Skip to main content

10 Negera Bebas Visa untuk Paspor Indonesia


Setelah kita punya paspor, kita memiliki peluang yang sangat luas buat pergi keluar negeri. Boleh dimulai dari negara tetangga yang dekat-dekat dulu, biar ngga jetlag. Ngga terlalu banyak culture shock, karena kalo kaya Malaysia atau Singapura kan masih serumpun ya. Setelah ke negara tetangga, baru dicoba yang agak jauh. Yang waktu tempuhnya di atas 3 jam misalnya. 

Negara Bebas Visa untuk WNI

Buat pemula, boleh lah ke negara bebas visa bagi paspor Indonesia dulu. Ada banyak sekali negara yang mengizinkan Warga Negara Indonesia (WNI) untuk masuk ke negaranya, tanpa visa. Mulai dari negara Asia, Eropa, hingga Afrika. 


Ada lebih dari 70 negara bebas visa bagi WNI. Daftar lengkapnya, mungkin di googling sendiri ya. Di blogpost kali ini, saya spill beberapa negara bebas visa bagi paspor Indonesia, yang mungkin sudah familiar. Berikut diantaranya,

1. Malaysia 

Negara yang ditempuh hanya dalam waktu 45 menit ini, bisa jadi pilihan traveling tanpa visa. Negara yang cocok banget jadi tujuan para traveler pemula. Ngga terlalu jauh, culture nya sama kaya Indonesia, dan murah-murah juga. Kita diberikan waktu selama 30 hari untuk sekali masuk Malaysia.

Itinerary Malaysia

2. Singapura

Negara yang luasnya cuma separuh dari luas Bekasi ini, juga bisa dikunjungi tanpa visa. Saat ini, untuk bisa ke Singapura, kita diwajibkan buat mengisi formulir Singapore Arrival Card sebelum kedatangan. Bisa diisi mulai 7 hari sebelum kedatangan ke Singapura. Sekali masuk Singapura, kita diberikan waktu sampai 30 hari.


3. Brunei Darussalam

Negara berbentuk kerjaan ini membebaskan WNI masuk tanpa visa. Ini salah satu negara dari sekian banyak negara yang ingin saya kunjungi. Ya, semoga nanti ada kesempatan bisa ke Brunei Darussalam. Waktu yang diberikan untuk masuk negara ini hanya 14 hari.

4. Thailand

Negara yang dijuluki Negeri Gajah Putih ini bisa dimasuki tanpa visa. Waktu yang diberikan untuk sekali masuk adalah 30 hari. Kalau cuma buat traveling aja kan ngga sampai sebulan juga kali ya. Kecuali kalau memang niat mau kerja atau menetap di Thailand. 

Traveling ke Thailand


5. Vietnam

Beberapa kali lihat postingan teman yang berkunjung ke Vietnam. Jadi pengen juga mengunjungi negara yang dijuluki Negeri Naga Biru ini. Banyak spot wisata menarik yang bisa dikunjungi. Sekali masuk Vietnam, kita diberi waktu hingga 30 hari.

6. Philipina

Sampai sekarang, saya suka susah bedain antara orang Philipina dan Thailand. Wajahnya kan mirip-mirip dan bahasanya juga agak mirip ya. Untuk traveling ke Philipina, kita ngga perlu pakai visa. Sekali masuk Philipina, kita dikasih waktu sampai 30 hari.

7. Hongkong

Negeri beton ini bisa dimasuki WNI tanpa visa. Tapi bukan buat kerja loh ya. Kalau niatnya mau kerja, tentu harus pakai visa khusus kerja. Karena, Hongkong jadi salah satu negara yang paling banyak pekerja migran asal Indonesia. Untuk masuk Hongkong, kita diberi waktu hingga 30 hari.


8. Macau

Negara yang dempet sama Hongkong ini juga bebas visa. Kalau ke Macau, sekalian aja nyebrang ke Hongkong. Seperi yang saya lakukan beberapa tahun lalu. Sayang aja kalau sudah di Macau tapi ngga ke Hongkong, atau sebaliknya. Sekali masuk Macau, kita diberikan waktu hingga 30 hari.

Traveling ke Macau


9. Jepang 

Negara Matahari Terbit ini juga, jadi salah satu negara yang pengen banget saya kunjungi. Jepang membebaskan WNI untuk masuk tanpa visa. Tapi, hanya untuk pemilik e-paspor ya, bukan paspor biasa. Kita hanya perlu registrasi di kedutaan besar Jepang. Nanti akan diberikan stiker bebas visa (visa waiver). Sekali masuk, kita diberikan waktu hanya 15 hari. Tapi, visa waiver bisa dipakai hingga 3 tahun. 

10. Turki 

Salah satu julukan Turki adalah Bumi Bisayarah Nabi Muhamad. Negara yang terkenal dengan Cappadocia, balon udara, dan Hagia Sophia. Turki juga merupakan negara yang jadi gerbang ke negara Eropa. Untuk masuk Turki, kita hanya diminta untuk membuat Visa on Arrival (VoA). Bisa dibuat setelah kita landing di Bandara Turki. Sekali masuk, kita diizinkan tinggal sampai 30 hari.

Ada beberapa negara yang juga memerlukan Visa on Arrival untuk bisa masuk. Diantaranya India, Nepal, Pakistan, dan Maldives. Pembuatan VoA bisa dilakukan di kedutaan besar negara tujuan. Untuk biaya pembuatan VoA, biayanya beda-beda ya. Tapi kalau VoA India, menurut info yang saya baca, gratis. 

Masih banyak negara bebas visa yang bisa dikunjungi. Kalau saya sih, pengennya bisa ke Jepang. Sayangnya, paspor saya bukan e-paspor. Jadi harus tetap pakai visa. Tak apalah, semoga tahun ini bisa beneran ke Jepang. Aamiin-in dong ;) 

Gimana, sudah kepikiran mau ke traveling ke negara bebas visa yang mana?




Comments

  1. Kalo 10 di atas ini aku udh semua. Utk asia Tenggara aku cuma sisa Timor Leste 🤣🤣. Moga2 thn ini bisa deh didatangin.

    Ntah kenapa makin ke sini, aku juga males datang ke negara2 yg pake visa. Kalo pun terpaksa biasanya suruh travel langgananku yg bikinin.

    Lagi suka ke negara2 yg bisa bebas masuk tanpa visa atau at least VOA. Gampang juga soalnya kan.

    Atau karena aku punya visa US yg msh valid, fokus juga ke negara2 yg bisa free visa kalo ada visa US.

    Tapi memang utk pemula, aku saranin juga datang dulu ke negara2 free visa, baru kemudian meningkat ke negara VOA. Jadi enak kalo mau apply negara2 schengen eropa atau US nanti.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku tuh kalo baca cerita traveling mba Fanny, jadi mupeng banget. Negara yang mba Fanny kunjungi udah banyak banget ya. Aku pengen banget bisa ke Jepang, semoga nanti ada rezekinya. Aamiin

      Delete
    2. Aamiin insya allah bisa kok. Apalagi jepang termasuk negara yg mudah buat divisit sendiri. Ga perlulah pake travel. Dan ini termasuk negara yg aku ga keberatan visit berkali2. Cuma tiket pesawatnya dan jr pass udh naiiik, susah dpt promo kayak dulu😂

      Delete
  2. meskipun paspor Indo katanya kurang kuat, kurang sakti, disatu sisi bangga pegang paspor Indo. Dan mungkin bikin ketar ketir juga pas ngurus visa untuk negara yang agak susah. Pindah warga negara juga ga mungkin
    singapura, malaysia, thailand negara destinasi favorit warga Indo, untuk masuknya juga mudah, ga terlalu banyak diinterogasi oleh petugas imigrasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, aku juga bangga punya paspor hijau. Walau emang agak susah kalo mau ke negara yang wajib pakai visa. Tapi disitulah serunya.

      Delete

Post a Comment

Most Wanted