Skip to main content

Akhirnya Dine in di Mie Gacoan

Sejak santer berita soal mie gacoan yang selalu rame, jujur sih memang penasaran pengen datang dan nyobain. Tapi pas lihat outletnya luar biasa dan di luar nalar penuhnya, jadi urung. Udah malas duluan kalo lihat resto yang padat banget kaya gitu. Berasa kaya ngga ada waktu lain aja gitu.

Mie Gacoan

Sampai akhirnya, pas liburan ke Bandung beberapa waktu yang lalu, lihat outlet mie gacoan yang di Pasir Kaliki ngga ada antriannya, ya udah langsung melipir deh. Kebetulan juga, lagi nyari tempat buat makan siang. Saya sampai bingung, kok bisa ngga ada antriannya hahaha. Biasanya kan di luar nurul eh nalar.

Agak norak-norak gimana gitu pas masuk ke outletnya. Wah, gila sih akhirnya bisa dine-in di outlet mie gacoan. Karena selama ini, kalau pengen makan mie gacoan ya selalu pesan lewat aplikasi layanan antar. Duduk manis di rumah, nanti makanannya datang deh. 

Menu di mie gacoan memang ngga banyak. Hanya mie dengan 2 varian manis dan asin. Yang bikin unik, karena mie gacoan punya level pedas yang bisa dipilih dan ciri khasnya ada ayam taburnya. Ini yang akhirnya banyak yang duplikasi. Saking viral gitu ya.

Kalau dine-in ternyata harganya lebih murah. Saya pikir harga di aplikasi sudah harga aslinya, karena memang sudah murah. Eh, ternyata kalau makan langsung ya lebih murah lagi. Pantes aja, outletnya ngga pernah sepi. Mau dimana aja, pasti berjubel.

Mie Gacoan Halal?

Di awal kemunculannya, menu-menu mie gacoan dikasih nama yang ngaco semua. Ada mie setan, mie iblis, es gendoruwo, es pocong, es tuyul, dan es sundel bolong. Parahnya, saat itu mie gacoan belum mengantongi sertifikat halal buat seluruh menunya. Karena alasan itulah, saya juga belum mau makan mie gacoan. Even, sudah viral dimana-mana. 

Hingga akhirnya, banyak aksi protes dan boikot sementara, sampai mie gacoan benar-benar halal. Karena banyak protes, baru deh ya pihak mie gacoan 'mengurus' sertifikasi halalnya. Sejak awal kemunculannya di Malang tahun 2016, mie gacoan resmi mengantongi sertifikat halal pada Juni 2023. Iya, baru tahun kemarin banget. Setelah halal, semua nama menu diganti. Karena salah satu aturan untuk dapat sertifikat halal adalah, ngga boleh ada menu dengan nama sesuatu yang tidak baik (haram).

Mie Gacoan

Sekarang, nama menunya berubah jadi mie suit, mie hompimpa, mie gacoan, es gobak sodor, es petak umpet, es teklek, dan es tukhu batok. Sound like familiar ya? Iya, nama menunya diambil dari nama permainan tradisional. Alhamdulilah, setelah ganti nama dan sudah jelas halalnya, jadi aman makan mie gacoan.

Pesan Apa Aja? 

Pesanan saya ngga jauh beda sama yang biasa saya pesan lewat aplikasi. Saya lebih suka mie yang manis. Kalau dulu masih bisa makan yang level 3 atau 4. Sekarang nyerah deh. Perutnya sudah ngga sekuat dulu. Cukup level 2 aja, yang menurut saya sudah cukup pedas.

Karena yang makan ber-6, jadi lumayan banyak juga pesannya. Pesanan saya diantaranya : mie gacoan level 2&3, mie suit, mie hompimpa, udang rambutan, udang keju, dimsum, pangsit goreng, es teh tarik, orange juice, es teh manis. Untuk harga kalau makan di outlet langsung, bisa dilihat di gambar ya. Beneran murah banget, sampai mikir 'jualan apa sedekah sih' ;p

Mie Gacoan

Menunya memang hanya ada mie dan side dish seperti yang saya pesan itu. Ngga ada menu lain kaya nasi apalagi soto. Sebenarnya malah enak kaya gitu sih, jadinya ngga bingung mau makan apa. Kalau kebanyakan menu kan suka lama banget tuh mikirnya. Jadi, kalau ke mie gacoan ya cuma ada mie aja.

Untuk rasanya, lumayan enak. Kalau dimakan pas lapar, rasanya jadi enak banget. Mie suit cocok buat anak-anak karena ngga pedes sama sekali. Kalau mie hompimpa itu varian mie asin (gurih) dan memiliki level pedas, mulai dari 1 hingga 8. Sedangkan mie gacoan adalah mie dengan varian manis mirip yamin. Level pedasnya sama dengan mie hompimpa, 1 hingga 8. Tiap menu mie, sudah dilengkapi dengan 2 pcs pangsit goreng dan potongan kulit pangsit goreng.

Mie Gacoan

Salah satu side dish di mie gacoan, yang bikin aku pusing karena enak banget adalah udang keju. Aduh, seporsi udang keju (isi 3) rasanya ngga cukup. Jadi, udang keju ini adalah udang yang mungkin dicampur dengan sedikit daging ayam, bumbu-bumbu, lalu di tengahnya ada keju yang meleleh. Sensasi gurihnya tuh susah diungkapkan deh. Mana seporsi harganya cuma 9500 aja, kayanya pesen 3 porsi pun, bisa deh saya habiskan sendiri.

Selain udang keju, saya juga order udang rambutan. Nah kalo ini saya kurang suka sih sebenernya karena potongan kulit pangsit yang menyerupai rambutan itu terlalu rame dimakannya. Tapi kalau soal rasa sih, lumayan enak kok. Dan, untuk pangsit gorengnya, enak dimakan hangat dan masih crunchy. Di tengah pangsitnya ada adonan ayam yang cukup enak dan gurih.

Gimana Vibes Restonya?

Karena baru pertama kali makan langsung di outlet mie gacoan, itu pun di Bandung, yang saya rasakan outletnya nyaman. Bersih juga. Konsepnya open air dan ngga bersekat, bikin restonya ngga sumpek. Ceiling atau langit-langitnya tinggi, jadi bikin sirkulasi udara juga makin bagus dan adem. 

Yang saya lihat, semua outlet mie gacoan ya sama semua. Punya parkiran yang luas tapi entah kenapa, hampir di semua outlet, parkirannya selalu dipadati sama motor. Benar-benar penuh. Jadi kalau yang bawa mobil itu harus rela parkir di pinggir jalan. Kaya di outlet mie gacoan pasir kaliki yang saya datangi. Sampai saya tuh suka mbatin, ini mie gacoan apa merangkap jadi parkiran umum kali ya ;p 

Fasilitas lain, ada mushola, toilet, dan area outdoor juga. Sayangnya, masih ada pengunjung yang bandel ngerokok sembarangan. Mentang-mentang restonya terbuka, dikira asapnya ngga kehirup orang lain. Semoga mie gacoan bisa tegas ya sama pengunjung yang merokok. Bisa dibuatkan aja tuh semacam kubikel atau kandang sekalian, buat yang ngebet banget pengen merokok di tempat makan. Biar dia sendiri yang hirup juga asapnya, ngga bagi-bagi ke orang lain. 

Soal kebiasaan merokok di tempat makan ini, bisa juga kali ya para pengelola tempat makan itu tegas. Padahal sudah ada aturan loh, merokok itu ngga boleh di public space, apalagi tempat dimana orang menikmati makanan. Tapi sayangnya, ngga semua resto, cafe, outlet makanan, yang mau ketat dengan aturan itu. Padahal, merokok itu ngga ada baik-baiknya buat kesehatan. 

Over all, menu di mie gacoan approved oleh anak-anak, suami, dan so pasti saya. Tapi kalau diminta dine-in lagi di outletnya, mau aja sih asal pas outletnya sepi. Kalau rame dan cendol banget, mending buka aplikasi layan antar dari rumah.

Comments

Most Wanted