Skip to main content

Makan di Payakumbuah Demi Kerupuk Kulit Kuah Gulai

Sebagai orang Minang, makan makanan Padang bukan jadi sesuatu yang wow sih. Soalnya, dari kecil itu sudah terbiasa makan sambal ijo, gulai nangka, rendang, dendeng, dan yang lainnya. Mamah yang memang asli orang Padang, sudah terbiasa masak makanan Padang buat makan sehari-hari. Jadi ya ngga heran kalau kami, anak-anaknya kuat makan pedas sejak dini. Ya gimana ngga kuat, setiap hari makannya  makanan pedas gitu.

Rumah Makan Payakumbuah

Tapi menurut mamah, walau sama-sama Padang, masakan Padang itu beda-beda. Kaya Nasi Kapau, beda sama nasi Padang pada umumnya. Nasi Kapau itu varian lauknya jauh lebih banyak dan ada gulai kacang panjangnya. Lauk yang familiar ada gulai tambusu dan itik lado mudo. Nasi Kapau ini favoritnya papah banget. Papah bisa makan banyak kalau makan di Nasi Kapau. 

Salah satu kuliner Kapau yang bisa didatangi ada di Senen. Itu sepanjang jalan, berjejer kedai Nasi Kapau. Kalau tempat favorit saya sama keluarga di Nasi Kapau Uni Upik.

Aneka Hidangan Minang di Payakumbuah 

Nah, salah satu resto Minang yang kepengen banget saya datangi itu Payakumbuah. Sayang, waktu itu belum ada di Bekasi. Pengen datangi yang di Jakarta, masih belum kesampaian aja. Eh, sampai akhirnya mereka buka cabang dong di Bekasi. 

Rumah Makan Payakumbuah

Pas masih belum ada waktu buat datang langsung, cuma ngiler-ngiler aja lihat berbagai menunya di aplikasi pengantar makanan. Lihat ada reviewnya di tiktok dan reels, kayanya enak-enak banget. Apalagi ada satu menu yang menurut saya unik, kerupuk kulit yang disiram sama kuah gulai. Aduh mak, makin ngiler aja pengen buru-buru nyobain.

Akhirnya, pas ulang tahun awal April lalu, maksain diri buat datang ke Payakumbuah, sendirian. Setelah shalat tarawih, naik motor malam-malam ke Payakumbuah. Suami kemana? Ada, jagain bayi. Saya lagi pengen sendirian aja. Kaya pengen menikmati pergantian usia, yang finally masuk ke usia mengkhawatirkan ;p

Rumah Makan Payakumbuah

Sampai di Payakumbuah, disambut sama ramah sama pegawainya. Jadi, pas ada tamu masuk ke resto, pegawai itu pada teriak apa gitu, ngga jelas. Kaya buat ngasih kode kalau ada tamu dan mungkin semacam ucapan selamat datang. 

Untungnya lagi ngga ada antrian, jadi saya langsung dipersilahkan masuk dan dicarikan tempat duduk. Saya milih duduk mojok aja, karena sendirian juga. Ngga lama, pegawai restonya ngasih menu dan menanyakan mau pesan apa. Pesanan saya di Payakumbuah diantaranya :

  • Nasi Rames Payakumbuh (jadi ini menu nasi yang sudah include sayur, sambal, dan kuah-kuahan) - (17K)
  • Telur Barendo - (25K)
  • Kerupuk Kulit Kuah Gulai - (20K)
  • Dendeng Batokok - (30K)
  • Teh Manis - (7K) 
Rumah Makan Payakumbuah

Rasanya? Alhamdulillah, enak. Untuk sambal ijonya ngga terlalu pedas, tapi enak kok. Gulai sayur nangka, kacang panjang, dan kolnya enak juga. Bumbu rendangnya mantap. Semuanya diaduk sama nasi, jadinya enak banget.

Kerupuk Kulit Kuah Gulai, Ya Allah enak. Saya memang suka banget sama kerupuk kulit, jadi pas tahu ada menu ini, langsung order lah. Tadinya pengen pesan 2 porsi gitu, tapi kan makannya sendiri. Malu mau ordernya. Nanti pelayannya mbatin 'gile, kecil-kecil makannya banyak juga' :p

Rumah Makan Payakumbuah
Kerupuk Kulit Kuah Gulai 

Rumah Makan Payakumbuah
Telur Barendo 

Untuk telur barendo, ukurannya besar. Malah bisa buat 2 orang deh, saking besarnya. Garing di pinggirannya, lembut di bagian tengahnya. Gurih juga. Telur Barendo ini khas banget di makanan Padang. Agak susah kalau bikin sendiri di rumah, karena ada trik khusus biar telurnya mekar dan kribo.

Rumah Makan Payakumbuah
Dendeng Batokok 

Kalau dendeng batokok kurang sesuai ekspektasi saya sih. Dagingnya ngga begitu empuk, jadi rada effort buat makannya. Untuk sambal merahnya, terlalu banyak minyaknya dan agak manis. Jadi agak risih makannya kalo terlalu berminyak. Tapi untuk rasanya, cukup bisa diterima. 

Rating 


Karena makannya cuma sendiri, jadi pesannya yang memang pengen saya makan aja. Over all, dari menu yang saya makan di Payakumbuah, cukup enak. Paling suka kerupuk kulit siram kuah gulai dan telur barendonya. Mantap.

Restonya juga bersih dan rapih. Area kitchennya ada di bagian depan. Jadi kalo pas nunggu antrian, bisa sambil lihat-lihat yang lagi masak dan prepare pesanan orang. 

Kalau untuk harga, menurut saya masih affordable. Tapi, semisal mau agak hemat, pesan menunya jangan satuan. Misal, kamu pengen makan pakai dendeng batokok, langsung pesannya Nasi Dendeng Batokok aja. Jadi sudah include nasi, sayur, sambal, dan dendeng batokok. Kalau pesannya satuan misal : nasi putih, sayur Kapau, sambal, dendeng batokok, jadinya mahal banget.

Untuk rate, saya kasih 4.5/5 buat Payakumbuh. Mulai dari menu, kondisi resto, dan pelayanannya oke semua. Paling cuma parkiran aja yang masih kurang kalau buat yang bawa mobil. Tapi ada tukang parkir kok, jadi bisa dibantuin cari parkiran kalau memang di depan resto sudah penuh.

Next, bakal balik lagi sih ke Payakumbuah. Terutama yang di Bekasi ini, kan dekat juga dari rumah. Anak-anak sama suami belum nyobain makan di Payakumbuah, jadi kayanya memang bakal balik lagi. 




📍 Payakumbuah Bekasi 
Jl. Insinyur H. Juanda No.199, RT.004/RW.001, Bekasi Jaya, Kec. Bekasi Tim., Kota Bks, Jawa Barat 17113

Comments

  1. Aku juga belum cobain ini, suami udah pas ada tugas audit di tangerang. Akhirnya buka juga di Cikini tp akunya malah blm kesana 🤭

    Iya sih mba, kalo dendeng batokoknya terlalu oily dan alot, agak mengurangi kesedapan yaa. Aku suka bgt dendeng batokok. Kalo nemu yg pedes, gurih nya pas, empuk dan ga oily bgt nikmat deh

    ReplyDelete

Post a Comment

Most Wanted