Skip to main content

Munggahan Bareng Teman di Saung Nasi Liwet Rest Area Taman Sari

 

Satu minggu jelang Ramadan. Beneran ngga berasa banget tau-tau sudah mau puasa lagi. Kayanya, baru kemarin puasa dalam kondisi perut besar. Sekarang, bayinya sudah keluar dan sudah 10 bulan aja. Definisi, semakin dekat ke akhir jaman sih ini. Karena, waktu sudah semakin cepat berlalunya.

Cendolan Bekasi

Kalau jelang Ramadan, ada salah satu tradisi yang disebut Munggahan. Tradisi ini biasanya dilakukan oleh mereka yang berasal dari suku Sunda. Tapi sih saat ini, di luar suku Sunda pun banyak yang melakukan. Karena, kegiatan Munggahan ini jadi ajang silaturahmi dengan teman atau sanak keluarga. 

Munggahan umumnya diisi dengan makan bersama, doa, dan bermaafan. Biasanya sih dilakukan 1-2 hari sebelum datangnya bulan Ramadan atau akhir bulan Sya'ban. Acara munggahan juga sebagai ungkapan rasa syukur pada Allah, karena diberi kesehatan dan kesempatan untuk berjumpa lagi dengan bulan mulia. 

Kegiatan munggahan ini juga saya lakukan bersama teman se-pengajian. Rencana awalnya sih rihlah saja. Tapi, karena sepertinya sudah ngga ada waktu buat pergi bareng lagi, ya sudah sekalian saja. Lokasi makan-makannya juga masih sekitaran Bekasi. Ngga jauh-jauh karena keterbatasan waktu. Saya dan teman-teman ngaji makan di Saung Nasi Liwet, Rest Area Taman Sari, Setu. Kalau dari rumah, lama perjalanannya sekitar 1 jam.

Pesan apa aja? Karena nama tempat makannya aja Saung Nasi Liwet, jadi ya pasti pesannya nasi liwet beserta teman-temannya dong ya. Walau makannya bukan ala Bancakan yang pakai daun pisang, tapi tetap nikmat. 

Sebelum makanan datang, kami diberikan teh tawar hangat. Tehnya juga wangi, enak.

Cendolan Bekasi

Saya dan teman-teman pesan 3 paket nasi liwet ikan gurame. Disajikan dalam tampah. Satu tampah itu hitungannya untuk 4 orang. Tapi, karena porsinya lumayan banyak, kayanya bisa dimakan sampai 5 orang dewasa. Nasi liwetnya disajikan dengan panci khusus, yang biasa buat masak nasi liwet itu. 

Satu tampah, isinya nasi liwet, ikan gurame (bakar dan goreng), lalap, tahu tempe, ikan asin, dan sambal. Untuk sambalnya, versi sambal mentah ya. Jadi bau langu dari cabe dan bawangnya berasa banget. Jujur, saya kurang suka sama sambal mentah. 

Nasi liwetnya endul beneran. Wangi, gurih, dan pulen. Khal ikutan makan dan katanya enak, sampai nambah. Ada potongan cabe merah, bawang, daun salam, sereh, dan teri Medan. Wangi nasi liwet panas, dimakan saat lagi lapar-laparnya. Masya Allah Tabarakallah.

Cendolan Bekasi

Selain pesan menu paket, kami juga pesan 3 porsi cumi goreng tepung dan 3 porsi kangkung. Cumi gorengnya enak dan empuk. Masih berasa amis, cuma ngga lebay sih. Untuk tumis kangkungnya, enak dan lumayan pedas. Ada potongan cabe dan tomat yang bikin segar.

Kami makan di salah satu rumah panggung. Untuk bisa menggunakan rumah panggung, cukup pesan 3 paket nasi liwet aja. Di rumah panggung ini, ruangannya ber AC. Tapi karena jumlah kami sampai 10 orang plus 3 bocil, jadinya ngga bisa semuanya masuk ke ruangan. Jadilah, pintunya dibuka dan sebagian makan di terasnya. Tiap rumah panggung, dilengkapi sama toilet di bagian belakangnya. Disediakan kasur besar juga loh di dalamnya. Ini biar ngga pulang apa gimana sih konsepnya? ;p

Berapa harga menu yang dipesan? Berikut harga makanan yang kami pesan untuk makan bersama dalam rangka Munggahan, 

  • Paket Nasi Liwet Ikan Gurame : 155K
  • Cumi Goreng Tepung : 40K /porsi
  • Tumis Kangkung : 15K /porsi 
  • Kerupuk : 10K/bungkus 
  • Teh Tawar : Free 

Fasilitas

Saung Nasi Liwet Rest Area Taman Sari ini punya area parkir yang luas banget. Bahkan, bus pun bisa masuk sampai ke area belakang. Ya namanya juga rest area, jadi memang dibuat luas agar banyak kendaraan yang bisa masuk. 

Untuk area makannya, ada rumah panggung, saung-saung, lesehan, dan bangku plus meja ala rumah makan pada umumnya. Karena saya datang pas hari kerja, jadi sepi. Dulu, saat pertama kali datang, aduh penuhnya ngga kira-kira. Karena pas datang dulu itu, Saung Nasi Liwet ini baru buka. Jadi orang-orang tuh pada penasaran kali ya. 

Saung Nasi Liwet Rest Area Taman Sari

Ada playground buat anak-anak, lumayan supaya anak-anak ngga boring juga nungguin ortunya pada makan. Area hijaunya bersih. Ada petugas kebersihan yang selalu sigap, jadi beneran terjaga kebersihannya. Beneran ngga ada tuh sampah-sampah berserakan. 

Ada mushola yang dilengkapi dengan AC. Ada mukena yang bisa dipakai, kalau lagi ngga bawa mukena. Di area wudhu ada toilet yang bisa dipakai. Musholanya tuh sebenarnya nyaman, cuma karpetnya agak kotor. Berasa ngeres dan banyak debu aja.

Cendolan Bekasi

Di area rumput juga bersih. Enak banget mata memandang. Banyak pepohonan yang bikin adem. Ada pohon rambutan yang pas saya dan teman-teman datang, sedang berbuah. Diperbolehkan untuk ambil rambutan, tapi hanya boleh makan di tempat. Ngga boleh dibawa pulang, apalagi buat dijual. Ah, yakali :p

Untuk toiletnya, ada di pojokan. Karena saya ngga ke toilet, jadi ngga bisa review gimana kondisinya. Khal sih sempat ke toilet, cuma pas ditanya toiletnya bersih atau ngga, eh dia ngelag :p

Jangan lupa minum cendol. Nah, Saung Nasi Liwet Rest Area Taman Sari ini lebih dikenal dengan nama Cendolan. Jadi kalau nanya dimana lokasi Cendolan, pasti banyak yang tau. Ketimbang nanya Saung Nasi Liwet Rest Area Taman Sari. Kenapa dinamakan Cendolan? Karena memang mereka jual cendol juga. 

Cendolan Rest Area Taman Sari

Cendol Cendolan

Hanya saja, untuk beli cendolnya, kita harus berjalan ke arah belakang. Ada saung khusus yang jual cendolnya. Jadi tuh cendol yang dijual itu variannya banyak. Harganya mulai dari 15K aja dan pilihan rasanya banyak. Saya beli varian Rich Choco yang katanya best seller, plus varian Cappucino buat suami. 

Lokasi

Saung Nasi Liwet Rest Area Taman Sari ini lokasinya di pinggir jalan. Posisinya sebelah kiri jalan, kalau dari arah Setu. Ada tandanya kok. Atau ya kalau mau gampang, tinggal cari aja di Gmpas, Cendolan Setu. 

Ada gapura besar di gerbangnya. Insya Allah ngga nyasar lah, karena dari pinggir jalan saja sudah keliatan. 

Buat yang tinggalnya sekitaran Cileungsi, Cibubur, bisa lewat Transyogi lalu ambil jalan ke arah Setu Bekasi.

Rating

Rating untuk Saung Nasi Liwet Rest Area Taman Sari dan Cendolan ini 4/5. Saya suka makanannya, suka sama lokasinya yang bersih dan adem. Recommended buat kamu yang tinggal di Bekasi atau yang dekat dengan Bekasi. Bisa ngajak keluarga buat refreshing sekaligus makan bareng di Saung Nasi Liwet Rest Area Taman Sari. 

Harga menu yang ditawarkan masih masuk akal. Dengan suasana yang asri dan bersih, sangat affordable lah harganya. 



📍Saung Nasi Liwet Rest Area Taman Sari (Cendolan)

Jl. MT. Haryono No.16, Taman Sari, Kec. Setu, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat 17320

Comments

  1. Luaaaas bangettttt, kalo untuk acara kluarga besar memang pas yaaa. Tadi aku sempet mikir ini taman sari jogja mba, ternyata bekasi 😄. Berarti bisalah kapan2 aku coba makan di sini. Ga jauh2 amatlah dr rumah.

    Kalo sambel mentah aku biasanya suka, tapiiii seringnya pedes bangeeet hahahaha. Ga kuat juga.

    ReplyDelete

Post a Comment

Most Wanted