Skip to main content

#MacauHKTrip : Backpacker Ke Hongkong 5 Hari 4 Malam (Part 1)

Backpacker 5 Hari 4 Malam di Hongkong. Setelah terombang ambing selama 1 jam di laut yang menghubungkan Macau dengan Hongkong, akhirnya saya dan 3 orang teman saya berhasil menginjakkan kaki di Hongkong. Alhamdulillah. Sebenarnya agak mual selama di ferry, ngga mabok laut juga sih tapi ya karena goyang-goyang, jadi gimana gitu *ngeles* 

Backpacker ke Hongkong

Buat yang belum baca short trip saya di Macau yang cuma 7 jam, coba deh baca dulu. Kali ada yang berniat traveling dengan rute yang sama kaya saya. Mainstream kali ya.

Oke, jadi dengan tiket seharga HKD 160 atau jika dikonfersikan ke rupiah itu sekitar 280 ribu rupiah, saya berhasil nyebrang dengan Turbo Jet. Ferry berwarna merah yang memang direkomendasikan oleh teman-teman di Backpacker International, juga teman saya yang sudah pernah ke sana. 


Ferry yang saya naiki tujuannya ke Sheung Wan. Sampai di terminal / pelabuhan ferry, saya mencari teman saya yang memang sudah menunggu. Saya janjian dengan salah seorang pekerja migran Indonesia yang bela-belain keluar rumah, demi jemput saya. Keluar dari terminal ferry, kami harus melewati area imigrasi. Yaiyalah kan sudah beda negara, jadi mesti dicek dulu paspornya. 

Setelah berhasil melewati zona menegangkan (baca : imigrasi) saya berjalan santai keluar. Tapi tiba-tiba saya dipanggil seorang aunty. Dia melambaikan tangan memanggil saya. Saya pikir mau diapain, kan udah ngeri aja. Eh ngga taunya cuma mau dicek suhu tubuh aja. Aunty itu pegang alat semacam termometer lalu ditempelkan kebagian tubuh yang bisa ditempel. Kalau ngga salah, waktu itu alatnya ditempelkan ke area wajah. Alhamdulillah, normal jadi si aunty menyilakan saya untuk keluar. 

O iya, setelah keluar area imigrasi ada pengecekan random koper atau tas yang kita bawa. Ini beneran random menurut saya. Karena, saya ngga diminta buat masukin koper ke cek point, sedangkan teman saya dipanggil dan diminta buat masukin koper ke area pengecekan. Entahlah apa yang petugas imigrasi lihat. Tapi buat sesantai mungkin ya. Ngga perlu panik atau takut berlebihan, karena petugas imigrasi nanti malah curiga. Bukan ngga mungkin nanti malah kena karantina. 

Keluar area imigrasi, saya dan teman-teman mengikuti petunjuk aja untuk keluar. So, please don't lazy to read yes. Setelah benar-benar keluar dari area imigrasi, mata saya dikagetkan dengan pemandangan orang-orang China yang Masya Allah banyak benerrr. Mereka berkelompok sambil teriak-teriak. Ada yang pegang bendera kecil dan sudah bisa dipastikan kalau dia adalah ketua regu.

Orang-orang China itu sibuk memasukkan barang-barang belanjaan yang banyak banget ke dalam koper. Ahh, riweuh pisan lah, sampai pusing lihat orang segitu banyaknya. Udahlah ngomong ngga bisa santai dikit, gerabak-gerubuk, kalau jalan ngga liat sekitar dan main senggol dan tabrak aja, then sumpah agak jorok mereka. Sampah berserak, ngeludah, dan macem-macem yang bikin saya euuwwww.

Sempat bingung dan harus bolak-balik cari signal wifi demi terhubung sama teman saya yang udah nunggu. Di trip kali ini saya dan teman-teman memutuskan ngga beli sim card lokal. Alasannya, wifi di Hongkong sangat mumpuni, kencang, dan tersebar dimana-mana. Jadi sayang ah kalau beli sim card yang harganya bisa setara sama harga penginapan. Another reason, di traveling ini saya ngga mau banyak update medosos. Pengen benar-benar menikmati penjelajahan tanpa sibuk sama gadget. 


Setelah berjuang nyari signal wifi, akhirnya saya bisa menghubungi teman saya dan Thanks God kami ketemuan juga. Kami langsung bergegas meninggalkan terminal ferry dan menuju stasiun MTR (maaf saya lupa nama stasiunnya) yang memang terintegrasi. Semuanya mudah asalkan kita baca tanda petunjuk arah. So once more, jangan pernah malas baca. Petunjuknya ada bahasa inggrisnya kok. Untuk bisa naik MTR dan angkutan umum lainnya di Hongkong better beli octopus card. Kartu ini mirip Singapore Tourist Pass, jadi nanti ada deposit yang bakal dikembalikan kalau kita mengembalikan kartunya.

Jalan-Jalan Hari Pertama  

Karena saya sudah dipesankan tempat penginapan di Causeway Bay oleh teman saya itu, jadi MTR tujuan saya adalah Causeway Bay Station. 2 teman saya (suami istri) nginep di daerah Mongkok. Jadi kami berpisah dan janjian ketemuan lagi esok paginya.

Saya dan teman saya berjalan keluar menyusuri jalanan Causeway Bay yang ramai. Karena sudah masuk musim dingin, jadi udaranya lumayan bikin menggigil. Penginapan saya ngga begitu jauh dari exit F MTR Causeway Bay. Jalannya searah sama kantor Konsulat Jenderal Republik Indonesaia untuk Hongkong. Jadi, kalau di Hongkong ini namanya Konsulat Jenderal (KonJen) ya, bukan Kedutaan Besar.

Penginapan saya ini milik orang Indonesia loh, asik deh. Jadi berasa di rumah sendiri. Nanti deh saya bikin postingan khusus tentang apartemen yang saya tempati selama saya di Hongkong.

Setelah beres taruh koper yang super berat dan sedikit istirahat, saya diajak untuk makan malam di Win's Indonesian Resto. Restoran Indonesia yang ownernya berasal dari Ponorogo, tapi nikah sama orang Hongkong.

Jarak restonya ngga begitu jauh dari penginapan. Restoran ini sering didatangi artis-artis dan pejabat pemerintah yang lagi ke Hongkong. Menunya tentu menu Indonesia dengan harga yang menurut saya kurang ramah di kantong hahahah. Maklum, budget backpacker itu kan limited ya. Untuk sekali makan nasi plus minum itu harganya hampir 150 ribu kalau dirupiahkan *nangis* Tapi karena lapar, ya sudahlah pasrah.

Mbak Win ini cantik deh, mukanya khas Indonesia plus logat jawanya yang ngga ilang walau lama tinggal di Hongkong. Restonya udah ada sejak 1 tahun yang lalu. Pelanggannya kebanyakan karyawan KJRI, Bank Mandiri, dan Bank BNI yang kantornya persis ada di belakang resto.

Soal halal, ya ngga perlu ragu dong. Kan yang punyanya orang islam dan Insya Allah dijamin Halal. Untuk bahan baku, Mbak Win mendatangkan langsung dari Indonesia lewat perantara distributor. Hampir semua bahan baku itu asli Indonesia.

Beres makan sambil ngobrol-ngobrol sama Mbak Win, saya diajak jalan-jalan. Mumpung teman saya itu masih bisa keluar, jadi kesempatan buat ngasih tahu saya spot-spot yang sering didatangi orang Indonesia.

It's just sightseeing. Sekadar tahu rute supaya besok saya bisa jalan sendiri. Kami ke Victoria Park dan lanjut ke masjid Ammar yang terkenal sama kantinnya yang jual dimsum halal. Karena masjidnya juga udah tutup, akhirnya kami menulusuri jalan kembali menuju Causeway Bay.

Capek dan kami memutuskan buat kembali ke penginapan dan teman yang menjemput saya langsung kembali ke rumahnya. Saya dan teman perjalanan saya berjalan menuju apartemen ditemani angin yang udah ngga asik lagi. Kelamaan diluar bener-bener bikin meriang. Maklum, di Bekasi biasa ngerasain panas sama hujan aja.

Jalan-jalan di hari pertama ini meninggalkan kesan kalau Hongkong memang layak dikunjungi. Walau apa-apa mahal dan harus sedikit effort menemukan makanan halal, ya saya anggap itu sebagai art of traveling. Seru, menantang, dan bikin nagih.

Kemana aja di hari selanjutnya? Insya Allah akan saya tulis di next post ya. 

Comments

  1. Duuuh kangeen juga ke HK Macau lagi 😄😄. Sangat berkesan sih buatku 2 destinasi ini krn ada banyak pengalaman yg didapat, mulai dari cari hotelnya yg nyempil ameeeet, jadwal maskapai yg beda2 antara aku, temen2 dan suami 😂😂. Terpencar semua. Tapi juga ga bisa dilupakan bungee jumping di Macau tower.

    Aku sendiri udh niat kesana lagi saat berat badan si kakak udh bisa memenuhi minimum berat utk bungee. Krn dia udah bilang hrs bisa bungee jumping kayak maminya juga 😄.

    Enaak juga bisa nginep di penginapan punya wni mba. Ga sabar baca reviewnya

    ReplyDelete

Post a Comment

Most Wanted