Skip to main content

Makan Bebek di Bebek Carok, Resto Khas Madura Milik Tretan Muslim

 

Pertama kali tau Bebek Carok, karena lihat storynya mba Fanny. Sebelumnya, malah ngga tau Tretan Muslim punya restoran bebek. Penasaran sama rasanya kaya gimana. Pas lihat-lihat sosial medianya Bebek Carok, ternyata ada cabang di Bekasi. Tepatnya sih di Grand Galaxy, ngga begitu jauh dari rumah. 

Review Bebek Carok

Seperti biasa, suka dadakan kaya tahu bulat. Karena yang mendadak biasanya pasti jadi. Saya ngajak suami dan anak-anak makan di Bebek Carok. Etapi awalnya mereka ngga tau bakal makan dimana. Saya baru ngasih tau, ya pas sudah sampai lokasi. Tapi karena saya tahu mereka suka bebek, jadi ya ngga ada masalah.

Sampai resto, aduh lah kaya Dadar Beredarnya si Babe Cabita aja deh. Ngga punya parkiran. Sedikit area depan resto cuma muat motor aja. Buat mobil, parkirnya di pinggir jalan. Kalo sepanjang jalan penuh, ya bye. Bingung parkir dimana. 

Warna restonya dominan warna kuning, merah putih. Seragam karyawannya warna merah putih khas bajunya orang Madura gitu.

Ada Menu Apa Aja?

Dari namanya juga udah ketahuan kan si Tretan Muslim ini jualan apa? Saya tuh sampai nyari, maksud dari kata 'Carok' itu apa. Oh jadi Carok itu tradisi masyarakat Madura berupa pertarungan menggunakan celurit. Tujuannya, mengembalikan harga diri yang diinjak orang lain. Masyarakat Madura memang terkenal dengan keberaniannya. Selain berani, daya juang mereka ngga main-main. Apalagi soal nyari rezeki. Sekarang, warung 24 jam dikuasai sama Madura. 

Resto Tretan Muslim

Bebek Carok

Eh dah lah, jadi kemana-mana. Balik lagi ke Bebek Carok. Saat saya datang, keadaan restonya belum terlalu penuh dan ngga ada antrian juga. Jadi setelah pilih tempat duduk, saya area kasir buat pesan makanan. Dari rumah udah niat banget pengen nyobain bebek bumbu hitam. Karena bebek bumbu hitam kan khas Madura banget. Ada pilihan paket yang sudah include sayur dan minuman. Pesanan saya diantaranya;

  • Supremacy 2 (Nasi Bebek Carok Jumbo hitam+cah kangkung) 49k
  • Bebek Sedang Laos (2)  65k
  • Ganti nasi putih dengan nasi kecombrang  3k
  • Bebek Kecil Hitam 20.5k
  • Es teh jumbo 15.5k
  • Teh pucuk (2) 20k
Pas bill nya dikasih, baru ngeh kalo ada teh pucuk. Karena pas pesen, perasaan ngga nyebut teh pucuk di orderan. Ordernya tuh teh jumbo (2), tapi entah gimana itu jadi ada teh pucuk. Mungkin karena pas pesen saya lagi pakai masker, jadi mungkin agak ngga jelas suara saya. 

Bebek bumbu
Bebek jumbo hitam, cah kangkung 

Bebek Maduranasi kecombrang + bebek laos

Selain menu bebek, ada juga ayam kampung, lele, dan nila. Tadinya mau pesenin ayam buat Khal, tapi habis saat itu. Jadi, semuanya makan bebek dengan varian yang beda.

Jujur ya, awalnya saya ngga makan bebek sama sekali. Geli. Karena kebayang mulut sama kakinya. Hii. Hingga satu hari, dibeliin bebek bumbu hitam sama adik dan ternyata enak. Sejak saat itu, jadi suka bebek bumbu hitam. Tapi ya sampai sekarang belum nemu lagi bebek bumbu hitam yang rasanya seenak yang pernah saya makan untuk kali pertama.

Bebek Carok Gimana Rasanya? 


Setiap menu, baik bebek, ayam, ikan semuanya dikasih 2 sambal. Sambal bawang dan sambal mangga. Sambal bawangnya terlalu berminyak. Sedangkan sambal mangganya, seger sih tapi saya cuma nyolek sedikit aja. Masih banyak biji cabe utuhnya, jadi emang agak ganggu makannya.

Bebek Carok Bekasi

Untuk bebeknya sendiri enak, empuk, juicy. Ngga perlu pake kekuatan ekstra buat makan bebeknya. No berantem sama bebek lah ya. Dagingnya juga tebel. Tapi, bumbunya ngga menyerap sampai ke dalam daging. Saya pesen bebek hitam, jadi kebantu bisa dicocol sama bumbu hitamnya. Untuk rasa bumbu hitamnya, biasa aja. Masih belum bisa menandingi bebek bumbu hitam yang pernah saya makan pertama kali. Untuk bebek laosnya, enak sih kata suami. Cuma ya itu sama, bumbunya ngga meresap sampai ke dalam dagingnya. 

Cah kangkungnya enak. Ngga overcooked, masih renyah dan bumbunya juga pas. Enak banget dimakan pakai nasi hangat. Khal juga doyan kangkungnya. Oh ya, buat nasi kecombrang, menurut suami sih enak dan wangi. 

Untuk harga, kalau menurut saya sih murah. Pilihan menunya memang terbatas, tapi malah enak sih karena ngga jadinya ngga bingung pas pesen.

Fasilitas


Untuk area makannya, ada 2 lantai. Untuk lantai 2, full AC dan dingin banget kata Husna. Tapi karena mager naik ke atas, kita pilih duduk di lantai 1 aja. Ada banyak meja yang tiap kali selesai dipakai, karyawannya langsung sigap bersihin.

Bebek Carok

Ada toilet yang cukup besar tapi ngga begitu bersih banget sih. Ada wastafel buat cuci tangan, lokasinya tepat di depan toilet. Ada mushola, ngga terlalu besar tapi Alhamdulillah masih disediakan.

Pas saya mau udahan makannya, pengunjung udah rame banget. Antriannya sampai panjang. Ruangan yang begitu besar, jadi berasa sesak. Untuk kebersihan, bagus. Ngga ada sampah-sampah berserak. Meja langsung dibersihkan ketika ada yang selesai makan.

Rating yang bisa saya berikan untuk Bebek Carok 3.5/5 ya. Untuk rasa makanan, standar aja. Kebersihan resto, oke lah. Sudah ngga penasaran sama Bebek Carok. Kalau ditanya mau datang lagi apa ngga, untuk saat ini, cukup sekali dulu deh. Kalaupun pengen makan bebek, ya warung bebek samping rumah aja.





📍Bebek Carok Grand Galaxy
Boulevard Raya Jl. Pulo Sirih Selatan No. 250 Blok AE, RT.007/RW.013, Pekayon Jaya, Kec. Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat 17147



Comments

  1. Naah iyaaa bumbunya kurang meresap, tapi daging bebeknya aku suka krn empuuuk. Aku sbenernya msh lbh suka bebek kaleyo atau bebek bentu cempaka putih mba. Yg bentu sambelnya tapi pedes banget 😅. Feeling ku si carok ini rame krn murah sih. Dibanding restoran bebek yaa

    Dulu itu suami pernah bawain bebek madura yg legend bgt dj pasar baru. Cuma antriannya ga kuaaaat. . Panjaaang bgtttt. Yg itu aku lumayan suka . Ntr deh coba antri pas memang ga dikejar waktu 🤣

    ReplyDelete

Post a Comment

Most Wanted