Skip to main content

Traveling Kit, Barang yang Wajib Dibawa Saat Traveling ke Luar Negeri

 

Perlu bawa apa aja kalau mau traveling ke luar negeri? Biasanya, saya akan bikin catatan berupa check list barang-barang yang harus saya masukkan ke ransel atau koper. Kalau pakai check list, ketauan deh mana barang yang sudah ready, mana yang belum. 

Traveling

Kalau travelingnya keluar negeri, better semua sudah dipersiapkan dari rumah. Selain bisa menghemat budget, kita bisa lebih tenang karena segala keperluan selama traveling aman.

Buat kamu yang mungkin, baru pertama kali keluar negeri, berikut barang-barang penting yang perlu kamu bawa. 

1. Dokumen Identitas 

Dokumen penting di sini seperti KTP, SIM, dan kartu nama. Kalau paspor yang sudah jelas pasti dibawa lah ya. Dokumen Identitas diri ini penting banget kamu bawa sebagai pegangan kalau misal terjadi hal-hal yang tidak diharapkan. Kalau worry bawa yang asli, bisa scan semua dokumen tersebut, lalu filenya bisa disimpan di email, drive, dan folder dalam hape. Pokoknya, ketika butuh, kita bisa segera mengakses dengan mudah.

2. Toiletries

Walaupun berencana menginap di hotel which is punya fasilitas perlengkapan mandi, tapi ngga ada salahnya untuk tetap bawa. Karena kadang ya zonk juga. Berharap lengkap dapat sabun, sampo, pasta gigi, sikat gigi, eh ngga taunya stok mereka abis dan we got nothing. Sad.

That's why, tiap kali traveling saya selalu bawa sabun, sampo, pasta&sikat gigi sendiri. Semuanya saya bawa dalam ukuran travel. Kalau kamu pakai bagasi, bisa aja mau bawa dalam ukuran normal. Tapi kalau ngga pakai bagasi, perlu diperhatikan soal aturan bawa benda cair ke dalam kabin. Tiap produk ngga boleh lebih dari 100 ml. Biar lebih rapih, kamu bisa pakai botol kecil yang khusus traveling. Lalu, masukkan semua toiletries dalam satu pouch agar ketika diperiksa bisa lebih ringkas.

3. Simple skincare & makeup 

Maksudnya simple skincare di sini adalah skincare yang basic aja. Ngga perlu sampai yang 40 steps gitu. Yang dibawa bisa toner, serum, sunscreen saja. Kalau saya sih sudah cukup dengan 3 produk itu aja. Aturan bawa benda cairnya sama seperti di point 2 ya.

Untuk makeup, bisa bawa yang memang paling paling paling dibutuhkan. Kan, bukan mau photoshoot atau shooting iklan, jadi kalau menurut saya, ngga perlu bawa makeup yang ribet. Cushion / foundie, bedak, lipstik, pensil alis, rasanya sudah cukup.

4. Peralatan shalat

Bagi muslim, yang satu ini ngga boleh dilupakan ya. Untuk mukena bisa pilih mukena travel yang ringkas dan kecil. Jangan lupa bawa sajadah juga, walau hanya sajadah muka. Kalau buat laki-laki sih cukup bawa sajadah muka aja. Atau kalau memang perlu, bisa bawa sarung juga.

5. Baju ganti (disesuaikan berapa lamanya traveling). 

Cukup 1 stel/hari kecuali kalau negara yang kamu tuju lagi musim panas, yang hareudang, sumuk, bikin baju basah. Sepengalaman saya, kalau cuaca normal, pakai 1 baju dari pagi sampai sore, ya ngga masalah. Nanti pas sampai penginapan, ganti deh dengan baju tidur. Nah, satu baju tidur ini bisa dipakai sampai 2 kali. Kan buat tidur doang, ngga keringatan juga.

6. Universal Travel Adaptor, Charger, Power Bank

Ini ngga kalah penting ya. Menghindari kejadian ngga bisa ngecas, gara-gara colokannya beda. Makanya, penting untuk bawa universal travel adaptor. Mau dibawa ke negara mana aja, aman. 

Charger juga jangan sampai ketinggalan. Ngga lucu sih kalau sampai batre hape habis, trus ngga bisa ngecas gara-gara ngga ada chargernya. Kalau kamu bawa kamera, pastikan juga charger kameranya dibawa. 

Power bank bisa juga dibawa agar hape bisa selalu on. Untuk aturan bawa power bank ke pesawat, kita hanya diizinkan bawa maksimal 2 power bank, dengan masing-masing kapasitas 20.000 mAh. Masukan universal travel adaptor, charger, dan power bank ke dalam satu pouch untuk memudahkan ketika dibutuhkan.

7. Tumbler & cutlery

Tumbler atau botol minum ini jangan samapi skip sih ya. Kalau traveling ke Singapura, berasa banget loh harga 1 botol air mineral. Sayang gitu, padahal di banyak public area, disediakan kran untuk minum. Kalau bawa tumblr atau botol minum, kita bisa dengan mudah buat refill. Kita juga bisa refill tumblr atau botol minum di penginapan, karena pasti ada dispenser khusus tamu. 

Untuk cutlery atau alat makan, bisa bawa yang khusus traveling. Biasanya sudah satu set terdiri dari sendok, garpu, dan sumpit. Alat makan ini nantinya berguna ketika kamu jajan atau beli makanan tapi ngga dikasih alat makannya. 

8. Kartu debit & uang cash 

Jangan sampai traveling yang harusnya happy, malah jadi mengenaskan karena kehabisan uang. Persiapkan uang cash dalam mata uang negara tujuan secukupnya. Bawa kartu debit yang sudah berlogo Visa atau Mastercard. Kartu jenis ini, biasanya bisa digunakan untuk tarik tunai di ATM setempat. Bahkan bisa juga digunakan langsung untuk belanja. Saya sudah sering pakai debit untuk belanja langsung ketika traveling ke Kuala Lumpur.

Baca Hal Tidak Menyenangkan Selama Traveling 

9. Obat-obatan pribadi

Kalau kamu gampang pusing atau mual, jangan lupa bawa minyak oles dan obat masuk angin. Minyak oles ini lebih simple dibanding kamu bawa minyak kayu putih. Kalau pas dibutuhkan, tinggal oles tanpa kena telapak tangan.

Selain minyak oles dan obat masuk angin, kalau memang ada obat lain yang harus dibawa, jangan lupa untuk dibawa. Daripada traveling kamu nantinya malah terganggu karena kamu sakit.

10. Foldable bag 

Walau awalnya ngga niat beli banyak oleh-oleh, tapi kadang suka banyak aja yang dibeli. Akibatnya, barang yang dibeli ngga muat masuk koper. Nah, foldable bag ini akan berguna banget untuk membawa kelebihan barang. 

Kalau foldable bag ini kan biasannya masih diperbolehkan masuk kabin, kalau memang ngga bulky dan terlalu berat. Saya ngga pernah lupa untuk selalu bawa foldable bag tiap kali traveling. Dan, pasti selalu terpakai.


Nah, itu dia barang yang wajib dibawa saat traveling keluar negeri. Memang, antara traveler satu dengan yang lain pasti beda perihal barang bawaan. Tapi list barang yang saya tuliskan, biasanya butuh dibawa ketika akan traveling. 

Dari list di atas, apakah ada barang yang wajib dibawa lagi saat traveling menurut teman-teman? Boleh juga ditambahkan di kolom komentar ya. 


Comments

  1. Rata2 aku juga sama sih bawaannya. Tapi skincare aku ga bisa simple mba, udah sejak smp terbiasa pakai, apalagi skr tiap skincare wajin 1 layers 😄. Jadi pasti aku bawa semuanya.

    Tambahan palingan bidet portable dan tisu kewanitaan. Banyak negara yg aku visit ga pake bidet toiletnya. Pake tisu doang kayak ga bersih. Jadi aku selalu bawa sih in case ke negara yg hanya bertisu bersih2nya 🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ya bener bidet perlu juga. Waktu traveling ke Hongkong itu aku sampe bawa botol buat ke toilet. Apa rasanya, abis buang air tapi ngga bisa bebersih pakai air. Berasa jijik gitu ya

      Delete
  2. Hampir semua barang di list ini selalu saya bawa, plus nambah satu syal besar/sarung/kain pantai buat pengganti selimut, hijab dan tirai klo lg nginep di dorm, sama topi dan payung lipat, just in case..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah iya, topi sama payung juga penting ya. Biar tetep aman pas hujan. Sarung juga kadang aku bawa, walau dapet selimut dari penginapan, tetep enakan pakai sarung, lebih dingin.

      Delete
  3. Kalau payung perlu gak mba? Kalau odol aku sering bawa dari rumah, kalau shampo ngarep ada di penginapan atau bawa yang sachetan.

    ReplyDelete
  4. Aku mah selalu suka bawa alat mandi se diri. Pake yg hotel selalu tak nyaman. Asa gak enak gitulah aromanya 😂

    ReplyDelete
  5. kalau sama daku keknya perlu tambahin payung, topi, kacamata, dan jaket.
    Khusus jaket soalnya gak kuat dingin hahah.
    Payung bisa buat pas panas sama hujan

    ReplyDelete
  6. mayoritas sama Mbaaa ^^
    saya juga pernah bawa abon untuk jaga-jaga kalau makanannya kurang cocok :-D

    ReplyDelete
  7. Ide bawa foldable bag ini iya juga yaa..
    Tapi tetep kudu dicek pas check in kan yaa??
    Kalau bepergian akutu benernya paling rempong masalah skincare. Males mindah-mindahin ke botol travelling, tapi bawa gede juga super tyda praktis. Kudu stock mini size gitu yaa.. Hehhee, alesan belanja ini mah..

    ReplyDelete

Post a Comment

Most Wanted