhamdulillah. Ke Malaysia lewat jalur darat dari Singapura. 

Macau - Hongkong

Bisa dibilang, ini negara terjauh yang pernah saya singgahi. Ini pun karena dapet tiket promo. Saat itu, Air Asia buka rute baru JKT - Macau. Wah, heboh banget deh pada rebutan hunting tiket. Qadarullah, dapet rezeki kebagian tiketnya.


2017 ke Macau bareng temen yang kenal dari grup Backpacker. Janjian dan ketemu pertama kali di bandara Soekarno Hatta. 

Ke Macau ngga pakai nginep, karena memang tujuan utamanya ke Hongkong. Sebenarnya, karena rate hotel di Macau diluar budget sih, makanya skip dulu deh nginep di Macau :) 

Nyebrang ke Hongkong pakai ferry. Bermalam di Hongkong selama 4 hari di daerah Causeway Bay. Penginapan dipilihin sama temen FLP Hongkong dan Alhamdulillah dapet subsidi bayar penginapannya :) Di Hongkong saya sempet berbagi kisah soal ngeblog sama temen-temen FLP Hongkong yang profesinya sebagai pekerja migran Indonesia. 

Thailand

Negara Asia yang bener-bener pengen saya kunjungi, Alhamdulillah kesampaian. 2018, traveling pertama saya ke Thailand. 


Asiatique Thailand

Traveling ke Thailand ini bener-bener traveling yang santai dan ngga ngoyo banget. Karena, lagi hamil muda dan masih suka mabok. Kalau diinget, kok ya bisa gitu lagi hamil muda tapi segala traveling jauh-jauh ;p tapi ya bukan Uchi namanya, kalo ngga nekat. Asal diizinkan sama suami, ya gasss lah.

Di Thailand juga ngga banyak yang dikunjungi. Yang famous aja yang masuk list kaya : Asiatique, Wat Arun, Mall, Cathuchak Market, sama ke Pattaya liat laut. Sempet jalan nyari Masjid, Alhamdulillah bisa shalat di Masjid yang ada di kawasan muslim Thailand. 

Finally, Bersyukur!

Walau baru segitu aja traveling keluar negerinya, tapi saya bersyukur banget banget bisa sampai di negara-negara itu. Kesempatan yang dikasih Allah, diiringi izin dari suami dan anak-anak, menjadikan traveling yang saya jalani jadi lebih mudah.

Ngga semua orang bisa dapat kesempatan yang sama. Tapi semua orang punya peluang, jika mau berusaha. Intinya ya, niat diiringi aksi nyata.

Next traveling, maunya ke Mekkah Madinah dulu. Lanjut Baitul Maqdis, Turki, Jepang, Korea, Inggris, Australia, dan masih banyak lagi. Masih dimunajatkan sama Sang Maha Kaya :) 

Semoga kalian yang juga punya mimpi menjelajah bumi Allah, dimudahkan dan dilancarkan rezekinya ya. Yakin aja, kalau suatu hari ini, impian kalian bakal terwujud. Kaki kalian bisa benar-benar menjejak di belahan bumi Allah yang lain, selain Indonesia.


Hwaiting! Keep Hamasah! 



Comments

Most Wanted