Skip to main content

Pengalaman Traveling ke Thailand Saat Hamil Muda

Saking ketagihan sama traveling, pas hamil muda pun hayo aja diajakin traveling sama temen. Pas juga ada tiket promo yang lagi murah, jadi langsung eksekusi aja. Alhamdulillah, mual karena hamil mudanya bisa ditahan karena happy bisa naik pesawat lagi. Excited karena finally, salah satu wishlist bisa tercapai juga. Traveling ke Thailand.

Traveling saat hamil muda

Saya ke Thailand bareng teman yang jadi travelmate waktu ke Hongkong. Di traveling kali ini, dia ngajak suaminya dan kondisi kita sama-sama lagi hamil muda juga. Cuma beda 1 bulan aja. Karena lagi dalam kondisi hamil, jadi di traveling kali ini, kami ngga ngoyo mau kesana kesini. Benar-benar slow traveling. Sadar diri aja, ngga bisa terlalu kaya belatung nangka gitu. Kudu slow karena di badan lagi ada badan yang lain.

Sampai di Thailand sekitar jam 8 malam. Karena ngga pakai bagasi, jadi kami langsung keluar imigrasi aja. Sebelumnya, saya beli sim card dulu supaya bisa tetap online dan bisa hubungin anak-anak di rumah.

Keluar bandara, naik bus langsung untuk nyambung naik BTS. Saya dan teman beda penginapan karena pas hunting, kamarnya tinggal yang dormitory aja. Yang private nya habis. Jadilah kami berpisah di stasiun BTS. Saya turun di stasiun BTS Rachathewi, lalu keluar di exit E. Alhamdulillah, dari pintu keluar itu ngga jauh untuk sampai ke penginapan. Karena memang sudah cari tau dulu sebelumnya. Jadi, pas sampai lokasi ngga bingung-bingung lagi. Saya sudah tulis review penginapan saya selama di Bangkok, sila dibaca ya.

Baca Review Penginapan di Bangkok

Hari Pertama. Saya dan teman janjian di dermaga buat ke Wat Arun. Untuk sampai di dermaga, harus naik BTS dulu. Dari stasiun BTS Rachathewi, turun di Saphan Taksin. Keluar stasiun, jalannya ngga begitu jauh kok. Nanti keliatan deh dermaga dan kapal-kapal yang bersandar. Kaya bus aja, kapal pun ada tujuannya masing-masing. Ada yang ke Wat Arun, ada yang ke Asiatique, dan tujuan lain. Jadi beli tiketnya sesuai tujuan ya. Tapi untuk harga tiketnya, saya lupa banget. Bisa coba googling aja ya.

Wat Arun Thailand

Sampai Wat Arun, beli tiket masuk dulu di loket yang disediakan. Sekarang ini harga tiketnya sekitar 100 Baht, atau sekitar 45ribu.

Wat Arun ini merupakan salah satu situs bersejarah yang paling terkenal di Thailand. Nama panjangnya Wat Arunratchawararam RatchaworamahaviharaLetaknya di distrik Bangkok Yai, Bangkok. Tepatnya di barat hulu sungai Chao Phraya. Sungai ini banyak menghubungkan spot-spot populer di Bangkok. Makanya, banyak warga dan turis yang mengandalkan kapal-kapal di Chao Phraya.

Di Wat Arun cuma foto-foto, lihat candi, lalu masuk ke kuil. Oh iya, karena menjadi salah satu spot ibadah bagi ummat Budha, masuk ke Wat Arun ngga boleh pakai celana pendek ya. Kalau kebetulan, pakai celana pendek, di sana ada yang sewain kain buat nutupin.

Dari Wat Arun, mampir ke Wat Pho. Naik kapal lagi tapi kayanya ngga sampai 10 menit udah sampai ke jalan menuju Wat Pho. Di Wat Pho ya sama aja, cuma lihat-lihat aja. Karena saya ngga tertarik buat masuk ke kuil yang ada patung Budha tidurnya itu, jadi saya hanya duduk di luar, sambil nunggu teman yang masuk ke dalam.

Dari Wat Arun, tujuan terakhir hari pertama ini adalah Asiatique. Biar sekalian jalan, karena kan memang searah. Di Asiatique, beli sedikit buah tangan buat orang rumah. Lanjut makan malam. Alhamdulillah, di Asiatique banyak yang jual makanan halal. Saya beli makanan di booth yang penjaganya pakai hijab. Insya Allah aman.

Asiatique Bangkok

Di Asiatique, ada bianglala yang besar sekali dan jadi semacam ikonnya Asiatique. Tergoda pengen naik, tapi inget lagi hamil dan agak deg-degan karena tinggi sekali. Ngga jadi deh. Sempet jalan keluar Asiatique buat cari masjid. Lumayan jauh juga jalannya, tapi Alhamdulillah akhirnya bisa shalat di Masjid. Nama masjidnya mohon maaf lupa euy.

Hari Kedua. Tujuan wisata selanjutnya ke Pattaya. Ini jarak dari Bangkok ke Pattaya lumayan jauh. Harus naik bus sekitar 2-3 jam. Setelah itu, nyambung angkot lagi. Di Pattaya cuma jajan, terus bengong-bengong lihat laut. Sempet shalat di tepi laut karena memang ngga ada masjid. Di Pattaya lebih banyak diskotik.

Pattaya Thailand

Puas bengong di pinggir pantai, lanjut ke Walking Street. Pasar malamnya Thailand yang terkenal banyak display perempuan nyaris naked :p ngga disarankan bawa anak kecil ke sini deh. Banyak pemandangan tidak senonoh yang sebagai perempuan, saya malu sendiri ngeliatnya. Karena ngga ada yang menarik (buat saya dan teman saya) ya udah kami pulang. Nah, pas mau pulang inilah terjadi tragedi.

Baca Hal Tidak Menyenangkan selama Traveling

Hari Ketiga. Karena hari pertama dan kedua udah capek banget. Jadi hari ketiga ini sebenarnya pengen banget nyantai. Tapi, masa udah jauh-jauh ke Thailand, cuma rebahan aja di kamar. Rugi dong! Akhirnya, saya dan teman ke Cathuchak aja. Pas banget waktunya pasar ini buka, karena memang bukanya hanya di weekend. Makan siang di Salman Islam karena penasaran. Wow so pricey ternyata, rasa makanannya juga standar lah. Nyesel, tapi ya udah terlanjur. Selain makan, beli dompet yang bisa custom pakai nama. Di Cathuchak ngga lama juga sih, karena pusing juga liat orang banyak bener. Akhirnya, memutuskan buat balik ke hotel deh. Istirahat.

Cathuchak Thailand

Sorenya, Saya dan teman janjian buat main ke Platinum Fashion Mall, surganya jastiper buat belanja baju-baju. Banyak banget ketemu orang Indonesia geret-geret koper buat belanja. Di Platinum cuma beli kaos buat suami sama anak-anak. Beli sling bag gambar gajah, dompet koin, sama magnet kulkas buat oleh-oleh.

Dari Platinum, lanjut ke Big C. Mall tempat beli snack-snack yang direkomendasikan oleh warga di grup Backpacker Internasional. Ternyata memang murah-murah banget dan banyak pilihan.

Hari Keempat. Hari terkahir di Bangkok. Pagi-pagi udah keluar karena pengen nyari masjid Darul Aman. Ternyata lokasinya tinggal nyebarang aja dari tempat saya menginap. Di jalan sekitar masjid, banyak street food halal dan yang jual berjilbab. Karena area itu memang banyak muslimnya. Numpang shalat di masjid Darul Aman. Pulang dari masjid, mampir di kedai Farida yang terkenal di kalangan backpacker. Yang punya bisa bahasa Melayu, karena memang campuran Thailand Melayu.

Balik ke hotel, sudah ada teman saya lengkap dengan kopernya. Setelah dirasa sudah tidak ada yang tertinggal, kami langsung menuju bandara untuk kembali pulang ke Indonesia.

Baca Tips Traveling ketika Hamil

Traveling saat hamil memang ngga mudah. Apalagi hamil muda yang masih riskan ini itunya. Tapi bisa kok, asal tahu do and don'ts nya dan harus konsultasi sama dokter kandungan. Harus sadar diri. Kalau udah capek ya istirahat.  Supaya, travelingnya benar-benar bisa dinikmati dan akhirnya jadi hepi.