Skip to main content

Pengalaman ke Sky Mirror Kuala Selangor, Menjejak di Tengah Laut Tanpa Tenggelam

Sebenarnya, perjalanan ke Sky Mirror ini saya lakukan sekitar tahun 2017. Saat itu, saya jadi salah satu yang diundang buat ikutan acara Rentak Selangor. Acara yang diadakan oleh Gaya Travel, sebuah majalah travel terkenal di Malaysia. Unforgettable, karena memang seru banget.

Diajak ke banyak tempat wisata populer yang ada di Malaysia selama 4 hari 3 malam. Kalau diajak buat ikutan Rentak Selangor lagi, serius deh ngga bakal nolak. 

Sky Mirror Malaysia


Sky Mirror adalah salah satu spot yang dituju dalam rangkaian acara. Kami, para peserta Rentak Selangor diajak ke Sky Mirror di hari kedua. Setelah beres sarapan, kami bergerak ke daerah Sasaran, Kuala Selangor. Jarak dari penginapan menuju Sasaran ngga begitu jauh. Kayanya ngga sampai 1 jam perjalanan. 


Sampai Sky Mirror, tim panitia meminta kami untuk menunggu while mereka ngurus tiket dan lain-lain. Jujur, saya ngga tau berapa harga tiket menuju Sky Mirror. Karena, memang kita sebagai peserta ya terima beres aja. 

Setelah semuanya beres, saya dan teman-teman peserta lainnya, diminta untuk naik ke perahu boat. Perahunya cukup besar yang bisa menampung lebih dari 10 orang. Tiap peserta diberikan air mineral dan nasi lemak bungkus. Unik ya. Mungkin karena masih pagi, dikiranya kami belum sarapan kali ya. Padahal di penginapan ya kami semua sudah sarapan. 

Kami diminta untuk pakai pelampung sebagai safety. Tim Sky Mirror lalu menjelaskan tentang destinasi wisata terbaru ini. Karena memang Sky Mirror ini baru diresmikan. Pemandu juga menjelaskan apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan, saat berada di Sky Mirror. 

Waktu tempuh untuk sampai di lokasi Sky Mirror sekitar 20 menit. Saat di perjalanan, banyak burung yang terbang rendah. Sesekali mematuk permukaan air, untuk mencari makan. Burung-burung terbang seakan mengikuti kemana boat kami melaju. Ih, berasa romantis banget naik boat ditemani burung-burung yang terbang rendah.

Setibanya di Sky Mirror, kami diminta untuk melepas alas kaki, untuk memudahkan saat berjalan. Turun dari boat, langsung disambut sebuah dataran berpasir seperti di bibir pantai. Ini unik dan cukup memacu adrenalin loh saat menjejak. Gimana ngga, lokasi Sky Mirror ini berada di tengah laut. Karena kondisi laut yang surut, maka keliatan lah si Sky Mirror ini. Makanya, destinasi wisata ini dibuka hanya pada pagi hari. Karena kondisi air laut sedang surut. Kalau sore yah tenggelam lah.

Sky Mirror Malaysia

Saya membuka alas kaki. Merasakan pasir basah yang langsung menyentuh telapak kaki. Ada banyak sekali kepiting kecil yang lalu lalang di atas pasir. Harus berhati-hati banget jalannya, agar kaki tidak sampai menginjak kepiting kecil. 

Ada yang bikin deg-degan saat ke Sky Mirror ini. Ngeri ambles pasirnya atau tiba-tiba air laut pasang :p karena lokasinya yang benar-benar di tengah laut. Jadi, kemana-mana deh pikirannya. 

Kami diberi waktu sekitar 1 jam untuk eksplor dan foto-foto. Oh ya, di sini sudah ada fotografer profesional yang siap mengambil gambar. Kalau pakai jasa fotografer profesional, fotonya dijamin ciamik banget. Karena memang, ada teknik khusus yang dilakukan oleh para fotografer, agar pantulan kita terlihat jelas di atas air laut yang menggenang. Makanya dinamakan Sky Mirror, karena memang saat difoto itu nampak seperti cermin. Ada refleksi gambar kita yang mirip banget kaya lagi bercermin.

Sky Mirror Malaysia
Peserta Rentak Selangor 2.0 

Peserta Rentak Selangor dapat sesi foto kelompok, yang Alhamdulillah bagus-bagus banget jadinya. Saya sempat foto menggunakan kamera hape, hasilnya ya memang ngga sebagus sama kamera kang fotografer. Yaiyalah ;p

Main di Tengah Laut, Tapi Tidak Tenggelam

Seru deh, bisa main pasir di tengah laut kaya gitu. Sky Mirror, salah satu destinasi wisata di Kuala Selangor, Malaysia ini recommended banget buat dikunjungi. 

Karena saat itu saya ngga tau berapa harga tiketnya, makanya saya coba cari tahu. Ternyata, tiket Sky Mirror bisa didapatkan lewat online travel agent (OTA) seperti tiket (dot)com, traveloka, atau klook. Untuk harga di klook, harganya tuh mulai 180 ribu hingga 330 ribu dan ini sudah include makanan. 

Kalau carinya di tiket (dot) com, harganya itu harga private tour. Sudah termasuk transportasi dari Kuala Lumpur. Harganya mulai dari 800ribu hingga 3 jutaan. Jadi silakan dipilih yang sesuai kebutuhan aja ya. 

Kapan lagi, bisa main di tengah laut tapi ngga tenggelam. Menjejak di atas pasir, main-main sama hewan laut kecil yang merayap di pasir. Berfoto dengan pantulan cahaya ilahi yang bagus sekali. Serius, Sky Mirror ini jadi tujuan wisata anti-mainstream di Malaysia. Mungkin bosan kalau hanya ke Twin Tower atau Batu Caves. Jadi, boleh melipir lah ke arah lautnya Malaysia. 

Next time, jika nanti ada kesempatan lagi, saya bakal ngajak anak-anak ke Sky Mirror. Kebayang excitednya mereka bisa berdiri di tengah laut yang surut sambil main pasir. 

Thanks for Gaya Travel yang saat itu ngajakin saya ikutan Rentak Selangor. Jadi bisa ke spot-spot wisata anti-mainstream di Malaysia. Jadi tau, kalau traveling ke Malaysia itu ngga melulu ke Twin Tower, Petronas. Ada loh, destinasi wisata Malaysia lain yang bisa dieksplor dan itu seru. 







Sky Mirror Kuala Selangor
📍No 1, Jalan Bagan Sungai Yu, Pasir Penambang, 45000 Kuala Selangor, Selangor, Malaysia
 






Comments

  1. Aku baru denger loh mba sky mirror. Ternyata di laut yg sedang surut yaaa. Mahal juga kalo ambil private bisa 3 jutaan. Jadi pengen tahu fasilitas yg didapat apa aja.

    Tapi pernah sih dtg ke wisata begini di belitung. Pulau pasir namanya. Sama cuma bisa didatangi pas surut. Kesananya juga naik boat

    ReplyDelete

Post a Comment

Most Wanted