Skip to main content

7 Makanan Khas Bekasi yang Wajib Dicoba

Sejak menikah dengan orang asli Bekasi, saya jadi terbiasa dengan berbagai makanan khas Bekasi. Walau lama tinggal di Bekasi, tapi pas belum nikah, ya mana tau makanan khas Bekasi itu apa aja. Karena dari kecil sudah terbiasa dikenalin sama makanan Padang. 

Kuliner Khas Bekasi

Awal-awal nikah saya suka ngerasa aneh aja sama makanan khas Bekasi. Ada makanan-makanan yang menurut saya 'ih, kok makanannya begini sih' kaya sudah underestimate duluan gitu. Makanya, cukup lama saya bisa beradaptasi sama makanan khas daerahnya suami itu.

Kalau sekarang gimana? Hmm, jangan ditanya. Malah jadinya doyan. Bener ya pepatah bilang, ngga boleh terlalu benci sama sesuatu, karena nanti pasti jadi suka. Eh, beneran dong. 

Makanan khas Bekasi sebenarnya sama kaya makanan khas Betawi. Karena ya memang serumpun. Sukunya masih sama dan bahasanya juga banyak yang sama. Cuma yang ngerti aja yang bisa bedain mana bahasa Betawi asli, mana bahasa Bekasi. Begitu juga dengan makanannya, makanan khas Betawi, ya sama dengan makanan khas Bekasi. 

Berikut 7 makanan khas Bekasi yang wajib dicoba kalau memang kamu belum pernah cobain. 

1. Sayur Soun

Kalau di Betawi, namanya sayur besan. Hanya saja, kalau sayur besan lebih banyak kondimennya daripada sayur soun. Sayur soun biasa dibuat jelang hari raya atau kalau ada hajatan. Isian sayur soun hanya soun, kentang, potongan daun bawang, dan pete. 

Kuahnya ngga terlalu pekat, karena lebih banyak menggunakan santan encer. Bumbunya hanya cabe, bawang, dan terasi. 

Sayur soun sayur besan

Ini salah satu makanan yang awalnya saya ogah banget makannya. Aneh, karena kenapa soun harus dimasak kuah santan terus jadinya lembek-lembek gitu. Eh, pas lama kelamaan, makin sering lihat keluarga suami makan sayur soun kok kayanya nikmat banget sampai nambah-nambah, saya mulai coba cicipin. Ngga langsung suka, karena di otak masih nolak. Tapi makin ke sini, hingga sekarang, malah jadi suka. 

Baca Resep Sayur Soun

Karena sering disajikan ketika hari raya, makan sayur soun lebih enak pakai ketupat atau lontong. Mantap banget. Sekarang ibu mertua tahu kalau saya suka sayur soun, jadi suka dipisahin kalau beliau masak sayur soun, biar saya kebagian.

2. Pecak Bandeng

Karena saya ngga terlalu doyan sama ikan, makanan khas Bekasi yang satu ini sering saya skip. Keluarga suami sering banget makan pecak Bandeng saat hari raya. Jadi kalau pagi makan sayur soun, siangnya makan pecak bandeng. Dan memang, tiap lebaran, pasti selalu ada bandeng di menu lebaran keluarga suami.

Pecak Bandeng
(source : inforadar)

Jadi pecak bandeng ini hanya ikan bandeng yang digoreng kering, kemudian di letakkan di atas bumbu pecak. Nah, bumbu pecak ini yang unik. Terbuat dari campuran cabe, bawang, kencur, dan sedikit jahe. Lalu ditambahkan air buat mengaduk bumbu sehingga jadi seperti kuah. Baru deh, bandengnya ditaruh di atas kuah, lalu dipenyet supaya kuahnya meresap ke ikannya. 

Keluarga suami kalau makan pecak bandeng ini kelihatannya kaya nikmat gitu. Tapi untuk yang satu ini, saya jarang banget ikutan nimbrung, jadi sekadar melihat mereka makan aja udah seru. 

3. Gabus Pucung

Makanan khas Bekasi ini cukup pricey kalau di rumah makan Bekasi. Karena memang harga ikan gabusnya sendiri sudah cukup mahal. Jadi bisa dibilang, gabus pucung ini adalah makanan mewah. 

Gabus Pucung

Gabus Pucung diolah dari ikan gabus yang dimasak dengan kuah berwarna hitam, mirip dengan rawon. Hitamnya ini berasal dari pucung atau kluwek. Rasanya asam segar dengan citarasa yang gurih. Biasanya ada tambahan cabe rawit, potongan tomat, dan daun bawang.

Kalau ke rumah makan Bekasi, menu ini pasti selalu ada. Walau agak mahal, peminatnya juga banyak. 

4. Kue Dongkal 

Kalau di masyarakat Sunda, kue ini terkenal dengan nama awug. Sedangkan di Bekasi, namanya Dongkal. Kue ini bentuknya seperti tumpeng. Ada beberapa lapisan dan tiap lapis diisi dengan suwiran gula merah atau gula jawa.

Kue Dongkal
(source : abouttng)

Kue Dongkal terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan kelapa parut. Ditambahkan dengan daun pandan untuj menambah aroma. Kemudian dikukus hingga matang.

5. Kue Rangi

Kue Rangi sudah jarang banget ada yang jual. Padahal rasanya sungguh enak. Beneran. Kalau tiba-tiba ada tukang kue rangi lewat depan rumah, langsung buru-buru dipanggil. Saking udah susah ditemukan, jadi sekalinya ada ya harus beli.

Kue Rangi
(source : kompas)

Kue rangi terbuat dari tepung kanji dan potongan kelapa. Campuran kelapa yang digunakan dalam campuran tepung kanji adalah kelapa yang diparut kasar. Adonan kue rangi kemudian dimasak menggunakan cetakan kue pancong. Uniknya, kue rangi ini dimasak menggunakan kayu. Setelah kue rangi matang, diberi topping gula merah yang dikentalkan menggunakan maizena.

Rasa kue rangi ini gurih dan manis. Dimasak sampai garing dan ketika dimakan ada crunchy dari kelapanya. 

6. Kue Cucur

Cucur terbuat dari campuran tepung beras, tepung terigu, dan gula merah. Teknik memasaknya yang membuat kue cucur ini memiliki bentuk yang unik. Bulat dengan pinggiran yang garing. Bagian inilah yang jadi favorit saya saat makan kue cucur. 

Kue Cucur

Kue cucur memiliki tekstur yang lembut dan bersarang. Kalau dimakan ketika baru matang, enak banget karena masih garing. Cuma memang agak berminyak aja sih. Karena proses masaknya yang harus terendam minyak, agar menghasilkan bentu bulat seperti topi. Wajan yang digunakan untuk membuat kue cucur juga harus yang cekung banget.

7. Dodol Betawi

Walau Garut terkenal dengan dodolnya, Bekasi juga punya dodol yang merupakan salah satu makanan khasnya. Kalau dari segi rasa, antara dodol Garut dan Bekasi agak sama. Manis, legit, dan kenyal. Hanya saja, dodol Garut di bagian luarnya ada garing-garingnya gitu. Karena ketika proses akhir, dodol Garut dicelupkan ke air gula. Sedangkan dodol Bekasi ngga. 

Dodol Bekasi
(source : endeus.tv)

Dodol terbuat dari tepung ketan, gula merah, gula pasir, dan santan. Proses pembuatan itu yang beneran effort banget. Karena bisa sampai 8 jam lebih. Selama proses masak, ngga boleh ditinggal, harus sering diaduk biar ngga gosong. Pembuatan dodol biasanya menggunakan kayu bakar. Sama kaya di keluarga suami, yang kalau bikin dodol selalu pakai tungku kayu bakar. 

Dodol biasanya dibuat dan disajikan ketika hari raya atau hajatan. Kata suami, dulu dodol yang baru matang langsung ditaruh di baskom aja. Kalau sekarang, bentuknya bulat panjang. Variannya juga sekarang ada yang durian, wijen, dan ketan hitam. 

Nah, itu dia 7 makanan khas Bekasi yang wajib banget dicobain. Kalau kamu bukan orang Bekasi dan punya rencana ke Bekasi, jangan lupa untuk mencicipi salah satu dari yang saya tulis di atas ya.

Comments

Most Wanted